Manfaat Internet Bagi Pendidikan dan Efek Negatifnya

Zaman telah berubah, dunia semakin berkembang ke arah yang lebih baik. Dahulu manusia begitu sulit untuk bisa terhubung satu sama lain, mencari informasi pun membutuhkan begitu sulit. Sekarang ini, hal semacam itu bisa dilakukan dengan mudah. Internet begitu membantu manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Manfaat internet tidak bisa dipungkiri lagi. Sebelum membahasnya lebih lanjut, kamu harus paham dulu apa itu internet. Internet merupakan teknologi jaringan yang menghubungkan seluruh dunia dalam sehingga memudahkan manusia untuk mencari informasi, saling terhubung satu sama lain tanpa batasan waktu dan jarak. Kehadiran internet begitu mempengaruhi kehidupan manusia dalam segala bidang.

Manfaat Internet

Sebaiknya pahami terlebih dahulu pengertian internet. Internet merupakan penemuan teknologi yang begitu berpengaruh. Semua bidang pekerjaan membutuhkan internet. Kita bisa menjelajah dunia hanya dengan menatap layar monitor, mencari informasi global mulai dari hal kecil seperti arti kata sampai berbagai tips. Ya, manfaat internet sungguh dirasakan oleh semua orang. Keberadaan internet membuat inovator teknologi menciptakan berbagai aplikasi hiburan seperti games, social media yang banyak digunakan masyarakat luas. Internet bisa digunakan oleh semua kalangan masyarakat kecil.  Jaringan internet saat ini tidak hanya diakses melalui laptop atau netbook. Berbagai gadget seperti tablet, smartphone bisa digunakan untuk mengakses internet. Buat para gamers, keberadaan internet sangat membantu mereka memuaskan hasrat untuk gaming karena ada game online yang bisa dimainkan kapanpun.

Sekitar 10 tahun yang lalu, manfaat internet hanya bisa dirasakan oleh orang kantoran atau mereka yang memiliki uang untuk memiliki teknologi tersebut. Bahkan sekolah-sekolah pun masih jarang yang bisa mengajarkan internet untuk siswanya. Tapi ketika zaman berubah, internet kini sangat mudah diakses. Orang desa pun bisa memakai internet karena memang salah satu program pemerintah adalah internet masuk desa sehingga semua orang bisa memakai internet. Warnet atau warung internet memudahkan orang desa mengakses internet. Begitu banyak warnet bertebaran sehingga semua kalangan bisa mencicipi internet. Harga rental internet di warnet pun terbilang murah sekarang ini sehingga terjangkau oleh pelajar.

Efek Negatif Internet yang Patut anda Ketahui

Manfaat internet memang begitu luas dan menyeluruh. Namun tidak dipungkiri, dampak negatif internet tidak bisa dibendung. Di satu sisi, banyak hal positif dari internet tapi sisi negatifnya pun tidak bisa dihindari. Ketika penggunaan internet pada anak-anak khususnya tidak dikontrol akan memberikan efek negatif pada anak. Jangan sampai anak ketergantungan pada internet sehingga segala hal yang berhubungan dengan kebutuhannya seperti pelajaran diselesaikan dengan internet. Ketika mereka ketergantungan dengan internet, maka mereka tidak akan mau berpikir dan mandiri untuk menyelesaikan masalah pelajarannya. Anak-anak boleh mencari informasi mengenai pelajaran di internet tapi tetap harus diimbangi dengan usaha terlebih dahulu.

Efek negatif lainnya dari internet adalah game online yang seringkali justru membuat anak-anak kecanduan game online. Game online jelas membuang waktu karena anak-anak akan lupa dengan belajar, menghabiskan uang dengan kegiatan yang kurang bermanfaat. Selain itu terlalu lama menghadap komputer dapat merusak kesehatan mata. Manfaat internet selalu bisa dirasakan ketika dalam pengawasan sudah tepat dan baik. Sebagai orang tua, sudah menjadi kewajibannya untuk mengawasi anak-anak, memberi arahan mengenai hal yang boleh dan tidak mereka cari di internet, mengontrol waktu sehingga mereka tetap bertanggung jawab dengan tugas-tugas utamanya. Disinilah peran orang tua sangat dibutuhkan.

Inilah Berbagai Manfaat Internet Bagi Pendidikan khususnya Bagi Siswa

Manfaat internet mempengaruhi segala bidang dan lini kehidupan. Pendidikan merupakan hal penting bagi kemajuan suatu bangsa. Internet pun mempengaruhi kemajuan pendidikan karena saat ini internet tidak lepas dari dunia pendidikan. Manfaat internet bagi pendidikan antara lain:

1. Membantu siswa mencari informasi

Kemajuan pendidikan suatu negara ditentukan oleh guru karena gurulah yang menjadi tonggak kemajuan siswa dan sekolahnya. Kepandaian dan keterampilan siswa ditentukan oleh proses pembelajaran yang berlangsung. Proses pembelajaran yang baik adalah harus bisa membuat siswa aktif dan kreatif dalam mencari informasi. Dalam dunia pendidikan saat ini, fungsi guru sebagai fasilitator bukan pentransferan ilmu pengetahuan sehingga siswa bisa mencari ilmu tambahan atau dengan kata lain ilmu tidak hanya didapat dari guru. Internetlah solusinya sehingga siswa bisa mendapat ilmu tambahan melalui internet.

2. Melatih siswa mempelajari penggunaan komputer

Manfaat internet selanjutnya adalah membantu siswa dalam mempelajari penggunaan komputer. Ketika siswa dipaksa untuk mencari informasi baru atau sesuatu yang tidak ada di buku melalui internet, mereka akan belajar bagaimana menggunakan komputer. Mulai dari menyalakan komputer, membuka Google, mencari informasi, mengetik dan melakukan pengolahan data melalui aplikasi sederhana, minimal Ms Word.

3. Sebagai sarana komunikasi

Segala hal tentang internet tidak bisa dilepaskan dari yang namanya komunikasi. Pada dasarnya, memang internet berujung pada komunikasi yang saat ini bisa dijalankan melalui berbagai aplikasi. Manfaat internet memang menghubungkan antar orang di dunia tanpa batasan waktu dan jarak. Dalam dunia pendidikan, komunikasi melalui internet pun dibutuhkan. Misalnya kita bisa belajar berkirim surat melalui email (elektronik mail), belajar bahasa inggris dengan orang bule asli melalui beragam aplikasi yang tersedia saat ini. Hal tersebut dilakukan oleh pelajar dari tingkat sekolah dasar sampai mahasiswa karena pelajaran internet sudah mulai dikenalkan sejak bangku sekolah dasar.

4. Sebagai sarana bertukar ilmu pengetahuan

Manfaat internet selanjutnya adalah sebagai sarana bertukar ilmu pengetahuan. Selain sebagai sarana untuk mencari dan menggali informasi dan wawasan kita juga bisa membagi ilmu atau wawasan yang kita miliki ke orang lain. Melalui berbagai situs seperti Youtube, Blog, Website, kita bisa memberikan berbagai informasi. Misalnya kamu adalah seorang perajin yang gemar mengolah barang bekas menjadi barang bernilai jual tinggi. Keahlian yang kamu miliki bisa kamu bagikan dengan mengunggah video pembuatan barang bernilai jual dari barang bekas. Bukankah berbagi itu indah dan dengan berbagi ilmu yang kamu miliki tidak akan habis, justru bertambah.

Manfaat internet bagi masyarakat sangatlah besar. Tidak dipungkiri internet mempercepat pekerjaan seseorang dalam hal efisiensi waktu. Banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dengan lebih cepat dengan penggunaan internet. Contoh paling sederhana adalah kita bisa mengirimkan dokumen dengan cepat melalui email. Selain itu, manfaat internet juga membuat bisnis online berkembang dengan pesat. Kamu pasti tahu sekarang ini begitu banyak bisnis online yang menjual banyak barang seperti baju, sepatu, tas dan lain-lain. Hal tersebut tentunya membantu masyarakat untuk meningkatkan penghasilan dan memenuhi kebutuhan. Begitu banyak urusan atau pekerjaan zaman sekarang yang sangat bergantung dengan internet.

Di satu sisi kehadiran internet memang memberikan manfaat yang begitu besar tapi disisi lain hal-hal negatif tidak bisa dihindari. Kita sebagai pengguna internetlah yang harus menyadari bahaya internet dan mengontrol diri. Jika internet bisa digunakan dengan baik justru bisa menghasilkan bayak hal positif dan bermanfaat serta mendatangkan pundi-pundi uang. Yuk, jadi pengguna cerdas dan bijak. Awasi penggunaan internat pada anak-anak. Demikian ulasan mengenai manfaat internet, semoga bisa membantu dan menambah wawasan kamu.

Baca Juga Artikel Berikut Ini :

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...