Contoh Kata Sambutan Pidato Sekolah

Aktual.ID (Kata Sambutan) – Contoh Kata Sambutan Pidato Sekolah yang biasa dilakukan di sekolahan bisa Anda ketahui di sini, sebab kali ini akan membahas mengenai hal tersebut. Sebelumnya, ada baiknya Anda memahami apa itu pidato.  Pidato merupakan sebuah tindakan berbicara di depan umum atau orang banyak dengan tujuan untuk menyampaikan pendapat atau bisa juga menyampaikan tentang suatu hal yang berkaitan dengan orang banyak tersebut. Orang yang melakukan pidato ini tidak ada batasan umur ataupun posisi dalam pekerjaan. Semua orang dapat melakukan pidato. Yang terpenting dalam pidato adalah apa yang akan disampaikan ke khalayak ramai harus jelas dan terarah.

Seperti penjelasan di atas, seseorang yang melakukan suatu pidato harus menyampaikan pendapat atau suatu hal dengan jelas dan tidak bertele-tele, walaupun memang tidak sedikit pidato yang memakan waktu lama. Hal ini demi efisiennya waktu dan juga diperhatikannya pembicara oleh orang banyak tersebut yang hadir di dalam suatu rapat atau pertemuan. Untuk menyampaikan sebuah pidato, biasanya pembicara menuliskan inti pembicaraan yang akan ia sampaikan di depan banyak orang. Hal ini dimaksudkan agar pembicaraannya tetap terarah dan tidak menjadi hal yang membosankan. Namun ada pula pembicara yang benar-benar tidak membawa catatan sama sekali. Akan tetapi hal ini sangat rawan pembicaraannya menjadi melebar dan tak terarah.

Tidak sama dengan Memo, Seseorang yang menyampaikan pidato, tidak serta merta langsung menyampaikan apa yang ada dipikirannya langsung begitu saja saat berada di depan umum. Melainkan harus memiliki tata cara yang diikuti. Biasanya dalam pidato di awali dengan salam pembuka oleh si pembicara. Setelah salam pembuka, masuklah pada kata sambutan ini merupakan bagian seperti basa basi menyapa kepada seluruh hadirin yang hadir pada acara tersebut dan yang akan dibicarakan oleh si pembicara tadi. Jika sudah, barulah pembicara masuk kepada inti pembicaraan, pembahasan yang akan diutarakan kepada orang banyak tersebut. Yang terakhir adalah kata penutup yang berisi permohonan maaf dan terima kasih mengenai waktu yang telah diberikan kepada pembicara, lantas salam penutup.

Dengan kata lain, kerangka dalam pidato tersebut ada lima bagian yang terdiri dari salam pembuka, kata sambutan, isi, kata penutup, dan salam penutup. Untuk pembahasan kali ini akan mengenai kata sambutan oleh sang pembicara pada beberapa acara yang akan dilakukan di sekolahan. Pembicara di sini tidak harus Kepala Sekolah yang memang pemegang jabatan tertinggi, namun guru dan siswa pun bisa juga menjadi pembicara untuk menyampaikan sebuah pidato. Hal ini tergantung dari acara apakah yang akan digelar pada sekolah tersebut.

1. Contoh Kata Sambutan Pidato Oleh Kepala Sekolah Saat Upacara

Assalamualaikum wr wb.

Selamat pagi semuanya, salam sejahtera untuk kita semuanya.

Marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, sebab berkatnya kita semua dapat kembali berkumpul di lapangan SMA N 3 Purwokerto ini untuk melakukan upacara bendera yang memang wajib kita lakukan setiap minggunya.

Bapak/Ibu Guru yang saya hormati dan juga anak-anakku siswa SMA N 3 Purwokerto yang saya banggakan……..

Di atas merupakan contoh kata sambutan pidato yang dilakukan oleh Kepala Sekolah SMA N 3 Purwokerto yang disampaikan dalam rangka upacara bendera setiap hari Senin. Berdasarkan kata sambutan pidato di atas, sangat jelas sekali bahwa kata sambutan tersebut berisikan mengenai sapaan kepada seluruh warga di SMA N 3 Purwokerto yang tengah mengikuti upacara bendera di Lapangan SMA N 3 Purwokerto tersebut. Biasanya kata sambutan memanglah tidak terlalu panjang agar tidak menyita waktu pidato secara keseluruhan. Seperti pada contoh kata sambutan pidato di atas, setelah titik-titik tersebut akan langsung bersambung dengan isi pembicaraan yang akan disampaikan Kepala Sekolah kepada seluruh peserta upacara tersebut.

2. Contoh Kata Sambutan Pidato Ketua Osis

Assalamualaikum wr wb.

Selamat Pagi Bapak/Ibu Guru SMA N 3 Purwokerto. Selamat pagi teman-teman SMA N 3 Purwokerto.

Terima kasih telah hadir pada kesempatan kali ini, sebelumnya mari kita panjatkan syukur kepada Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayahnya, kita semua dapat berkumpul di acara pemilihan Ketua OSIS baru SMA N 3 Purwokerto ini.

Bapak/Ibu Guru yang saya hormati serta teman-teman SMA N 3 Purwokerto yang saya cintai, langsung saja……..

Di atas merupakan contoh kata sambutan pidato yang disampaikan oleh Ketua OSIS SMA N 3 Purwokerto kepada seluruh hadirinnya yang berisi Bapak/Ibu Guru dan juga siswa siswi SMA N 3 Purwokerto. Pidato yang dilakukan oleh Ketua OSIS ini dalam rangka acara pemilihan Ketua OSIS yang baru di SMA tersebut. Isi dari kata sambutan pidato tersebut pun sama, mengenai sapaan kepada seluruh hadirin yang hadir pada acara tersebut dengan bahasa yang sopan dan juga tidak terlalu panjang dan bertele-tele. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya setelah titik-titik tersebut akan dilanjutkan dengan isi dari pidato Ketua OSIS tersebut.

3. Contoh Kata Sambutan Pidato Guru Komite

Assalamulaiakum wr wb.

Selamat pagi Bapak/Ibu sekalian.

Terima kasih telah hadir di dalam acara rapat komite pada hari ini. Sebelumnya, marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan yang prima sehingga kita dapat berjumpa kembali untuk membahas mengenai komite sekolah ini.

Bapak/Ibu wali siswa dan siswi yang saya hormati, kita langsung saja akan membahas…

Di atas merupakan contoh kata sambutan pidato yang disampaikan oleh Guru Komite Sekolah kepada seluruh hadirinnya yang berisikan Bapak/Ibu wali siswa dan siswi sekolah tersebut. Pidato yang disampaikan oleh Guru Komite Sekolah kepada para wali siswa siswi SMA tersebut mengenai rapat yang akan diadakan pada hari itu juga. Di dalam kata sambutan yang disampaikan oleh Guru Komite Sekolah sudah sangat pas, sebab tidak terlalu bertele-tele mengingat bahasan yang akan disampaikan selanjutnya sangat penting dan mungkin memakan waktu lama juga terdapat diskusi. Kata sambutan yang dilakukan oleh Guru Komite hanyalah sapaan kepada seluruh hadirin yang hadir saja.

Baca Juga : Pengertian Paragraf Deduktif dan Contoh Kalimat Fakta dan Opini

Itulah ada 3 jenis contoh kata sambutan pidato yang biasa terjadi di dalam situasi sekolah. Contoh di atas hadir Kepala Sekolah, Siswa dan juga Guru sebagai pembicara pidato tersebut. Tidak ada yang salah dengan kata sambutan pada pidato biasanya, hanya saja, contoh di atas merupakan contoh kata sambutan pidato yang sangat simple dan hanya membutuhkan waktu singkat dalam penyampaiannya. Hal ini disebabkan karena tidak inginnya pembicara untuk menghadirkan suasana yang membosankan pada pidato tersebut berlangsung. Jadi, kata sambutan hanyalah semacam sapaan kepada orang yang hadir dan juga ucapan basa basi untuk memulai pembahasan yang akan dibicarakan di depan banyak orang tersebut. Demikianlah pembahasan mengenai contoh kata sambutan pidato yang bisa Anda ketahui untuk tambahan ilmu Anda.