Kapal Perang TNI AL Paling Canggih Terbaru 2019

Daftar Armada Kapal Perang Indonesia Paling Canggih yang Terbaru terdiri atas beberapa tipe atau kelas, ada armada pemukul, armada pendukung, armada patrol dan armada lainnya yang menjadi kekuatan TNI AL.

Armada Kapal Perang Indonesia

TNI merupakan satuan angkatan perang yang dimiliki Indonesia. TNI terdiri atas TNI AD, TNI AU dan TNI AL yang masing-masing kesatuan memiliki armada perang. Angkatan darat dengan pasukannya yang siap bergerilya, angkatan udara sebagai pasukan elite dan angkatan laut yang menjaga kedaulatan NKRI menggunakan kapal perang Indonesia. Pada kesempatan ini kami ingin memberikan informasi yang mungkin sering luput dari perhatian kita semua yaitu daftar kapal perang yang dimiliki Indonesia untuk menjaga kedaulatan NKRI terutama di perairan. Ada berapa jenis Kapal perang TNI dan berapa jumlahnya saat ini belum tentu Anda ketahui. Maka dari itu, kami tertarik untuk mengulasnya khusus untuk Anda untuk meningkatkan kepedulian terhadap Negara dan TNI.

Kapal-kapal perang Paling Canggih baik Kapal Terbesar yang dimiliki Indonesia memiliki ciri khas tersendiri terutama dalam pemberian nama kapal. Kita sering mendengar maupun melihat nama kapal perang Indonesia selalu diawali dengan KRI (kapal Perang Republik Indonesia). Setidaknya sampai saat ini pemerintah memiliki sejumlah 150 kapal perang baik yang usianya sudah tua maupun kapal perang Indonesia terbaru yang memiliki teknologi canggih. Meskipun begitu, ada beberapa kapal perang Indonesia yang memiliki kesejarahan tinggi karena pernah digunakan untuk melawan penjajah maupun berbagai operasi khusus TNI. Kapal-kapal tersebut masih berfungsi dan layak digunakan.

TNI angkatan laut saat ini memiliki beberapa jenis kapal perang Indonesia Paling Canggih Terbaru yang mempunyai fungsi dan kerja masing-masing, meliputi armada pemukul, armada patrol, armada pendukung dan armada lainnya. Dari beberapa jenis kapal tersebut ada yang buatan Indonesia karena Indonesia memiliki industri galangan kapal serta ada kapal buatan luar negeri. Untuk melengkapi informasi ini, kami akan menguraikan daftar kapal perang yang dimiliki sampai saat ini berdasarkan fungsi atau tugasnya masing-masing. Indonesia juga punya Senjata Tembus Tank lho

1. Kapal Perang Utama Indonesia Armada Pemukul

Saat ini TNI Al memiliki kurang lebih 35 kapal perang Indonesia pemukul yang berguna untuk menghalau dan melawan musuh yang mengancam kedaulatan NKRI di laut. Dari 35 armada pemukul tersebut terdiri atas 20 kapal jenis fregat, kelas kapal tersebut memiliki nama fregat Ahmad Yani, Fatahilah, dan kelas Sigma. KRI Ahmad Yani merupakan kapal perang peninggalan Belanda, meskipun kapal warisan tetapi saat ini sudah mengalami modifikasi misalnya dipasang peralatan rudal P800 Oniks dan C802. Sedangkan pada KRI Fatahilah merupakan kapal pemukul menggunakan peluru kendali, untuk kapal Pemukul Sigma sampai saat ini masih dalam proses pembuatan.

Armada pemukul lainnya terdiri atas jenis kapal Korvet yang merupakan kapal perang buatan Inggris dan jenis kapal Purchasm yang juga buatan Inggris. Jenis kapal ini banyak yang menilai bahwa Korvet dan Purchasm kurang mendapatkan perawatan maksimal sehingga sering mengalami kendala saat beroperasi. Tapi berita itu sebenarnya hanya isu konspirasi negara yang tidak suka dengan Indonesia. Karena nyatanya, sampai saat ini kapal tersebut masih fit dan selalu beroperasi menjaga kedaulatan NKRI. Kita bisa menjumpai kapal buatan Inggris dan Jerman ini dengan nama kapal perang Indonesia KRI Bung Tomo dan Sigma yang jumlahnya kurang lebih ada 20 armada yang masih bertugas. Bahkan kapal ini pernah beberapa kali menghalau kapal perang negara tentang yang pada saat itu melintas dan melewati garis batas perairan Indonesia.

Disamping Pesawat Terbesar yang kita punya. Kita juga layak bangga karena pemerintah Indonesia melalui TNI AL mempunyai 2 jenis Kapal perang Canggih model selam yang siap mengintai dan melawan musuh dari bawah perairan laut Indonesia. Kedua kapal selam tersebut adalah kapal selam cakra buatan Negara Jerman dengan tipe 209/1300 dan kapal selam Chang Bogo yang dibuat oleh Korea. Hanya saja untuk kapal selam dari Korea ini masih dalam tahap pemesanan diperkirakan akan selesai dan dikirim ke Indonesia pada tahun ini. Selain itu, Indonesia juga memiliki 3 kapal cepat dengan spesialisasi rudal, ini bukti keseriusan pemerintah dalam meningkatkan Alutsista TNI yang semakin canggih untuk menjaga kedaulatan Indonesia.

2. Kapal Perang TNI Paling Canggih Armada Patroli

Selain menjaga kedaulatan NKRI khususnya di laut, kapal perang Indonesia TNI AL juga bertugas menjaga dan mengawasi batas wilayah NKRI di laut yang berbatasan dengan negara tetangga. Kapal patrol tersebut bertugas sesuai fungsinya, yaitu patroli secara rutin menjaga supaya jangan ada kapal illegal maupun kapal musuh yang masuk ke perairan Indonesia. Kapal patrol tersebut terdiri atas kapal cepat 57meter, kapal patrol cepat yang dibuat oleh PT PAL sebagai BUMN pembuat kapal serta kapal patrol cepat buatan negara Australia. Jumlah kapal patrol cepat sampai saat ini kurang lebih ada 45 kapal patrol yang masih aktif bertugas sampai saat ini.

Daftar kapal perang Indonesia patroli Paling Canggih tersebut antara lain seperti dikutip dari blog GARUDA MILITER sebagai berikut :

Kapal patrol cepat 57 meter:

  1. Kapal patrol kelas Kakap
  2. Kapal patrol kelas Cucut
  3. Kapal patrol kelas Andau
  4. Kapal patrol kelas Pandrong
  5. Kapal patrol kelas todak

Kapal patrol cepat:

  1. Kapal patrol cepat kelas Boa
  2. Kapal patrol cepat kelas Viper
  3. Kapal patrol kelas Kobra dan lainnya

Setiap kapal patroli terdiri atas pasukan bersenjata lengkap dan kapal tersebut juga memiliki pertahanan menggunakan senjata api. Tujuannya jika sewaktu-waktu ada kapal illegal atau dicurigai musuh bisa memberikan peringatan supaya jangan melintas di perairan Indonesia.

3. Kapal Perang Indonesia Armada Pendukung

Selain armada pemukul dan armada patrol, TNI AL juga memiliki armada pendukung yang digunakan untuk berbagai kebutuhan. Pada kelas armada pendukung di KRI Ki Hajar Dewantara digunakan sebagai kapal fregat latih untuk TNI AL. Selain itu juga terdapat armada pendukung lain dari KRI Dewaruci buatan Selandia Baru dan Jerman. Selain armada pendukung latihan, TNI AL juga memiliki armada pendukung yang memiliki landasan yang Helipad, seperti pada KRI Makasar, KRI Banjarmasin dan KRI Daipele. Dari ketiga kapal LPD ini ada satu kapal perang Indonesia merupakan buatan Indonesia dan dua lainnya merupakan buatan Negara Korea.

TNI AL juga memiliki kapal penyapu ranjau untuk mengamankan KRI lainnya ketika memasuki daerah yang rawan terdapat ranjau laut. Dengan demikian, kita bisa mengetahui kesiapan TNI AL dalam menjaga kedaulatan NKRI sesuai dengan slogannya Jala Seva Jaya Mahe. Kita tidak perlu meragukan lagi kualitas kapal perang Indonesia yang dimiliki TNI AL seperti yang sering diberitakan bahwa banyak kapal perang Indonesia sudah tidak layak. Buktinya sampai saat ini semua kapal tersebut masih berfungsi baik dan dalam menjalankan tugas negara pada masing-masing pos AL. Sedangkan untuk armada lainnya kita bisa menjumpai kapal Amfibi yang siap bertempur di darat dengan kemauannya di air dan darat.

Demikianlah beberapa daftar kapal perang Paling Canggih Terbaru yang dimiliki Indonesia sampai saat ini. Seperti yang sudah diuraikan diatas bahwa pemerintah sedang memprogramkan pembaharuan alutsista kapal perang Indonesia. Semoga rencana itu bisa terwujud, sebab negara lain juga sudah memiliki kapal perang yang teknologinya lebih tinggi dan modern. Sehingga TNI Al juga harus mengimbangi kekuatan lawan, terutama di laut Indonesia supaya tetap disegani sebagai macan Asia.