Resep Donat Kentang Empuk

Aktual.ID – Resep Donat Kentang Empuk dengan menggunakan bahan baku kentang akan membuat donat menjadi lebih kaya rasa. Improvisasi resep sesuai dengan selera keluarga.

Siapa yang tidak mengetahui cemilan bernama donat. Berbentuk bundar dengan lubang di tengah menjadikan ciri khas dari penganan manis yang diminati banyak kalangan. Banyak sekali variasi donat yang bisa di buat salah satunya adalah donat kentang. Tidak susah untuk membuat donat kentang berdasarkan Resep donat kentang empuk yang dijamin akan memberikan sebuah donat dengan cita rasa yang enak dan bertekstur lembut. Sajikan penganan ini untuk keluarga Anda, dan Anda akan mendapatkan pujian dari seantero keluarga.

Donat merupakan sebuah makanan yang dibuat dengan beberapa teknik sehingga membutuhkan waktu yang sedikit lama untuk membuat penganan ini. Namun, hasil yang di dapat akan sepadan dengan usaha Anda membuat donat kentang. Resep Kue donat kentang empuk bisa Anda jadikan sebagai pedoman bagi Anda yang ingin mencoba sebuah resep donat yang berbeda dari donat yang biasa Anda buat. Apalagi kini tengah marak donat yang dibuat dengan pengawet agar dapat bertahan lebih lama. Anda tidak ingin bukan keluarga Anda memakan sesuatu yang berbahaya seperti donat berpengawet.

Untuk bahan dari resep donat kentang empuk ini juga cukup mudah untuk di dapatkan. Anda dapat menemukannya di toko bahan kue yang terdekat dari posisi rumah Anda. Anda juga bisa berkreasi dengan donat kentang Anda dengan menambah beberapa elemen atau bahan dari resep yang telah tersajikan ini. Namun, Anda bisa menggunakan resep awal jika Anda tidak ingin menambahkan bahan apapun dalam donat kentang yang akan Anda buat.

Baiklah, berikut beberapa bahan yang perlu dipersiapkan dalam membuat donat kentang berdasarkan resep donat kentang empuk. Anda bisa menyesuaikan takaran resep dengan kebutuhan Anda, Anda bisa menggandakan takaran jika Anda ingin membuat donat kentang dengan jumlah yang banyak. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan, antara lain:

  • 100 gram gula pasir
  • 100 ml air
  • ¼ kg kentang yang kemudian di kukus dan di haluskan dengan blender
  • Mentega sebanyak 75 gram
  • Kuning telur sebanyak 4 butir
  • Tepung terigu cakra kembar ½ kg
  • Susu bubuk sebanyak 50 gram
  • Ragi instan (fermipan) sebanyak 1 bungkus
  • Garam sebanyak ½ sdt
  • Topping bisa berupa meises atau gula halus

Setelah mempersiapkan segala bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan donat kentang yang enak. Langkah selanjutnya adalah melakukan tahap demi tahap proses pembuatan donat kentang dengan menggunakan resep donat kentang empuk yang bisa Anda coba dan praktekkan. Perhatikan setiap langkah agar hasil dari donat Anda bisa sempurna. Berikut adalah langkah-langkah dalam tahap pembuatan donat kentang yang enak, yaitu:

  1. Pertama sekali yang dilakukan adalah dengan mencampurkan tepung cakra kembar dengan ragi instan lalu susu bubuk dan gula pasir. Kemudian aduk rata bahan kering tersebut.
  2. Kemudian kentang yang telah dihaluskan dimasukkan ke dalam adonan kering. Kemudian tambahkan kuning telur bersama dengan air dan kemudian diaduk rata.
  3. Selanjutnya adalah menambahkan mentega beserta garam, kemudian aduk lagi sampai adonan menjadi elastis. Lalu, bentuk bulat adonan dan diamkan selama 15 sampai 20 menit.
  4. Kemudian adonan tersebut dibagi menjadi bulatan kecil. Anda bisa membentuk adonan menjadi bentuk donat biasa atau dibentuk bulat saja dengan ukuran yang lebih kecil. Sesuai dengan selera Anda. Diamkan sampai ukurannya mengembang.
  5. Kemudian panaskan minyak di dalam wajah. Setelah panas masukkan donat yang telah dibentuk dan goreng sampai donat matang dan berwarna keemasan. Angkat kemudian tiriskan.
  6. Hias donat dengan gula halus atau meises atau sesuai dengan selera Anda.

Cukup mudah bukan dalam membuat donat kentang yang enak. Resep donat kentang empuk ini bisa Anda kembangkan sesuai dengan selera Anda dan keluarga. Anda bisa menambahkan selai buah ke dalam adonan donat sebelum menggorengnya. Dengan begitu, donat Anda akan memiliki cita rasa yang lezat. Selamat mencoba.