Jenis-Jenis Batu Kalimaya Kenali Sifat-Sifatnya

Aktual.ID – Jenis batu kalimaya termasuk jenis batu akik yang istimewa. Batu akik jenis ini berasal dari berbagai negara di dunia, seperti Meksiko, Indonesia, Afrika, Australia hingga India.

Jenis-Jenis Batu Kalimaya memang tergolong banyak macamnya. Batu kalimaya kini banyak dikenal masyarakat pencinta batu akik. Batu ini tergolong jenis batu permata dengan nilai jual yang tinggi, dengan keindahan di dalamnya. Hal yang paling menarik dan unik yang terdapat dalam batu kalimaya ini adalah pancaran warna pelangi yang membias di dalamnya. Sehingga membuat batu kalimaya banyak digemari pencinta batu akik atau para kolektor. Hanya saja, jenis batu akik kalimaya ini termasuk batu permata rendah karena hanya memiliki tingkat kekerasan 5,5 – 6,5 skala mohs.

Sebelum kita membahas jenis-jenis batu kalimaya, sebaiknya kita kenali sifat-sifat dari batu akik kalimaya yang asli berikut ini:

  1. Segi Pembakaran, Berdasarkan pembakarannya, batu kalimaya ini tergolong batu akik yang tahan terhadap panas maupun api terutama ketika Anda bakar dengan korek api. Maka membuat jenis batu cincin kalimaya ini akan mudah dingin.
  1. Tak Mudah Luntur, Dari segi ketahanan sendiri, jenis batu kalimaya ini tergolong tahan luntur atau tahan terhadap kotoran, seperti cat, minyak dan sejenisnya. Caranya cukup dengan mengelap batu kalimaya jika terkena kotoran. Apabila kotoran tersebut membekas, maka batu kalimaya tersebut palsu.
  1. Berat Batu, Kalimaya yang asli tentunya memiliki bobot yang lebih berat apabila dibandingkan kalimaya buatan.
  1. Serat Batu, Untuk batu kalimaya yang asli biasanya mempunyai serat yang begitu tampak walaupun tidak begitu kuat. Batu kalimaya palsu umumnya berwarna bening dan tidak memiliki serat sedikitpun.

Adapun jenis-jenis batu kalimaya yang perlu Anda ketahui bagi pencinta batu akik, seperti berikut ini:

1. Batu kalimaya kristal air kelapa

Jika Anda pernah melihat batu kalimaya yang berwarna bening dengan warna dasar seperti warna air kelapa, maka batu tersebut dinamakan batu kalimaya kristal air kelapa. Seperti karakteristik jenis batu cincin kalimaya lainnya, batu kalimaya ini memiliki pancaran bias warna berbentuk pelangi. Pancaran tersebut akan muncul saat terkena sinar atau cahaya.

2. Batu kalimaya kristal

Jenis batu kalimaya kristal termasuk Batu Kalimaya Termahal yang sangat mudah untuk dijumpai. Bahkan batu kalimaya kristal ini sudah banyak digunakan oleh orang-orang. Batu ini memiliki background yang bening dengan ciri khas pancaran bias warna pelangi yang berkilau.

3. Batu kalimaya hitam

Salah satu batu kalimaya yang banyak digemari dan diburu para kolektor batu akik adalah batu kalimaya hitam. Batu kalimaya hitam atau disebut juga black opal ini memiliki bentuk yang transparan yang mirip dengan kristal. Batu ini memiliki background hitam pekat yang begitu gelap. Meskipun begitu, batu ini tetap memiliki kemampuan memancarkan cahaya pelangi saat disorot menggunakan cahaya senter.

4. Batu kalimaya kristal kopi

Batu kalimaya yang satu ini memiliki warna yang hitam layaknya warna kopi ketika diseduh, Warna hitamnya ini membuat para kolektor banyak memburunya. Batu akik jenis ini cocok dijadikan perhiasan.

5. Batu kalimaya pelangi

Tak hanya memancarkan bias pelangi saja, batu kalimaya juga memiliki warna pelangi yang begitu khas. Batu Kalimaya banten pelangi ini memiliki warna dasar pelangi yang begitu memukau dan unik. Tak heran jika ada saja orang yang mengincar jenis batu akik yang satu ini.

6. Batu kalimaya Afrika

Tak jauh berbeda dengan batu kalimaya lokal, batu kalimaya dari Afrika ini memiliki warna bening dengan kilauan warna-warna pelangi yang begitu indah memesona. Meskipun begitu, batu kalimaya lokal nampaknya lebih indah jika dibandingkan batu kalimaya mancanegara.

Ya, itulah beberapa Jenis-Jenis Batu Kalimaya yang bisa kita jumpai baik di Indonesia maupun di mancanegara.