Foto Pocong, Mitos Hantu Seram di Indonesia

Melihat Foto Pocong bagi sebagian besar orang tentu merupakan hal yang mengerikan. Terutama jika Mitos Hantu Seram di Indonesia ini terlihat seperti kenyataan atau asli. Namun ada beberapa orang yang sudah terbiasa melihat pocong, sehingga melihat fotonya juga bukan hal yang mengerikan. Pocong sendiri merupakan salah satu hantu di Indonesia yang banyak ditakuti. Sosok pocong sendiri mirip seperti mayat yang sudah dikafani. Sebenarnya ada banyak kesalahpahaman mengenai pocong yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja kesalahpahaman tersebut, simak uraian blog Aktual.ID berikut ini.

Mitos Tentang Pocong di Indonesia

Ada banyak sekali mitos-mitos mengenai pocong di Indonesia. Beberapa di antaranya merupakan kesalahpahaman karena kurangnya pengetahuan mengenai ilmu agama. Langsung saja, berikut adalah mitos-mitos mengenai pocong di Indonesia:

1. Tali pocong

Menurut mitos yang dipercaya masyarakat Indonesia, penyebab adanya pocong adalah karena tali pocong yang tidak dilepaskan. Ketika pemakaman, tali pocong memang harus dilepaskan namun beberapa orang lupa untuk melepaskannya. Menurut mitos yang berkembang, pocong merupakan mayat yang gentayangan meminta agar tali pocongnya dilepaskan. Hal tersebut hanya mitos belaka, namun sebagian besar masyarakat Indonesia mempercayainya.

2. Ulah dukun

Mitos lain mengenai pocong yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia yaitu adanya pocong adalah karena ulah dukun. Pocong tersebut dipercaya merupakan kiriman dari dukun untuk menakuti orang-orang tertentu. Bahkan banyak orang yang percaya bahwa pocong tersebut dapat menyebabkan kematian bagi korban (orang yang ditakut-takuti).

3. Gentayangan

Tidak jarang orang yang memamerkan foto pocong atau foto yang di dalamnya terdapat sosok pocong. Banyak orang yang mempercayai bahwa pocong tersebut merupakan arwah yang gentayangan. Menurut mitos yang beredar, pocong tersebut merupakan arwah dari korban-korban kejahatan seperti pemerkosaan dan pembunuhan.

4. Jin kafir

Mitos-mitos tersebut hanya sekedar mitos yang tidak memiliki dalil. Menurut para ulama, pocong bukanlah arwah gentayangan atau mayat yang lupa tidak dilepas tali pocongnya. Pocong adalah hantu jelmaan jin yang tujuannya adalah untuk menggoda iman manusia. Pada dasarnya, jin dapat menyerupai apa saja dan pocong adalah salah satunya.

5. Melayang

Banyak orang yang menggambarkan pocong bergentayangan dengan cara melompat-lompat. Namun pada kenyataannya, pocong bergentayangan dengan cara melayang. Pocong tidak melompat-lompat, tetapi melayang atau terbang untuk menghantui orang-orang. Berbeda jika Anda melihat orang yang kesurupan hantu pocong. Maka Anda akan melihatnya melompat-lompat, pasalnya orang yang dirasuki tidak mungkin terbang. Menurut mitos, untuk menghindari pocong Anda dapat tiarap atau menempelkan badan Anda ke tanah. Atau Anda juga dapat berlari dengan cara berkelok-kelok.

Tanda-Tanda Penampakan Pocong

Melihat Foto Penampakan Hantu saja sudah membuat merinding atau ketakutan, apalagi harus melihatnya sendiri. Itulah yang dipikirkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia yang memang takut melihat hantu lemper ini. Menurut mitos, sebelum menampakkan dirinya pocong akan memberikan tanda-tanda yang dapat dirasakan. Berikut adalah tanda-tanda adanya penampakan pocong yang dapat Anda ketahui:

1. Perasaan aneh

Perasaan seseorang memang dapat berubah kapan saja, di mana saja dan karena apa saja. Salah satu tanda adanya penampakan pocong yaitu adanya perasaan aneh. Perasaan ini akan terasa begitu luar biasa, bahkan tidak jarang orang akan merasa merinding dan bulu kuduknya berdiri. Anda juga dapat merasakan suhu ruangan yang terasa begitu dingin atau begitu panas. Perasaan aneh akan sangat terasa jika seseorang sedang sendirian. Orang tersebut akan merasa seperti ada orang lain yang sedang mengawasi dirinya. Hal tersebut tentu membuat jantung berdebar kencang dan bahkan berkeringat.

2. Suara aneh

Tanda lain adanya penampakan pocong adalah adanya suara-suara aneh. Contohnya saja seperti suara orang tertawa, menangis, berbisik dan suara-suara yang terdengar samar. Suara aneh lainnya yang dapat menjadi pertanda adanya pocong yaitu suara benda jatuh, ketukan dinding dan lain sebagainya. Bahkan suara aneh dengan ritme teratur sebanyak 3, 7 atau 9 kali juga merupakan pertanda penampakan pocong.

3. Bau aneh

Pertanda adanya penampakan pocong yaitu terasa bau-bauan yang tidak biasa. Menurut ulama, bau pocong akan terasa anyir atau bahkan busuk yang tidak tertahankan. Jika seseorang sudah mencium bau busuk yang tidak sedap tanpa sebab yang pasti, kemungkinan ada pocong di sekitarnya.

4. Benda bergerak sendiri

Benda mati yang tidak dialiri energi listrik tentu mustahil dapat bergerak sendiri. Dengan catatan tidak terkena angin ataupun tidak sengaja tersentuh. Jika ada benda yang tiba-tiba bergerak sendiri, jatuh ataupun pindah tempat maka kemungkinan ada penampakan pocong.

5. Anjing menggonggong

Memang benar adanya jika anjing menggonggong adalah salah satu pertanda adanya hantu muncul. Jika tiba-tiba anjing menggonggong terus-menerus dan terlihat tidak wajar, itu dapat menjadi pertanda adanya penampakan pocong. Anjing memang merupakan salah satu hewan yang dapat mengetahui adanya makhluk halus, termasuk pocong. Selain anjing, keledai juga dapat melihat makhluk halus yang berupa jin dan setan.

Foto – Foto Pocong

Gambar Pocong Pocong Asli Pocong Lucu Pocong Rame Pocong Uang

Asal-Usul Pocong dan Penjelasannya

Setelah membaca uraian tersebut, bagaimanakah pandangan Anda mengenai hantu pocong? Banyak orang yang masih meragukan adanya pocong. Ada juga yang sangat mempercayainya dan ada juga yang sangat percaya bahwa pocong itu tidak ada. Menurut para ulama, pocong memang ada namun seperti yang sudah dijelaskan. Sosok pocong memang ada, namun pocong bukanlah arwah yang gentayangan. Asal usul pocong juga bukan mayat yang lupa dilepas tali pocongnya dan meminta untuk dilepaskan. Keyakinan mayat yang kembali ke rumah atau bergentayangan sendiri merupakan keyakinan jahiliyah atau perbuatan dosa.

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa orang yang sudah meninggal tidak akan ada di dunia tetapi akan berada di alam barzakh. Alam barzakh sendiri merupakan alam pemisah antara orang yang sudah meninggal dan orang yang masih hidup di dunia. Jadi keyakinan masyarakat bahwa pocong adalah jelmaan ruh dari orang yang sudah meninggal adalah kesalahan yang fatal. Bukan hanya kesalahan tetapi juga sebuah dosa karena merupakan kepercayaan jahiliyah. Sekali lagi, pocong adalah jelmaan jin yang ingin menggoda iman manusia. Jin ingin dirasakan manusia, baik dengan didengar, dilihat ataupun diraba.

Jin dapat menjelma menjadi bentuk apapun sehingga memungkinkan untuk dilihat manusia. Jadi pada dasarnya, pocong atau hantu-hantu lainnya memang ada. Di dunia ini tidak hanya ada makhluk kasar (manusia) saja tetapi juga ada makhluk halus. Makhluk halus tersebut dapat melihat makhluk kasar dari tempatnya. Namun makhluk kasar tidak dapat melihat atau merasakan kehadiran makhluk halus. Namun beberapa orang dengan kemampuan lebih memang dapat melihat makhluk halus atau bahkan dapat berinteraksi langsung. Setiap orang yang dibuka mata batinnya dapat melihat makhluk halus.

Jika Anda ingin melihat makhluk halus, baik pocong atau hantu lainnya maka mintalah untuk dibukakan mata batin Anda. Makhluk halus dan makhluk kasar pada dasarnya hidup berdampingan. Sudah menjadi tugasnya iblis untuk menggoda iman manusia, termasuk pocong yang bergentayangan. Pocong yang bergentayangan bertujuan untuk menakut-nakuti manusia dan menguji imannya. Manusia dengan iman yang kuat tentu tidak akan takut dengan pocong. Di mana pocong adalah makhluk halus dan makhluk halus adalah sama-sama ciptaan Allah SWT. Akan tetapi banyak orang yang merasa takut ketika melihat foto pocong atau melihatnya langsung.

Baca Juga : Foto Kocak Bikin Ngakak dan Foto Luna maya