Pengertian Internet, Manfaat dan Fungsinya

Saat ini internet sedang gencar gencarnya tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di berbagai negeri yang mayoritas masyarakatnya tidak bisa lepas dari internet. Dengan Internet kita bisa terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia. Internet juga dapat mempermudah pekerjaan kita, mempermudah komunikasi, dan dapat menambah wawasan kita agar bertambah luas karena melihat besarnya dunia internet itu sendiri. Tetapi apakah Anda tahu pengertian internet itu sendiri?

Pengertian Internet itu sendiri adalah istilah Internet yang berasal dari bahasa latin yaitu inter yang berarti “antara”. Jadi secara per kata istilah Internet adalah jaringan atau penghubung. Internet mampu mengatasi sebuah perbedaan dari berbagai sistem operasi dengan menggunakan bahasa yang sama dengan bahasa yang digunakan oleh semua jaringan pengiriman data. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian Internet adalah jaringan-jaringan yang menciptakan komunikasi antar jaringan di seluruh dunia dengan tanpa bergantung pada jenis komputernya.

 Pengertian Internet yaitu internet adalah sebuah jaringan untuk berkomunikasi yang luasnya berskala global dan bersifat terbuka serta dapat menghubungkan semua jaringan komputer bahkan telepon genggam yang ada di dunia dengan berbagai spesifikasi tipe dan jenis menggunakan jaringan telepon atau satelit. Pada awalnya, Internet adalah sebuah jaringan komputer yang diciptakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui suatu proyek yang dinamakan ARPANET pada tahun 1969. Pada tujuan awalnya Internet ini dipergunakan untuk kepentingan militer saja, tetapi sepanjang perkembangan masa Internet terus berkembang dan kini dapat dinikmati oleh siapa saja dan dimana saja.

[su_accordion] [su_spoiler title=”Fasilitas Apa Saja Kah Yang Terdapat Pada Internet?” style=”fancy”]

Fasilitas Apa Saja Kah Yang Terdapat Pada Internet?

Berikut ini adalah beberapa fasilitas-fasilitas yang bisa Anda nikmati jika Anda adalah salah satu pengguna Internet yaitu:

  1. WWW

WWW merupakan singkatan dari World Wide Web adalah suatu sistem yang ada pada Internet yang dapat kita pergunakan sebagai pencarian atau browsing sekaligus dapat memberikan informasi yang cepat dengan menggunakan hypertext. Untuk membuat suatu hypertext, maka diciptakanlah sebuah bahasa pemrograman yaitu Hyper Text Markup Language atau yang biasa disingkat sebagai HTML. HTML ini sendiri berfungsi sebagai pengikat untuk alamat WWW atau file yang ada di dalam sebuah dokumen yang umumnya ber-extention *.htm atau *.html.

  1. Email

Email adalah sebuah surat atau pesan elektronik yang dapat dikirim atau diterima oleh antar pengguna komputer. Email itu sendiri dapat memungkinkan seseorang mengirimkan sebuah pesan ke seseorang lainnya dengan estimasi waktu yang sangat cepat, atau bahkan bisa dalam hitungan detik. Pada zaman ini perkembangan email sudah sangatlah pesat, tidak hanya berisi teks saja. Kita juga dapat melampirkan sebuah file multimedia seperti gambar, foto, video bahkan animasi.

  1. Mailing List

Mailing List atau yang biasa kita sering sebut dengan milis adalah suatu discussion group yang terdapat pada internet. Agar dapat menjadi anggota dari suatu milis, kita harus terlebih dahulu registrasi dengan mengirimkan email kepada subscription address, setelah itu kita dapat menunggu persetujuan dari sang moderator milis tersebut. Pada umumnya, semua anggota dari milis menggunakan discussion group tersebut sebagai sarana untuk saling bertukar informasi atau bahkan pendapat hingga hal-hal lain yang umumnya terjadi pada sebuah diskusi.

  1. BBS

BBS adalah singkatan dari Bulletin Board System yang berarti sebuah pusat layanan informasi yang mampu menyediakan informasi dari berbagai macam bidang seperti bidang pendidikan, kesehatan, sosial, bisnis, dan berbagai macam bidang lainnya. Dengan menggunakan BBS maka para penggunanya dapat saling bertukar pikiran dengan pengguna lainnya untuk membahas suatu topik tertentu.

  1. Chatting

Chatting adalah sebuah percakapan antara dua orang atau lebih dan dengan menggunakan jaringan internet. Saat ini Chatting sedang booming diantara anak muda bahkan bagi kalangan pebisnis karena dipercaya dapat memudahkan pekerjaan mereka.

  1. Newsgroup

Sama Seperti milis, newsgroup juga merupakan discussion group yang disediakan di internet. Perbedaannya adalah jika Newsgroup membutuhkan jaringan komputer khusus yang disebut UseNet. Pada umumnya, newsgroup diformat dengan satu topik umum yang kemudian dibawahnya dipaparkan menjadi beberapa sub topik.

  1. FTP

FTP atau yang kepanjangannya adalah File Transfer Protocol adalah sebuah layanan internet yang dapat melakukan transfer file antar sesama pengguna komputer dengan satu server yang sama dengan internet. Maka dari itu, memungkinkan kita untuk melakukan pengiriman ataupun menyalin sebuah file dengan berbagai jaringan komputer yang terhubung pada internet.

  1. Gopher

Gopher adalah sebuah protokol layer pada aplikasi TCP/ IP yang memang dirancang khusus sebagai keperluan distribusi, pencarian, ataupun sebagai pengambilan dokumen melalui jaringan internet.[/su_spoiler][su_spoiler title=”Fungsi dan Berbagai Manfaat Dari Internet” style=”fancy”]

Fungsi dan Berbagai Manfaat Dari Internet

Dari berbagai macam kemudahan bagi kita dalam mengakses internet, terdapat pula banyak manfaat yang dapat kita peroleh. Berikut ini adalah beberapa fungsi internet dan manfaatnya bagi kita sebagai penggunaan internet:

  1. Dapat Memperluas Wawasan dan Menambah Ilmu Pengetahuan

Berkat adanya internet, kita dapat menambah wawasan kita dari berbagai pengetahuan yang tersedia dari berbagai bidang pengetahuan yang ada di seluruh dunia. Khususnya bagi kaum pelajar, dengan adanya internet mereka dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang berhubungan dengan pelajaran mereka.

  1. Memudahkan Komunikasi

Perkembangan internet yang semakin pesat dapat membuat komunikasi antar individu yang terhalang oleh jarak yang jauh dapat menjadi sangat mudah, cepat, dan tentunya dengan budget yang murah. Beberapa jejaring sosial yang biasa digunakan oleh banyak orang saat ini salah satu nya adalah facebook, twitter, path, instagram, dan masih banyak lagi.

  1. Belanja di Internet Menjadi  Mudah dan Menyenangkan

Semakin berkembangnya dunia internet, sekarang tidak sedikit orang yang memanfaatkan internet sebagai ladang bisnis online shop. Selain sangat menyenangkan karena kita dapat sekedar melihat lihat barang yang diperjual belikan ataupun bagi kita yang sedang membutuhkan suatu barang tetapi sulit menemukannya karena berada di kota kecil. Maka online shop merupakan salah satu alternatif belanja yang tentunya patut untuk dicoba.

  1. Internet Dapat Dijadikan sebagai Wahana Hiburan

Selain menyuguhkan beberapa manfaat seperti diatas, internet juga dapat dijadikan sebagai wahana hiburan bagi Anda yang mungkin sedang penat atau badmood. Anda dapat menghibur diri Anda sendiri dengan mengakses jejaring sosial dari komputer atau handphone kesayangan Anda, mendengarkan musik, streaming video di Youtube ataupun bermain game bagi Anda yang menggemari permainan.

  1. Mendapatkan Lowongan Pekerjaan Menjadi Semakin Mudah

Bagi Anda yang belum memiliki pekerjaan dan masih sibuk mencari kesana kemari dan menitipkan CV Lamaran Kerja Anda di berbagai perusahaan. Kini hanya dengan menggunakan Internet Anda dapat dengan mudah menemukan lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan yang telah membuka lowongan kerja. Dan sebagian besar dari perusahaan tersebut pun kini telah memanfaatkan EMAIL sebagai wahana untuk para calon karyawannya dapat mengirimkan CV dan Lamaran Kerja ke alamat email mereka.

[/su_spoiler] [/su_accordion]

Demikian adalah ulasan tentang pengertian Internet dan apa saja fungsi dari internet semoga bermanfaat bagi Anda.