Contoh Pidato Perpisahan Terbaru 2016

Aktual.ID (Contoh Pidato Perpisahan) – Perpisahan adalah sebuah momen yang penting dimana semua emosi perasaan seseorang bercampur aduk baik itu adalah perasaan senang dan juga sedih. Di dalam dunia Pendidikan, pada umumnya perpisahan sudah biasa terjadi dimana acara tersebut diisi dengan orang-orang dari suatu sekolah itu berkumpul dan saling berbagi mengenai semua hal-hal yang sudah dilewati bersama. Dan salah satu hal yang tidak mungkin ketinggalan yaitu adalah Pidato. Pidato merupakan peranan penting dalam perpisahan. Karenanya, sebuah naskah pidato tidak boleh dibuat sembarangan, anda harus tahu penggunaan Paragraf Deduktif, Majas dan Teks Eksplanasi serta lain sebagainya. Mengingat hal tersebut, tidak semua orang pandai menyusun naskah pidato perpisahan. Bagi Anda yang merasa bingung bagaimana cara membuat naskah pidato perpisahan berikut adalah beberapa Contoh Pidato Perpisahan:

1. Contoh Pidato Perpisahan untuk Siswa SD

Bagi Anda yang masih menduduki bangku sekolah dasar dan akan menyusun naskah pidato, berikut adalah contoh pidato perpisahan bagi siswa SD.

Assalamualaikum Wr. Wb..

Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberi kesempatan kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat wal’afiat amin Ya Robbal ‘Alamin.

Para hadirin yang saya hormati dan saya cintai, pertama tama ijinkan lah saya untuk mewakili teman-teman semuanya untuk menyampaikan sebuah amanat dalam rangka kegiatan perpisahan ini. Tak terasa sudah waktu 6 tahun kita berada disini telah terlewatkan. Dan kini semua keceriaan yang telah kita lewati bersama akan segera menjadi sepenggal kenangan di masa depan. Tak lupa kami juga sangat berterima kasih kepada para guru yang telah rela mengorbankan waktunya untuk mengajarkan kami mengenai apa itu arti dari sebuah perjuangan demi mencapai tujuan kehidupan yang sebenarnya. Tanpa mereka, kami bukan lah apa-apa. Semoga apa yang telah kita dapatkan disini dapat menjadi ilmu yang dapat bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

2. Naskah Pidato untuk Siswa SMP

Bagi Anda yang masih menduduki bangku sekolah menengah pertama dan akan menyusun naskah pidato, berikut adalah contoh pidato perpisahan bagi siswa SMP.

Assalamu’alaikum Wr. Wb..

 Pertama tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberi kesempatan kepada kita semua sehingga kita dapat hadir di tempat ini di acara perpisahan kelas 9 [NAMA SMP] tahun ajaran [periode pembelajaran] pada pagi ini dalam keadaan sehat wal’afiat amin Ya Robbal ‘Alamin.

Selamat pagi bagi para hadirin sekalian. Yang terhormat [Bapak/Ibu] kepala sekolah [NAMA SMP] beserta guru-guru yang kami hormati, dan juga bagi para orang tua siswa [NAMA SMP] yang berbahagia dan juga tak ketinggalan teman-teman yang saya cintai.
Saya berada disini adalah dengan tujuan untuk mewakili teman-teman semuanya dengan menyadari bahwa kami selama menjadi siswa di [NAMA SMP], pastinya secara sengaja ataupun tidak kami pernah membuat para guru merasa kecewa, sedih ataupun marah. Maka dari itu saya selaku mewakili teman-teman sekalian ingin menghaturkan permohonan kami kepada bapak dan ibu guru sekalian semoga pemberian maaf yang tulus dari hati bapak dan ibu guru.

Pada kesempatan kali ini saya juga ingin mewakili teman-teman untuk mengucapkan maaf kepada bapak, ibu, ayah, dan bunda kami atas kesalahan-kesalahan yang kami lakukan secara disengaja ataupun tidak kami sengaja. Saya beserta teman-teman ingin mengucapkan terimakasih kepada bapak dan ibu guru dan juga orang tua kami yang telah rela mendidik kami supaya menjadi siswa dan sekaligus seorang anak yang disiplin dan mampu berprestasi. Dan tak lupa pula kepada semua teman-teman yang saya cintai, telah tiga tahun lamanya kita telah bersama sama. Tentunya kita pernah melewati berbagai macam perasaan, baik itu perasaan suka maupun perasaan duka yang telah dalang menghampiri selama kita menuntut ilmu disini.

Dan tentunya semua hal tersebut tidaklah dapat begitu saja terlupakan dan menjadi kenangan tersendiri bagi kita dan dapat diceritakan kembali kepada anak cucu kita. Maka dari itu, dalam kesempatan ini, saya disini ingin ucapkan selamat berpisah kepada teman-teman semua, dan selamat tetap semangat bagi teman-teman yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Semoga dalam acara perpisahan ini dapat menjadi kenangan indah selama lamanya.

Demikian pidato dari saya, jika dalam menuturkan kata terjadi kesalahan, saya memohon maaf yang sebesar besar nya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb..

3. Naskah Pidato untuk Siswa SMA

Bagi Anda yang masih menduduki bangku sekolah menengah pertama dan akan menyusun naskah pidato, berikut adalah contoh pidato perpisahan bagi siswa SMA.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada bapak dan ibu guru yang saya hormati, serta teman-teman semua yang saya cintai. Pertama tama marilah kita bersama-sama memanjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan hidayahnya lah kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apapun.

Selamat pagi bagi para hadirin sekalian. Yang terhormat [Bapak/Ibu] kepala sekolah [NAMA SMA] beserta guru-guru yang kami hormati, dan juga bagi para orang tua siswa [NAMA SMA] yang berbahagia saya dan juga tak ketinggalan teman-teman yang saya cintai,  ijinkanlah saya mewakili teman-teman sekalian untuk menyampaikan pesan-pesan dalam rangka perpisahan ini. Tak terasa sudah waktu 3 tahun kita berada disini telah terlewatkan. Dan kini semua keceriaan yang telah kita lewati bersama akan segera menjadi sepenggal kenangan di masa depan. Dan pada hari ini lah sebuah puncak yang sebenarnya telah terjadi, kita semua harus berpisah dan tidak akan ada lagi kebersamaan yang selalu kita jalin bersama dan suatu kekompakan yang selalu kita laksanakan.

Tak lupa kami juga ingin berterima kasih kepada bapak dan ibu guru yang telah mengajari kami apa itu arti dari sebuah perjuangan. Hingga sampai saat ini beliau-beliau mampu mengantarkan kita pada akhir gerbang untuk menuju pada kehidupan yang sebenarnya. Tanpa beliau-beliau, kami bukanlah apa-apa,  meskipun banyak hal yang diajarkan pada kami sampai terkadang kami merasa penat, jenuh, lelah dan berbagai sifat menjengkelkan lainnya, tetapi dengan sabarnya mereka mau membimbing kami dan mengayomi kami hingga pada akhirnya sampailah kami pada titik ini. Mudah-mudahan dengan terlaksananya acara perpisahan ini dapat mempererat kekompakan dan tali silaturahmi yang selalu terjaga. Semoga saja perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya.
Sekian pidato yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

4. Naskah Pidato untuk Orang yang Sudah Bekerja

Bagi Anda yang telah bekerja dan akan berencana berpindah tempat kerja tentu saja ada beberapa hal yang ingin Anda sampaikan kepada rekan-rekan kerja Anda. Berikut adalah contoh pidato perpisahan bagi orang yang sudah bekerja.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pertama tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberi kesempatan kepada kita semua sehingga kita dapat dan mampu untuk datang dalam acara pertemuan kita yang terakhir ini.

Sebelumnya saya selaku pembicara ingin mengucapkan beribu terima kasih kepada pimpinan, selaku pimpinan yang bersedia menyetujui surat pengunduran diri yang saya ajukan beberapa hari yang lalu.

Walaupun begitu, mungkin keputusan yang saya ajukan adalah hal yang berat untuk diputuskan bagi perusahaan, begitupun saya.

Selanjutnya, saya pun mengucapkan terimakasih kepada teman-teman kerja yang mampu menjadi partner yang baik selama ini. Sudah pasti, kerja sama yang selama ini rekan-rekan kedepankan mampu membesarkan departemen accounting. Disini, saya telah mendapatkan ilmu yang semoga ilmu yang telah saya dapat ini bisa berguna untuk saya pribadi. Sebagai penutup, saya mengucapkan beribu terimakasih untuk perpisahan ini.

Demikianlah salam perpisahan yang bisa saya haturkan dan terima kasih atas perhatian teman-teman sekalian. Semoga setelah perpisahan ini ke depannya perusahaan ini tetap amat dan selalu menjadi lebih baik serta mampu menghasilkan SDA yang berkualitas. Yang jauh lebih baik dan menghasilkan sumber daya manusia yang semakin berkualitas. Dan semoga setelah perpisahan ini, kita dapat terus menjalin silaturahmi yang baik meskipun sudah bekerja sama dalam satu perusahaan lagi.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juga : Contoh Memo Resmi Dan Tidak Resmi dan Contoh Kalimat Fakta dan Opini

Demikianlah Contoh Pidato Perpisahan Terbaru 2016 dan semoga bermanfaat bagi Anda sekalian. Terimakasih telah membaca.