Contoh Kalimat Fakta dan Opini

Aktual.ID (Contoh Kalimat Fakta dan Opini) – Hai adik-adik, kali ini kami akan membahas mengenai Contoh Kalimat Fakta dan Opini Dalam Kehidupan Sehari-hari. Tentu saja kedua jenis kalimat ini sering kali kita temui dalam kehidupan sehari-hari bukan? Baik dalam kehidupan pertemanan maupun dalam kehidupan sosial sehari-hari. Selain itu, di dalam pelajaran bahasa Indonesia di Sekolah kita juga mempelajari mengenai perbedaan dari kedua jenis kalimat ini bukan? Yuk, kita pelajari bersama dan mengetahui apa sih perbedaan keduanya dan contoh kalimat fakta dan opini yang dapat memberikan pemahaman lebih untuk mengenal perbedaan keduanya.

Pengertian Kalimat Fakta dan Opini

Hal yang pertama kita pahami adalah apa sih kalimat fakta itu? Kalimat fakta merupakan sebuah kalimat yang memiliki informasi dari kejadian atau sebuah peristiwa yang bisa dibuktikan kebenarannya. Hal tersebut diambil dari pengertian fakta yang memiliki pengertian sebuah peristiwa atau kejadian yang benar-benar terjadi sesuai dengan kenyataan. Sedangkan kalimat fakta itu sendiri terdiri dari dua jenis yaitu kalimat fakta umum serta kalimat fakta khusus. Kalimat fakta umum merupakan kalimat yang kebenarannya berlaku untuk sepanjang masa. Sedangkan kalimat fakta khusus merupakan kalimat yang memiliki tingkat kebenaran sementara atau dalam jangka waktu tertentu.

Jika kita lihat, kalimat fakta merupakan sebuah kalimat dengan informasi yang valid, maka kita perlu mengetahui mengenai kalimat opini. Kalimat opini sendiri merupakan lawan kata dari kalimat fakta. Kalimat opini merupakan sebuah kalimat yang mengandung gagasan, pikiran, pendapat, dugaan sementara yang masih memerlukan sebuah pengujian dari pernyataan yang akan berlaku di masa yang akan datang. Kalimat opini pun terdiri dari dua jenis, yaitu kalimat opini perorangan dan kalimat opini umum. Kalimat opini perorangan adalah kalimat yang memiliki pendapat ataupun sebuah gagasan yang dikeluarkan secara personal oleh orang tertentu. Sedangkan kalimat opini umum adalah kalimat yang memiliki pendapat yang dapat diakui oleh semua orang.

Demikianlah pengertian dari kalimat fakta dan kalimat opini. Terdapat beberapa perbedaan dari pengertian keduanya. Untuk itu, kita perlu memahami lebih lanjut mengenai perbedaan kalimat fakta dan kalimat opini dengan sebuah contoh. Namun, sebelum kita beralih pada contoh kalimat fakta dan opini, lebih baik kita ketahui terlebih dahulu ciri-ciri dari masing-masing kalimat fakta dan opini itu sendiri. Berikut ulasannya:

1. Kalimat fakta

Kalimat fakta yang merupakan sebuah kalimat berdasarkan informasi dari suatu peristiwa atau kejadian yang sesuai dengan faktanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut, diantaranya adalah:

  • Kebenaran dari kalimat fakta adalah bersifat objektif yaitu kebenarannya tidak memihak pada suatu golongan atau kaum tertentu.
  • Kalimat fakta akan menunjuk pada orang, jumlah, benda bahkan peristiwa serta waktu tertentu dengan data yang valid.
  • Kalimat fakta merupakan jawaban dari pertanyaan apa, siapa, dimana, kapan dan berapa dengan jawaban yang pasti.

2. Kalimat opini

Berbanding terbalik dengan kalimat fakta. Kalimat opini yang merupakan sebuah kalimat yang berdasarkan pada dugaan sementara, argumen pribadi serta dari sebuah pikiran seseorang memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan kalimat fakta. Kalimat opini memiliki ciri-ciri sebagai berikut, diantaranya adalah:

  • Kebenaran dari sebuah kalimat opini adalah bersifat belum pasti dengan ditandai dari penggunaan kata-kata seperti mungkin, bisa jadi, barangkali atau kalimat sejenis lainnya.
  • Kalimat opini memiliki sebuah kalimat yang menyatakan hubungan dari sebab dan akibat.
  • Kalimat opini bersifat subjektif dengan ditandai adanya kata-kata seperti ingin, mau, terasa, mampu dan kalimat sejenis lainnya.
  • Kalimat opini memiliki pernyataan seperti saran, nasihat, dan juga usul.
  • Kalimat opini cenderung memiliki kalimat pengandaian.
  • Kalimat opini yang bersifat subjektif dapat dianggap menjadi kebenaran bagi satu orang namun belum tentu menjadi kebenaran bagi orang yang lain.

Nah, adik-adik demikianlah beberapa perbedaan dari kalimat fakta dan kalimat opini baik dari segi pengertian maupun dari segi ciri-cirinya. Setelah mengetahui mengenai pengertian dan berikut dengan ciri-ciri masing-masing kalimat yaitu antara kalimat fakta dan kalimat opini.

Contoh Kalimat Fakta dan Opini

Sekarang kita akan mempelajari lebih lanjut mengenai contoh-contohnya. Nah, sekarang adik-adik akan belajar mengenai contoh kalimat fakta dan opini. Dengan mempelajari kalimat fakta dan kalimat opini langsung dengan contohnya adik-adik akan cepat memahami perbedaan antara kedua jenis kalimat tersebut. Berikut beberapa contoh yang bisa adik-adik kembangkan sendiri berdasarkan dari contoh yang anda. Diantaranya adalah:

1. Contoh kalimat fakta

  • Harimau merupakan salah satu jenis hewan karnivora yaitu hewan yang gemar memakan daging.
  • Indonesia merupakan Negara kepulauan yang membentang dari Sabang sampai Merauke.
  • Burung Cendrawasih merupakan salah satu burung asli Indonesia yang termasuk dalam hewan yang dilindungi.
  • Presiden Soekarno merupakan presiden pertama Republik Indonesia.
  • Letusan Gunung Krakatau adalah salah satu letusan gunung berapi dengan efek dahsyat yang pernah terjadi di Indonesia.
  • Indonesia terdiri dari 3 zona waktu yang berbeda yaitu zona barat, zona tengah dan zona timur.

Demikianlah beberapa contoh kalimat fakta yang memperlihatkan bahwa dalam setiap kalimat terdapat fakta dan data yang valid. Nah, adik-adik bisa mengembangkan sendiri bukan kalimat fakta tersebut. Apakah adik-adik bisa membedakan mana fakta umum dan fakta khusus?

2. Contoh kalimat opini

Setelah kita melihat contoh-contoh dari kalimat fakta, sekarang kita belajar dalam merangkai kalimat opini. Seperti yang kita tahu kalimat opini adalah kalimat yang berupa dugaan, nah adik-adik bisa melihat contoh kalimat opini dan bisa merangkai sendiri setelah mempelajari contoh yang telah diberikan. Berikut beberapa contoh dari kalimat opini yang bisa adik-adik pahami. Selanjutnya adik-adik bisa menerapkan sendiri kalimat yang mengandung unsur opini di dalamnya. Ingat ya adik-adik, bahwa kalimat opini adalah kalimat yang memiliki unsur pendapat pribadi di dalamnya. Berikut beberapa contoh kalimat opini, diantaranya adalah:

  • Sayur akan bertambah kelezatannya jika diberi sedikit garam dan sedikit penyedap rasa.
  • Jika Indonesia dipimpin oleh kaum yang muda, Indonesia pasti akan menjadi lebih baik dan berkembang.
  • Pengedar narkoba sebaiknya dihukum setimpal dengan perbuatannya seperti dihukum mati agar memberikan efek jera pada pengedar narkoba lainnya.
  • Seorang istri sebaiknya tidak perlu bekerja di luar rumah, seorang istri sebaiknya bekerja di rumah melayani suami dan mendidik anak.
  • Memakan 2 buah apel setiap harinya akan membantu kita terjangkit berbagai penyakit mematikan.
  • Untuk mendapatkan nilai yang bagus pada saat ujian, sebaiknya kamu belajar dengan lebih keras dan lebih rajin.

Dari contoh kalimat opini di atas terlihat bahwa setiap kalimat mengandung unsur subjektif dan opini pribadi.  Apakah adik-adik bisa membuat kalimat opini sendiri berdasarkan contoh di atas?

Baca Juga : Contoh Teks Eksplanasi dan Pengertian Majas

Demikianlah beberapa contoh kalimat fakta dan opini yang dibentuk berdasarkan ciri dan karakteristik dari masing-masing kalimat. Bagaimana adik-adik? Apakah sudah bisa dipahami perbedaan antara kalimat fakta dan kalimat opini berdasarkan contoh di atas. Mudah bukan belajar bahasa Indonesia, karena bahasa ini merupakan bahasa nasional kita yang patut kita cintai. Selamat belajar ya adik-adik.