Sejarah Makna Hari Ibu Nasional di Indonesia

Jasa Seorang ibu patut dihargai dan begitu besar jasanya untuk anak-anaknya. Maka, tidak heran jikalau tiap tanggal 22 Bulan desember senantiasa diperingati selaku Hari Ibu di Indonesia.

Kata Ucapan Selamat Hari Ibu

Ini-lah bentuk penghargaan bagi kaum ibu di Tanah Air. Akan tetapi, peringatan Hari Ibu kali ini ternyata telah melenceng dari sejarahnya sendiri. Setidaknya, begitulah pendapat satu orang pakar sejarah dari Universitas Negeri Medan, Sumut, Dr Phil Ichwan Azhari.

Hari Ibu bisa dikatakan sebagai hari peringatan ataupun perayaan terhadap peran ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya. Di Indonesia Hari Ibu dirayakan tiap tanggal 22 Bulan desember dan juga di tetapkan selaku perayaan nasional.

Sejarah Hari Ibu diawali dari bertemunya para pejuang perempuan dengan mengadakan Kongres Perempuan Indonesia yang pertama pada tanggal 22 s.d. tanggal 25 Bulan desember 1928 di Yogyakarta, di gedung Dalem Jayadipuran yang kini digunakan selaku kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional dan juga beralamatkan di Jl. Brigjen Katamso. Kongres dihadiri sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Pulau Jawa dan juga Pulau Sumatera. Hasil dari kongres tersebut salah satunyanya ialah mem-bentuk Kongres Perempuan yang kini dikenal selaku Kongres Perempuan Indonesia (Kowani).

Organisasi perempuan disisi lain telah ada semenjak tahun 1912, diilhami oleh perjuangan para pahlawan perempuan abad ke-19 seperti Martha Christina Tiahahu, Cut Nyak Dhien, Cut Nyak Meutia, Raden Ajeng Kartini, Maria Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Ahmad Dahlan, dan juga lain-lain.

Kongres Perempuan Indonesia yang pertama dianggap selaku salah satu tonggak urgen sejarah perjuangan kaum perempuan Indonesia. Pemimpin organisasi perempuan dari beragam wilayah se-Nusantara berkumpul menyatukan pikiran dan juga semangat untuk berjuang menuju kemerdekaan Indonesia dan juga perbaikan nasib kaum hawa. Beragam isu yang ketika itu dipikirkan untuk digarap adalah persatuan perempuan Nusantara, pelibatan perempuan dalam perjuangan melawan kemerdekaan, pelibatan perempuan dalam beragam aspek pembangunan bangsa, perdagangan anak-anak dan juga kaum perempuan, perbaikan gizi dan juga kesehatan bagi ibu dan juga balita, pernikahan usia dini bagi perempuan, dan juga sebagainya. Tanpa diwarnai gembar-gembor kesetaraan gender, para pejuang perempuan tersebut melaksanakan pemikiran kritis dan juga aneka upaya yang amat urgen bagi kemajuan bangsa.

Penetapan tanggal 22 Bulan desember selaku perayaan Hari Ibu Nasional diputuskan dalam Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938. Peringatan 25 tahun Hari Ibu kepada tahun 1953 dirayakan meriah di tidak kurang dari 85 kota Indonesia, mulai dari Meulaboh hingga Ternate.

Presiden Soekarno menetapkan melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 bahwa memang tanggal 22 Bulan desember ialah Hari Ibu dan juga dirayakan dengan secara nasional hingga kini. (wikipedia)

Sejarah Hari Ibu Sedunia Diperingati Tanggal Yang Berbeda

Di Indonesia, perayaan Hari Ibu senantiasa dirayakan pada tanggal 22 tiap bulan Desember. Ternyata yang terjadi di luar negeri bukan demikian. Ada sejumlah negara yang tiap tahun merayakan hari Ibu pada tanggal yang berlainan. Di Kanada, Amerika Serikat, dan juga negara-negara yg lain seperti India, Australia, Jepang, Irlandia, Denmark, Finlandia, Italia, Jerman dan juga Turki merayakan hari Ibu tiap bulan mei pada minggu ke-2 yang jatuh pada hari Minggu.

Berikut Hari ibu di berbagai Negara diperingati pada tanggal yang berbeda.

  1. Negara Norwegia merayakan Hari Ibu pada pekan ke-2 bulan februari.
  2. Irlandia, Nigeria dan juga Inggris Raya merayakan Hari Ibu tiap pekan keempat Pra-Paskah.
  3. Hungaria, Lituania, Mozambik, Portugal, Makau, dan juga Spanyol merayakan hari urgen tersebut pada pekan kesatu bulan mei.
  4. Negara Austria, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan dan juga Hong KOng dirayakan pada hari Minggu di pekan ke-2 bulan mei.
  5. Amerika Serikat (AS), Australia, Bangladesh, Belgia, Brunei, Brasil, Chili, Cina, Denmark, Dominika, Ekuador, Etophia, Finlandia, Filipina Kolombia, Kroasia, Swiss, Kuba, Yunani, Selandia Baru, Venezuela, Turki, Sri Langka, Peru dan juga Zimbabwe adalah sejumlah negara yang merayakan Hari Ibu di pekan ke-2 bulan mei.
  6. Aljazair, Republik Dominika, Maroko, Swedia merayakan Hari Ibu pada pekan keempat bulan mei.
  7. Perancis merayakan Hari Ibu pada Minggu kesatu pada bulan juni yang bertepatan dengan Hari Pantekosta.
  8. Luxemburg merayakan Hari Ibu pada pekan ke-2 bulan juni.
  9. Kenya merayakan Hari Ibu pada minggu terakhir bulan juni.
  10. Argentina merayakan Hari Ibu pada pekan ketiga bulan oktober.
  11. Rusia merayakan Hari Ibu pada pekan keempat bulan Nopember.

Adapun negara-negara yg lain, selain Indonesia yang merayakan Hari Ibu di tanggal yang tetap antara yg lain:

  1. 2 Bulan februari: Yunani
  2. 3 Bulan maret: Georgia
  3. 8 Bulan maret: Afganistan, Armenia, Azerbaijan, Bonia dan juga Herzegovina, Laos, Romania, Serbia
  4. 25 Bulan maret: Slovenia
  5. 7 Bulan april: Armenia
  6. 10 Bulan mei: El Salvador, Guatemala, Meksiko
  7. 15 Bulan mei: Paraguay
  8. 26 Bulan mei: Polandia
  9. 27 Bulan mei: Bolivia
  10. 30 Bulan mei: Nikaragua
  11. 12 Bulan agustus: Thailand (ulang tahun Ratu Sirikit)
  12. 19 Bulan agustus: India
  13. 8 Bulan desember: Panama

Menatap perjuangan kaum perempuan di beragam negara di seluruh dunia, maka amat wajar kalau terdapat hari khusus dalam satu tahun untuk memeringati hari Ibu

DP BBM Bergerak Selamat Hari Ibu Gambar Foto Terbaru

Hari Ibu ialah suatu hari peringatan ataupun perayaan terhadap kasih sayang ibu terhadap keluarganya, baik untuk suaminya, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya.

Sejarah Makna Hari Ibu Nasional di Indonesia dan juga perayaan umumnya dilakukan dengan membebastugaskankan ibu dari tugas pokok sehari-harinya yang orang bilang adalah kewajibannya, seperti membuat masakan, merawat anak, dan juga urusan rumah tangga lainnya.

Di bawah ini animasi bergerak Selamat Hari Ibu ( Happy Mother’s Day) yang bisa kamu bagikan di blog, Display Picture BBM, Wallpaper HP, profile gambar Facebook, twitter ataupun media lainnya. Download, klik kanan pada gambar pilih save image as.

Hari Ibu

Hari Ibu

Hari Ibu

DP BBM HAPPY MOTHER'S DAY HARI IBU
DP BBM HAPPY MOTHER'S DAY
DP BBM HAPPY MOTHER'S DAY 22 DESEMBER
DP BBM HAPPY MOTHER'S DAY 22 DESEMBER KEREN
DP BBM HAPPY MOTHER'S DAY 22 DESEMBER UNIK

Baca Juga Artikel Berikut Ini :

Rating: 4.0/5. From 1 vote.
Please wait...