Contoh Memo Resmi Dan Tidak Resmi

Contoh Memo Resmi Dan Tidak Resmi yang digunakan oleh sekolah. Bukan barang asing lagi jika memo digunakan oleh sekolahan. Lantas, apa sebenarnya arti dari memo itu? Memo merupakan sebuah catatan singkat yang diberikan oleh satu orang ke orang lainnya, yang dibuat dengan singkat, padat dan juga jelas. Sebenarnya, memo juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu memo yang bersifat resmi dan yang tidak resmi. Memo yang bersifat resmi biasanya akan diberikan pada sebuah instansi seperti kantor, sekolahan, organisasi atau komunitas. Ini merupakan memo yang akan dibahas pada kali ini. Sedangkan untuk memo yang bersifat tidak resmi merupakan memo yang biasanya digunakan pada saudara, teman, atau sahabat yang sifatnya akrab yang tidak resmi.

Meski dibagi menjadi dua jenis, memo memiliki bagian-bagian yang sama untuk setiap memo yang akan dibuat baik yang bersifat resmi ataupun tidak resmi. Bagian-bagian ini adalah kepala, badan atau isi, dan penutup. Biasanya untuk pada memo resmi bagian kepala akan diisi dengan nama instansi beserta logo dan juga pengirim, misalnya kepala cabang atau kepala sekolah, serta ditujukan kepada siapa. Sedangkan untuk memo yang tidak resmi cukup diisi dengan nama si pengirimnya saja dan juga penerima. Untuk bagian badan atau isi, baik memo yang bersifat resmi ataupun tidak resmi akan diisi dengan pesan yang akan disampaikan kepada si penerimanya.

Yang terakhir adalah bagian penutup. Untuk memo yang bersifat resmi dan tidak resmi pun sama. Pada bagian ini diisi dengan nama si pengirimnya saja. Sebenarnya, memo ini digunakan untuk memudahkan jika ada suatu pemberitahuan yang mendesak oleh suatu instansi atau sekolahan. Untuk kali ini akan membahas mengenai memo yang digunakan oleh sekolah. Biasanya memo yang digunakan oleh sekolah ini akan dikeluarkan oleh sang kepala sekolah kepada guru atau guru kepada muridnya, atau bisa jadi antar guru dengan guru. Hal ini tetap sama saja bertujuan untuk memberikan suatu pemberitahuan mengenai perihal kegiatan sekolah.

Meski terkesan simpel, memo juga harus mengikuti aturan yang ada dan bersifat resmi. Berikut ini, ada beberapa contoh memo yang biasa digunakan oleh sekolah. Contoh memo ini merupakan contoh yang biasanya dipakai oleh sekolah dari kepala sekolah ke guru, guru ke murid, dan kepada antar guru pada sekolah ada di dalam contoh tersebut.

1. Contoh Memo Kepala Sekolah ke Guru

SMA N 3 Purwokerto

MEMO

Kepada: Seluruh Guru Fisika

Diharapkan kepada seluruh Guru Fisika SMA N 3 Purwokerto, untuk mengadakan rapat pada Tanggal 19 November 2015 pukul 13.00, perihal mengenai lomba sains antar sekolah yang akan diadakan satu bulan lagi dari sekarang.

Kepala Sekolah

Di atas merupakan contoh memo yang dikeluarkan oleh Kepala Sekolah kepada seluruh Guru Fisika di SMAN 3 Purwokerto. Berdasarkan memo di atas, sangat jelas bahwa perihal Kepala Sekolah mengeluarkan memo tersebut adalah untuk mengadakan rapat bersama dengan seluruh Guru Fisika di SMA N 3 Purwokerto tersebut. Rapat tersebut akan dilaksanakan pada Tanggal 19 November 2015 pada pukul 13.00 yang artinya jam satu siang. Rapat yang akan dipimpin oleh Kepala Sekolah ini mengenai lomba sains yang akan diadakan satu bulan lagi dari pengeluaran memo tersebut. Sangat jelas terlihat mengenai bagian kepala memo tersebut diisi dengan nama sekolah yang mengeluarkannya. Untuk bagian isi memo diisi dengan perihal rapat yang akan diadakan tersebut. Juga pada penutup terdapat pengirim memo kepada guru fisika.

2. Contoh Memo Antar Guru Sekolah

SMA N 3 Purwokerto

MEMO

Kepada: Seluruh Guru SMA N 3 Purwokerto

Dikarenakannya Kepala Sekolah sedang menghadiri rapat di Dinas Pendidikan, maka dengan sangat terpaksa rapat yang akan dilaksanakan pada siang ini Tanggal 18 November 2015 pada pukul 12.30 dibatalkan. Rapat akan diadakan kembali ketika sudah ada pemberitahuan langsung dari Kepala Sekolah.

Guru Ketua Komite

Diatas merupakan contoh memo yang dikeluarkan oleh Guru Ketua Komite SMA N 3 Purwokerto kepada seluruh Guru yang ada di SMA tersebut. Berdasarkan memo di atas, diketahui bahwa guru tersebut menyampaikan kepada seluruh guru yang ada bahwa rapat yang di jadwalkan pada siang itu Tanggal 18 November 2015 pada pukul setengah satu siang dibatalkan. Hal tersebut dikarenakan Kepala Sekolah sedang menghadiri rapat di Dinas Pendidikan yang tidak bisa ditinggalkan. Untuk itu rapat akan diumumkan kembali ketika sudah ada pemberitahuan langsung dari Kepala Sekolah kepada seluruh Guru yang ada di SMA N 3 Purwokerto. Kerangka pada memo tersebut juga sangat jelas bahwa kepala memo diisi dengan nama SMA, kemudian bagian isi diisi dengan perihal pembatalan rapat, dan yang terakhir adalah penutup diisi dengan pengirim memo tersebut.

3. Contoh Memo Guru Kepada Murid Di Sekolah

SMA N 3 Purwokerto

MEMO

Diharapkan seluruh siswa SMA N 3 Purwokerto dapat berpartisipasi dalam perlombaan kejuaraan olahraga yang akan di laksanakan pada Tanggal 20 November 2015. Adapun jenis olahraga yang dilombakan adalah Sepak Bola, Bulu Tangkis, Lari Maraton, dan Senam Lantai. Pendaftaran bisa dimulai pada hari ini dan ditutup pada tanggal 19 November 2015. Diharapkan seluruh siswa yang memiliki kesehatan yang prima bisa turut berpartisipasi dalam acara ini.

Guru Olahraga

Di atas merupakan contoh memo yang dikeluarkan oleh Guru Olahraga SMA N 3 Purwokerto kepada seluruh siswa yang ada di SMA tersebut. Memo tersebut dikeluarkan dengan maksud memberitahukan kepada seluruh siswa SMA N 3 Purwokerto untuk dapat turut berpartisipasi dalam perlombaan kejuaraan olahraga yang akan diadakan pada Tanggal 20 November 2015. Para siswa SMA N 3 Purwokerto dapat mendaftarkan dirinya pada nomor olahraga sepak bola, bulu tangkis, lari maraton dan senam lantai, semuanya tersebut bisa didaftar pada mulai hari ini hingga Tanggal 19 November 2015. Dihimbau kepada seluruh siswa yang memiliki kesehatan prima bisa turut mengikuti pekan olahraga tersebut. Untuk dari memo di atas sudah bisa sangat jelas dipahami maksud dan tujuan dikeluarkannya memo tersebut, dan dari sisi urutannya pun sudah sesuai dengan aturan yang berlaku untuk memo resmi.

Baca Juga : Pengertian Paragraf Deduktif dan Contoh Teks Eksplanasi

Itulah beberapa Contoh Memo Resmi Dan Tidak Resmi yang digunakan oleh sekolah yang bisa dijelaskan dengan detail. Yang terpenting dari pembuatan memo adalah baik resmi maupun tidak resmi, isi dari memo tersebut bisa langsung dipahami oleh tertuju memo tersebut. Jangan sampai membuat memo yang justru membingungkan dikarenakan membuat bahasa yang tidak efisien dan tidak dimengerti oleh tertuju memo tersebut. Buatlah memo dengan singkat dan padat, sehingga tertuju memo tersebut bisa langsung membaca dan memahaminya dalam sekali waktu. Usahakan jangan menggunakan bahasa dan tulisan yang disingkat karena itu akan memungkinkan membuat tertuju memo akan bingung.