Daftar Klub Terkaya di Dunia dan Pemiliknya

Aktual.ID (Klub Terkaya di Dunia) – Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang memiliki banyak peminat diseluruh belahan dunia. Begitu juga di Indonesia, banyak orang menyukai olahraga yang satu ini atau hanya sekedar rajin menonton setiap pertandingan yang digelar. Apalagi jika Anda memiliki tim kesayangan yang selalu Anda dukung, pastinya Anda juga tidak akan melewatkan setiap pertandingannya bukan?

Tak hanya berkutat dalam hal pertandingan dan kelebihan-kelebihan para pemain dalam klub sepak bola kesayanganmu saja. Ada pula prestasi lainnya yang harus Anda simak seputar klub sepak bola idola Anda. Apakah klub sepak bola Anda termasuk ke dalam daftar klub terkaya di dunia atau tidak. Artikel ini akan mengulik lebih jauh mengenai klub sepak bola mana saja yang termasuk ke dalam daftar 10 klub terkaya dan memperkenalkan pemilik klub tersebut pada Anda.

10 Klub Terkaya Di Dunia Dan Kekayaannya

Meskipun ada banyak sekali klub sepak bola yang cukup dikenal namanya, namun majalah Forbes hanya memasukan 10 urutan klub sepak bola terkaya berdasarkan segala macam aset yang dimiliki. Beberapa klub itu adalah:

  1. Real Madrid

Apakah Anda seorang Madridista? Klub yang satu ini diklaim sebagai klub terkaya di dunia karena memiliki penghasilan yang paling besar dibandingkan dengan klub sepak bola lainnya di Dunia. Real Madrid terhitung memiliki kekayaan sebesar 3,26 milliar dollar Amerika. Tak heran jika klub ini akhirnya menjadi klub sepak bola yang menempati urutan pertama dalam daftar klub terkaya dalam olahraga sepakbola.

  1. Barcelona

Yang berada di urutan kedua adalah Barcelona football club. Club yang juga dikenal sebagai Barca ini berbasis di kota Barcelona, Kataloni, di Spanyol. Klub yang satu ini seringkali menjadi saingan real Madrid dalam hal prestasi hingga kekayaan. Namun kini Barca menempati urutan kedua klub sepak bola dengan kekayaan 3,16 miliar dolar Amerika.

  1. Manchester United

Klub sepak bola lainnya yang ada di urutan ketiga dalam daftar klub terkaya adalah Manchester United. Klub yang memiliki julukan The Red Devil ini memiliki kekayaan mencapai 3,10 milliar dollar Amerika. Berbasis di Old Trafford, Manchester, klub ini bukanlah merupakan satu-satunya klub sepak bola besar yang berasal dari sana.

  1. Bayern Munich

Yang satu ini merupakan klub sepak bola terbesar dari Jerman. Sesuai dengan namanya, Bayern Munich berbasis di kota Munchen, Jerman dan terdaftar sebagai klub sepak bola dengan kekayaan senilai 2,35 milliar dollar Amerika.

  1. Manchester City

Memiliki kekayaan senilai 1,38 milliar dollar Amerika membuat klub yang satu ini menjadi klub ketiga dalam daftar klub terkaya di dunia.  Klub ini bukan merupakan satu-satunya dari Manchester. Ada lagi Manchester United yang sama-sama bermarkas di stadion Etihad.

  1. Chelsea

Dari Manchester, beralih ke London tepatnya di Fulham. Ada sebuah klub bernama Chelsea yang merupakan sebuah klub yang dibentuk sejak tahun 1905. Saat ini Chelsea juga tengah berkompetisi di Liga utama Inggris. Chelsea juga menjadi salah satu klub terkaya dengan kekayaan mencapai 1,37 milliar dollar Amerika.

  1. Arsenal

Diurutan ke tujuh ada Arsenal atau klub yang sering dikenal dengan sebutan The Gunners. Klub yang satu ini merupakan klub sepak bola yang bermarkas di kawasan Holoway, London. Arsenal menjadi klub ketujuh terkaya dengan kekayaan mencapai 1.31 milliar dollar Amerika.

  1. Liverpool

Klub yang juga biasa disebut dengan the reds ini merupakan salah satu klub asal inggris dan tengah berkompetisi di Liga Utama Inggris. Sesuai namanya, Liverpool berbasis di kota Liverpool dan menempati urutan kedelapan klub bola terkaya dengan kekayaan mencapai 982 juta dollar Amerika.

  1. Juventus

Jika Anda seorang Juventini atau Juvedona, tentunya Anda sangat mengenal klub bola yang satu ini. Juventus merupakan klub sepak bola yang berbasis di Turin, Piedmont. Didirikan tahun 1897, klub ini menjadi klub yang menempati urutan kesembilan dari sepuluh klub sepak bola terkaya didunia dengan aset senilai 837 juta dollar
Amerika.

  1. AC Milan

Klub yang kesepuluh alias yang terakhir adalah AC Milan. Klub asal Jerman ini memiliki kekayaan senilai 775 juta dollar Amerika dan menjadi klub yang terakhir yang menutup daftar klub terkaya di dunia tahun 2015 ini.

Pemilik-Pemilik Klub Terkaya di Dunia

Setelah mengetahui klub-klub mana saja yang masuk ke dalam daftar klub terkaya, tentunya Anda juga penasaran bukan siapa pemilik dari klub tersebut yang pastinya tidak kalah kayanya. Nah, berikut ini adalah 10 sosok pemilik klub terkaya di dunia yang bisa Anda simak.

  1. Amancio Ortega

Amancio Ortega adalah pemilik dari sebuah klub bola asal Spanyol bernama Deportivo La Coruno. Meskipun bukan tergolong klub besar jika dibandingkan dengan 10 nama klub bola terkaya tadi, Ortego memiliki kekayaan mencapai 37,5 miliar dollar, atau setara dengan 36o triliun rupiah. Meskipun sudah berusia 76 tahun, Ortega masih aktif di dunia bisnis termasuk menjadi pemilik dari salah satu merk fashion terkenal yaitu ZARA.

  1. Malcolm Glazer

Meskipun klub bola yang dimilikinya tak lagi menjadi klub terhebat atau terkaya, Malcolm Glazer tetap tergolong sebagai pemilik klub terkaya yang saat ini juga memiliki klub American Football. Glazer juga merupakan seorang pebisnis yang berasal dari kota New York dengan kekayaan mencapai 3,6 milliar dollar atau setara dengan 34 triliun rupiah.

  1. Roman Abramovich

Sosok yang satu ini merupakan pemilik dari klub bola terkaya yang menempati urutan keenam dalam daftar klub terkaya di dunia. Roman Abramovich adalah pemilik klub bola Chelsea sekaligus seorang pebisnis dalam bidang pertambangan minyak dan seorang politikus berdarah Rusia. Roman tercatat memiliki kekayaan mencapai 12,1 dollar atau senilai 116 triliun jika dirupiahkan.

  1. Silvio Berlusconi

Siapa yang tak kenal AC Milan, klub elit asal Itali ini telah menjadi sebuah klub elit berkat pemiliknya Silvio Berlusconi. Silvio juga merupakan mantan perdana menteri Itali dan seorang raja media dengan kekayaan senilai 5,9 milliar dollar atau setara dengan 56 triliun rupiah.

  1. Fransisco Pinault

Klub yang dimiliki Pinault memang tidak sepopuler AC Milan. Namun kesuksesan Pinault bisa menginspirasi banyak orang. Pinault adalah pemilik klub Renners dengan kekayaan mencapai 13 miliar dolar atau senilai 185 triliun rupiah. Pinault cukup menginspirasi karena kesuksesannya dicapai meskipun dia hanya berpendidikan hingga SMA.

  1. Alisher Usmanov

Alisher Usmanov memang bukan merupakan pemilik satu-satunya Arsenal. Dia hanya memiliki sekitar 29 persen saja dari total keseluruhan saham Arsenal. Namun pebisnis Rusia yang memiliki keturunan Uzbekistan ini memiliki aset dalam industri baja serta telekomunikasi. Kekayaannya tercatat mencapai 174 triliun rupiah.

  1. Philip Anschutz Pemilik LA Galaxy

Tercatat memiliki kekayaan senilai 73 triliun, Philip Anschutz adalah pemilik klub bola LA Galaxy serta seorang investor di beberapa perusahaan. Meskipun sudah berusia 72 tahun, pria berdarah Kansas ini masih aktif di dunia bisnis dan masih terus menambah angka kekayaannya.

  1. Lakshmi Mittal

Mittal saat ini memang bukan satu-satunya pemilik dari klub Queens Park Ranger, namun Mittal memiliki 34 persen saham pada klub tersebut. Selain itu dia juga tengah menggeluti bisnis baja dan memiliki kekayaan senilai 20,7 miliar dolar atau senilai 199 triliun rupiah.

  1. Rinat Akhmetov Pemilik Shaktar Donetsk

Tak hanya seorang pemilik dari klub Shaktar Donetsk, Akhmetov juga merupakan seorang pengusaha baja yang berasal dari Ukraina. Saat ini Shaktar memiliki kekayaan senilai 16 milliar dollar atau setara dengan 153 triliun rupiah.

  1. Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan

Manchester City memang merupakan klub bola besar asal Manchester namun pemiliknya ternyata adalah Sheikh Mansour yang merupakan anggota dari kerajaan Uni Emirat Arab. Dengan usia yang baru 39 tahun, Sheikh Manspur bin Zayed Al Nahyan ini memiliki aset dan kekayaan pribadi yang nilainya mencapai 4,9 miliar dollar atau setara dengan 47 triliun rupiah.

Itu tadi daftar klub sepak bola terkaya di dunia serta beberapa pemilik klub terkaya di dunia yang semoga menginspirasi. Tentunya menarik bukan untuk dapat mengetahui siapa-siapa saja sosok pemilik dari klub-klub besar ternama yang menjadi idola Anda. Sekian dan semoga bermanfaat.