Harga Batu Black Opal Jarong

Aktual.ID – Harga Batu Black Opal Jarong sudah tentu mahal. Jenis batu ini berasal dari banten. Banyak sekali penggemar batu yang ingin mengoleksi black opal jarong.

Harga batu black Opal jarong tentu berbeda dengan harga batu akik lainnya. Maraknya batu akik di Indonesia semakin lengkap dengan hadirnya batu black opal. Harga black opal yang sudah berkelas tentu juga sangat mahal. Tapi harga mahal tersebut tidak menjadi masalah bagi penggemar batu akik atau Gems Stone. Jenis batu akik juga sangat banyak sekali, salah satunya adalah batu black opal. Batu ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu memiliki jarong. Sayangnya untuk memiliki black opal berkualitas jarong harganya cukup mahal. Tidak semua jenis black opal bisa menghasilkan kualitas jarong.

Proses jarong sendiri bisa terjadi karena di dalam batu terdapat unsur berbagai jenis mineral yang mengkristal. Sehingga ketika batu terkena sinar seolah memantulkan warna warni yang mengkilap. Hal itu terjadi secara alamiah dengan proses yang memakan waktu ratusan tahun. Jika black opal sudah memiliki kualitas demikian, maka jangan heran jika harganya mencapai jutaan rupiah. Memang mahal, tetapi jika Anda tidak memiliki uang yang cukup bisa menggunakan perawatan khusus, sehingga bisa mengeluarkan jarong, harga batu black opal yang seperti ini tentu lebih murah.

Perawatan batu jenis kali maya black opal ini sebenarnya cukup mudah dibandikan dengan Batu Junjung Drajat. Tetapi tetap membutuhkan proses dan rutinitas. Ada beberapa cara yang banyak dilakukan oleh para penggemar black opal. Salah satunya dengan cara merendam dengan minyak kayu putih. Cara ini banyak dilakukan untuk memunculkan efek kristal pada batu. Cara ini sering dilakukan oleh mereka dengan cara membeli batu bongkahan, seperti batu black opal sempur. Harga batu black opal sempur bongkahan tentu lebih murah, selain itu proses perawatan ketika masih bongkahan lebih mudah, sehingga kita bisa memilih ukuran dan corak yang sudah menghasilkan jarong. Harga batu black opal yang lebih murah ini bisa menjadi lahan bisnis baru juga.

Jika perawatan memunculkan jarong berhasil dengan cara ini, tentu harga batu black opal yang tadinya murah, bisa menjadi 3 kali lipat lebih mahal dari harga sebelumnya. Tapi proses yang dilakukan ini membutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai 5 bulan, tergantung pada cepat tidaknya proses jarong. Cara lain yang bisa memunculkan efek jarong adalah dengan di rendam air hujan. Caranya, tampung air hujan dan masukkan ke dalam toples. Masukkan batu dan tutup rapat dan jemur diatas terik matahari langsung. Cara ini juga membutuhkan proses kurang lebih 5 bulan. Jadi, Anda tidak perlu membeli harga batu black opal jutaan rupiah. Hasilnya tidak kalah jarong dengan yang alami.

Banyak usaha untuk bisa menghasilkan jarong pada black opal. Jika kedua cara diatas belum bisa terbukti, maka masih ada cara lain, seperti yang sudah banyak dilakukan oleh penggemar batu. Salah satunya adalah direndam menggunakan cairan isotonik. Entah dari mana mereka bisa menemukan cara demikian, tapi dari beberapa bukti yang ada. Proses perendaman batu menggunakan isotonik cukup terbukti. Jika sudah demikian, maka kita harus berhati-hati ketika membeli batu akik black opal. Kalau tidak jeli, harga batu black opal yang kita beli mahal ternyata bukan kualitas yang baik.

Baca Juga : Batu Kalimaya banten

Saat ini harga batu black opal jarong memang bermacam-macam. Sama seperti batu lain, harganya tergantung kelas dan ukuran. Untuk kualitas biasa, harganya sekitar ratusan ribu sudah berikut cincin. Tapi untuk batu black opal berkualitas yang sudah jarong, harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Jenis black opal yang seperti apa yang Anda inginkan, sebaiknya pertimbangkan dulu sebelum membeli. Sesuaikan dengan kantong Anda tentunya. Harga yang mahal jika dilihat dari kualitas dan hobi bukan lagi menjadi batasan untuk harga akik black opal. Sekian artikel mengenai harga batu black opal dan semoga bermanfaat bagi pecinta black opal dimanapun berada.