Pantun Lucu Jenaka Modern Terbaru 2016

Aktual.ID (Pantun Lucu) – Saat sedang sedih atau galau sebenarnya kita sedang diajarkan untuk introspeksi dan belajar ikhlas. Kesedihan bukan untuk dirasakan secara berlebihan tapi kesedihan harus diobati.  Ada berbagai cara mengobati rasa sedih, dengan tertawa yang pastinya. Namun tidak mudah membuat seseorang yang sedih mau tertawa begitu saja. Tawa bisa dipicu oleh hal-hal lucu seperti Pantun lucu jenaka modern. Pantun jenaka memang terlihat sederhana bukan seperti rangkaian atau setangkai bunga yang biasanya diberikan oleh kekasih untuk pacarnya yang sedang marah atau sepasang kekasih yang sedang saling bertengkar. Mungkin terlihat atau terkesan murah. Memang murah karena tidak membutuhkan banyak biaya untuk memperoleh pantun, tidak seperti bunga mahal tapi justru pantun inilah yang memberikan kesan berbeda.

Sama halnya dengan Cerita Lucu Singkat, Hal yang lucu tidak selalu muncul dari hal-hal yang besar dan mahal namun kesederhanaan kecil saja bisa memunculkan kelucuan. Seperti pantun lucu jenaka modern ini, supaya yang tidak tertawa ketika membaca atau mendengarnya. Kalau kalian penggemar kartun Upin dan Ipin pasti sering melihat adegan si Jarjit membacakan pantun yang mengundang tawa teman-temannya di serial TV tersebut dan tentunya membuat penonton ikut tertawa juga. Berkat serial Upin dan Ipin pula semakin banyak orang yang gemar terhadap pantun, bahkan anak-anak sekolah dasar lebih mudah memahami pantun melalui tayangan Televisi tersebut. Pantun mudah dibuat sendiri dengan merefleksi kehidupan sehari-hari, dari hal kecil dapat menghasilkan karya yang menghibur melalui pantun jenaka.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pantun lucu jenaka modern, sebaiknya Anda memahami seluk beluk pantun, mulai dari pengertian pantun, ciri-ciri, jenis pantun contohnya. Pantun merupakan salah satu bentuk puisi lama yang mana terdiri dari empat baris, bersajak a-b-a-b. Baris pertama dan kedua disebut sampiran sedangkan baris ketiga dan keempat disebut isi. Sampiran bisanya berisi lukisan alam atau segala hal yang bisa digunakan sebagai kiasan, hal-hal kecil seperti pergi ke pasar atau yang lainnya dan yang terpenting dari sampiran haruslah berhubungan antara sajak baris pertama dan baris kedua (a-b), sedangkan sampiran baris pertama dan kedua juga harus berhubungan.

Pada baris ketiga dan keempat berupa isi atau sesuatu yang ingin Anda sampaikan dari pantun lucu jenaka modern tersebut. Ketentuan sajak pun sama, baris ketiga bersajak “a” dan baris keempat bersajak “b”, isi antara baris ketiga dan keempat pun harus selaras alias tidak berseberangan isi. Kemudian merujuk pada pernyataan R. O Winsted yaitu seorang pengkaji budaya Melayu. Ia menyatakan bahwa pantun bukan sebatas gubahan kata-kata yang berima dan memiliki irama. Menurutnya, pantun adalah rangkaian kata nan indah untuk melukiskan dan mendeskripsikan kehangatan cinta, kasih, rindu dan sayang si penutur. Atau singkatnya pantun merupakan ide kreatif dan kritis dan mengandung makna yang padat.

Merujuk pada pengertian pantun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bagian isi dan sampiran tidak memiliki hubungan secara isi, hanya ada hubungan rima atau sajak saja. Hal tersebut karena bagian sampiran hanya sebagai kiasan saja dan isi merupakan bagian tujuan pantun tersebut. Sedangkan menurut Sutan Takdir Alisjahbana, sampiran hanya berfungsi hanya untuk menyiapkan rima dan irama guna mempermudah si pendengar untuk memahami isi pantun karena sejatinya pantun adalah karya sastra lisan. Meskipun pada awalnya pantun ditulis terlebih dahulu namun tetap akhirnya dibacakan agar semua orang tahu isi pantun tersebut.

Selanjutnya kita beralih pada ciri-ciri pantun yang harus kamu ketahui. Sudah disinggung sebelumnya pantun terdiri dari 4 baris, dua baris pertama merupakan sampiran dan dua baris berikutnya adalah isi dan bersajak ab-ab. Selain itu, dalam pembuatan pantun juga harus memenuhi ketentuan setiap baris terdiri dari 8 sampai 12 suku kata. Itulah beberapa hal-hal dasar yang harus kamu ketahui tentang pantun sehingga Anda bisa membuat pantun yang baik dan benar. Meski pantun terdengar sederhana, tapi ada aturan mendasar yang harus Anda terapkan dalam pembuatannya sehingga tidak asal-asalan.

Jenis-Jenis Pantun Lucu Modern Terbaru 2016

Terdapat beberapa jenis pantun menurut ahli antara lain:

1. Menurut Nursisto, pantun dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:

  • Berdasarkan isinya, pantun terbagi menjadi tiga, yaitu (1) pantun kanak-kanak; pantun bersuka cita dan pantun berduka cita, (2) pantun muda yang meliputi pantun nasib/dagang dan pantun perhubungan. Sedangkan pantun perhubungan sendiri masih dibagi menjadi pantun perkenalan, pantun berkasih, pantun beriba hati dan pantun perceraian, (3) pantun tua terdiri dari pantun adat, pantun nasihat dan pantun agama.
  • Berdasarkan banyaknya baris tiap bait, pantun dibedakan menjadi pantun dua seuntai atau yang biasa Anda kenal sebagai pantun kilat, pantun empat seuntai, dan pantun enam seuntai atau talibun.

2. Menurut Abdul Rani, pantun dibedakan berdasarkan isinya yaitu:

  • Pantun Anak-anak yang terdiri dari pantun anak jenaka, pantun teka-teki dan pantun kedukaan.
  • Pantun muda-mudi, meliputi pantun muda mudi kejenakaan, pantun muda-mudi cinta kasih, pantun muda-mudi dagang, dan pantun muda-mudi berisi ejekan.
  • Pantun Tua, terbagi menjadi pantun tua kiasan, pantun tua adat, pantun tua nasihat, pantun tua dagang dan pantun tua agama

3. Menurut Suroto  pantun dibagi menjadi3 klasifikasi yaitu:

  • Menurut isi, pantun terdiri dari pantun anak-anak yang biasanya berisi permainan, pantun muda-mudi yang biasanya berisi percintaan, pantun orang tua yang isinya kebanyakan berupa nasihat, pantun jenaka yang berisi sindiran untuk bahan kelakar serta pantun teka-teki.
  • Menurut bentuk atau susunan pantun dibagi menjadi pantun berkait yaitu pantun yang berkaitan antara bait pertama dengan baik berikutnya. Pantun kilat atau yang biasa disebut dengan karima yaitu pantun yang terdiri dari dua baris, baris pertama sampiran dan baris kedua merupakan isi.

Berdasarkan klasifikasi dari para ahli di atas, pantun jenaka merupakan bagian dari anak. Pantun jenaka merupakan salah satu jenis pantun yang berisi kelakar sindiran yang tujuannya hanya sebagai lelucon semata. Kalaupun berniat menyindir, itu pun dilakukan dengan cara yang kocak sehingga tidak menyinggung langsung.

Contoh Pantun Lucu Jenaka Modern Terbaik Saat Ini

Berikut ini beberapa contoh pantun lucu jenaka modern.

Mancing di sungai dapat ikan banyak
Dimakan kucing di dalam tempayan
Tahu pakai U rasanya enak
Kalau diganti I pasti tidak doyan

Pergi ke pasar Klewer beli kopiah
Kopiah cantik akan kamu dapati
Ada banyak gadis cantik singgah
Hanya adinda yang ada di hati

Di pinggir jalan sedang makan bubur
Tidak lupa pakai tambahan keripik
Sejak semalam saya tidak bisa tidur
Semakin terngiang wajahnya yang cantik

Ada kucing sedang makan ikan
Ikan hidup berlari-lari
Mau tahu apa yang melelahkan?
Pergi ke Bandung dengan jalan kaki

Di sana gunung di sini gunung
Di tengah ada bunga mawar
Aku bingung Anda pun bingung
Kenapa ada bunga mawar?

Baca Juga : Foto Lucu Banget dan Foto Bayi Lucu Banget

Itulah beberapa contoh dan ulasan mengenai Pantun Lucu Jenaka Modern Terbaru dan Terbaik saat ini yang bisa Anda contoh. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda tentang pantun.