Kandungan dan 12 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Manfaat alpukat yang selama ini kita kenal yaitu sebagai kecantikan kulit wajah. Padahal sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil terutama untuk masalah kesehatan. Namun karena kurangnya informasi dan keterbatasan ilmu yang kita miliki, maka kita tidak mengetahui dengan pasti kegunaannya. Dalam buah alpukat ini terdapat banyak sekali kandungan yang sangat baik untuk tubuh, maka sebaiknya sebelum kita mengetahui apa saja manfaat alpukat untuk kesehatan dan kecantikan dengan jelas, ada baiknya kita mengenal apa saja kandungan dari alpukat ini.

Kandungan dan 12 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Kandungan Dalam Buah alpukat

Sebelum kita ketahui manfaat alpukat lebih dalam, maka kita lihat dulu apa saja yang terkandung di dalamnya. Kenapa alpukat memiliki banyak sekali manfaat? Ini dia kandungan yang terdapat pada alpukat yang harus kita tahu.

1. Serat

Tidak bisa kita pungkiri, semua buah memang mengandung serat yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Dalam buah alpukat sendiri mengandung serat sebanyak 11 gram untuk ukuran buah sedang. Kandungan ini memang belum cukup untuk memenuhi kebutuhan serat harian tubuh, namun dengan kandungan sebanyak ini, bisa dilengkapi dengan konsumsi buah lain atau sayuran.

2. Vitamin dan mineral

Manfaat alpukat yang sangat banyak untuk tubuh kita ini dikarenakan di dalamnya juga mengandung vitamin dan juga mineral. alpukat sangat kaya akan berbagai macam vitamin, mulai dari vitamin C, K, E, B5, B6 dan juga B9 bisa kita ambil dari satu buah alpukat ini. Selain itu juga mengandung kalium yang bahkan kandungannya lebih tinggi dari pisang.

3. Lemak baik

Dalam alpukat mengandung cukup banyak lemak, sehingga ada yang tidak mau makan buah ini. Padahal lemak yang terkandung di dalamnya adalah lemak baik yang tidak membuat kerusakan atau bahaya pada tubuh. Sehingga manfaat alpukat untuk diet sangat baik jika digunakan karena tidak lemak ini tidak akan membuat tubuh menjadi lebih gemuk. Bahkan lemak tak jenuh tunggal yang terdapat di dalamnya ini dapat mengurangi kadar kolesterol yang jahat yang ada dalam darah dan dapat menurunkan risiko terjadinya stroke dan juga jantung.

4. Protein

Karena mengandung protein sekitar 4 gram dalam setiap buahnya maka tidak heran jika manfaat alpukat bagi kesehatan cukup banyak.

5. Gula

Meskipun dalam alpukat ini tidak memiliki rasa manis yang jelas terasa, namun ternyata alpukat juga mengandung gula meskipun hanya 0,2 gram saja. Namun hal ini justru baik karena bagi penderita diabetes tetap bisa mengkonsumsinya.

Nah, demikian tadi kandungan yang terdapat dalam buah alpukat yang bisa membantu menyehatkan tubuh kita. Selain bermanfaat untuk tubuh kita, bagian dari alpukat ini juga bermanfaat untuk berbagai hal. Manfaat alpukat digunakan mulai dari bijinya hingga daun dan batangnya untuk membantu berbagai kelangsungan hidup kita.

10 Manfaat alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Nah, jika Anda penasaran sebagai apa saja alpukat ini digunakan simak penjelasannya berikut ini.

1. Sebagai pewarna pakaian

Alpukat dapat dimanfaatkan untuk memperlancar industri pakaian. Karena ternyata biji alpukat bisa dimanfaatkan menjadi pewarna kain. Bahkan mewarnai kain dengan menggunakan alpukat sangat bagus karena tidak mudah luntur. Demikian juga pada bagian kulit pohonnya, yang dimanfaatkan untuk memberikan warna cokelat pada produk yang berbahan kulit.

2. Menjaga kesehatan mata

Manfaat alpukat bagi kesehatan mata mungkin tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Pasalnya masalah mata biasanya berhubungan dengan makanan yang mengandung betakaroten. Namun dalam buah ini mengandung lutein yang merupakan bagian dari karotenoid yang berfungsi untuk menjaga kesehatan pada penglihatan. Bahkan manfaat alpukat ini dapat mencegah katarak dan degenerasi makula.

4. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Dalam tubuh manusia memang terdapat kanker yang sangat mungkin bisa tumbuh dengan perlahan maupun secara ganas. Namun demikian, hal ini sangat tergantung pada kesehatan tubuh masing-masing orang. Sedangkan kandungan pada buah alpukat ini bisa menghancurkan sel kanker yang tumbuh dan tanpa menimbulkan efek samping yang buruk.

4. Menyerap nutrisi lebih baik

Karena dapat menyerap nutrisi lebih baik dan lebih cepat jika makan buah ini, maka manfaat alpukat ini sangat baik untuk mereka yang membutuhkan nutrisi dalam tubuhnya seperti pada orang yang sedang sakit, orang yang sudah tua atau anak-anak dalam masa pertumbuhan.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Banyak yang takut untuk mengonsumsi buah ini karena mengandung lemak, padahal lemak yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk mengusir kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga Anda bisa mengambil manfaat jus alpukat sebagai penurun kolesterol ini yang bisa dikonsumsi setiap hari.

6. Memelihara berat badan

Bagi Anda yang merasa bermasalah dengan berat badan Anda, maka lebih baik jika Anda mengonsumsi buah alpukat setiap hari. Karena salah satu manfaat alpukat adalah dapat memelihara berat badan tubuh Anda. Pasalnya, alpukat ini buah yang tidak mengandung kolesterol, rendah kalori, dan juga dapat menggantikan sumber lemak lain. Selain itu, sekitar 20 vitamin otomatis Anda makan saat Anda memakan alpukat.

7. Asupan sehat untuk bayi dan ibu

Alpukat memiliki rasa dan bau yang tidak menyengat, sehingga tidak membuat penikmatnya mual dengan aromanya. Selain itu, daging alpukat yang sangat lembut ini tidak perlu menggunakan bantuan mesin untuk melembutkannya, sehingga sangat mudah untuk dinikmati para balita. Dengan memberikan alpukat pada ibu dan balita, maka Anda telah memberikan nutrisi sehat. Manfaat alpukat untuk bayi selain memberikan nutrisi sehat juga sangat berguna untuk pertumbuhan otak bayi.

8. Kesehatan dan kecantikan kulit

Bagi Anda para wanita yang suka menjaga penampilan pastinya telah tahu bahwa manfaat alpukat salah satunya adalah untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit secara alami. Selain itu, alpukat juga dapat menunda pengeriputan pada kulit dan menjaga kulit agar tetap elastis dan kencang.

9. Menjaga tekanan darah dalam tubuh

Karena mengandung kalium yang cukup besar, maka alpukat sangat bermanfaat untuk menjaga tekanan dara tinggi. Dengan mengkonsumsinya maka darah akan terus terkontrol dengan baik.

10. Mengurangi risiko stroke

Dalam alpukat ini mengandung asam folat yang sangat bermanfaat sebagai pencegah penyakit stroke.

11. Mengurangi penyakit radang sendi dan encok

Manfaat alpukat yang lain yaitu sebagai pengurang rasa sakit pada radang sendi dan juga encok atau rematik yang biasa terjadi pada manula. Untuk itu, agar senantiasa sehat, sebaiknya Anda mengonsumsi alpukat secara teratur.

12. Anti inflamasi

Alpukat mengandung banyak sekali zat yang mengarah pada anti inflamasi atau peradangan. Bahkan dalam alpukat ini juga mengandung alkohol lemak polyhydroxylated, asam lemak omega-3, dan berbagai bahan lain yang bermanfaat sebagai anti inflamasi.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat buah alpukat baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan yang bisa kita gunakan. Karena banyak sekali manfaat alpukat untuk kebaikan tubuh kita, maka sangat dianjurkan untuk mengonsumsi alpukat setiap hari untuk mendapatkan kesehatan dan kecantikan secara alami.

Baca Juga Artikel Berikut Ini :

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...