Ciri-Ciri Batu Kalimaya Yang Asli

Apakah Anda ciri-ciri batu Kalimaya yang asli? Jika tidak, maka Anda wajib menyimak uraian berikut ini. Bagi Anda yang mengoleksi atau menggemari batu akik, tentu Anda sudah tidak asing dengan Batu Kalimaya. Batu akik ini termasuk salah satu batu akik yang cukup populer. Kepopulerannya tidak hanya di Indonesia saja, tetapi juga sampai mendunia. Karena kepopulerannya sampai ke ranah internasional, harga batu akik yang satu ini relatif mahal. Tentunya harga yang dibanderol tersebut sesuai dengan kualitas dari batu akik Kalimaya yang ditawarkan.

Batu Kalimaya Asli

Karena dijual dengan harga yang tidak murah, tentu Anda harus berhati-hati dalam membeli batu Kalimaya. Pastikan untuk membeli produk yang asli, bukan produk imitasi atau tiruan. Ciri-ciri batu Kalimaya asli berikut ini wajib untuk Anda baca dan simak. Jika Anda sampai salah membeli karena Anda tidak mengetahui mana yang asli dan palsu, tentu akan merugikan Anda sendiri. Dengan biaya yang tidak murah, Anda hanya memperoleh batu Kalimaya palsu. Keindahan bahkan khasiat dari batu Kalimaya tidak akan Anda peroleh dari batu Kalimaya palsu. Oleh itu pastikan untuk menyimak uraian mengenai ciri-ciri batu Kalimaya berikut.

Sebelum membahas mengenai ciri-cirinya, tahukah Anda apa saja khasiat dari batu Kalimaya? Bagi Anda yang berniat membeli batu Kalimaya, mengetahui khasiat dan ciri-ciri batu Kalimaya yang bagus memang penting. Batu akik yang satu ini terkenal memang karena keindahannya yang sangat mempesona. Namun selain karena keindahannya tersebut, batu akik ini juga banyak diminati karena khasiat yang dimilikinya. Khasiat tersebut tentu dapat dinikmati oleh para pengguna batu akik Kalimaya. Lalu, apa saja khasiat batu akik Kalimaya yang asli? Membahas ciri-ciri batu Kalimaya yang asli memang tidak lengkap jika tidak membahas mengenai khasiatnya.

Khasiat dari batu Kalimaya yang asli

Ini dia khasiat batu Kalimaya asli yang dapat Anda ketahui:

  • Pembawa keberuntungan atau hoki pada setiap kesempatan
  • Mempermudah menemukan jodoh (bagi orang yang belum menikah)
  • Membantu melancarkan usaha atau bisnis yang sedang dijalani
  • Membantu memancarkan aura, baik kecantikan ataupun ketampanan
  • Menjauhkan pengguna dari serangan penyakit
  • Menjauhkan pengguna dari pengaruh roh yang buruk
  • Membantu pengguna agar tidak memiliki sifat buruk

Selain yang telah disebutkan, masih ada banyak lagi khasiat dari batu akik Kalimaya yang asli. Dari banyaknya khasiat yang dimiliki, tidak heran jika banyak orang yang tertarik dengan batu akik ini.

Ciri-Ciri Batu Kalimaya Yang Asli dan Palsu atau Imitasi

Untuk ciri-ciri batu Kalimaya, ini dia ciri-cirinya yang dapat Anda ketahui:

1. Dingin

Ciri yang pertama dari batu akik ini yaitu terasa dingin, bahkan setelah dipegang dalam waktu cukup lama. Batu Kalimaya akan hangat mengikuti suhu tubuh namun jika diletakkan kembali akan cepat mendingin.

2. Serat

Sama halnya dengan batu akik asli lainnya, ciri-ciri batu Kalimaya yang asli yaitu memiliki serat. Jika Anda menerawang bagian dalam batu, maka dapat terlihat serat-serat tersebut. Serat-serat ini menunjukkan bahwa batu akik tersebut merupakan batu asli hasil bumi. Jika batu akik Kalimaya imitasi akan terlihat lebih mulus dan bahkan tidak memiliki serat sama sekali.

3. Berat

Ciri-ciri batu Kalimaya palsu dapat dilihat dari beratnya jika diangkat. Cobalah angkat batu Kalimaya tersebut, jika terasa ringan maka kemungkinan batu akik tersebut palsu. Batu akik Kalimaya yang asli akan terasa berbobot walau bentuknya yang mungil.

Itulah ciri-ciri dari batu akik Kalimaya asli yang dapat Anda ketahui. Selain itu, batu Kalimaya asli juga memiliki ciri tidak mudah kotor. Jika batu akik ini terkena kotoran maka sangat mudah untuk membersihkannya. Bahkan dengan sekali usap maka kotoran tersebut dapat dibersihkan.

Jenis-Jenis Batu Kalimaya dan Kenali Sifat-Sifatnya

Jenis-Jenis Batu Kalimaya memang tergolong banyak macamnya. Batu kalimaya kini banyak dikenal masyarakat pencinta batu akik. Batu ini tergolong jenis batu permata dengan nilai jual yang tinggi, dengan keindahan di dalamnya. Hal yang paling menarik dan unik yang terdapat dalam batu kalimaya ini adalah pancaran warna pelangi yang membias di dalamnya. Sehingga membuat batu kalimaya banyak digemari pencinta batu akik atau para kolektor. Hanya saja, jenis batu akik kalimaya ini termasuk batu permata rendah karena hanya memiliki tingkat kekerasan 5,5 – 6,5 skala mohs.

Sebelum kita membahas jenis-jenis batu kalimaya, sebaiknya kita kenali sifat-sifat dari batu akik kalimaya yang asli berikut ini:

  1. Segi Pembakaran, Berdasarkan pembakarannya, batu kalimaya ini tergolong batu akik yang tahan terhadap panas maupun api terutama ketika Anda bakar dengan korek api. Maka membuat jenis batu cincin kalimaya ini akan mudah dingin.
  1. Tak Mudah Luntur, Dari segi ketahanan sendiri, jenis batu kalimaya ini tergolong tahan luntur atau tahan terhadap kotoran, seperti cat, minyak dan sejenisnya. Caranya cukup dengan mengelap batu kalimaya jika terkena kotoran. Apabila kotoran tersebut membekas, maka batu kalimaya tersebut palsu.
  1. Berat Batu, Kalimaya yang asli tentunya memiliki bobot yang lebih berat apabila dibandingkan kalimaya buatan.
  1. Serat Batu, Untuk batu kalimaya yang asli biasanya mempunyai serat yang begitu tampak walaupun tidak begitu kuat. Batu kalimaya palsu umumnya berwarna bening dan tidak memiliki serat sedikitpun.

Adapun jenis-jenis batu kalimaya yang perlu Anda ketahui bagi pencinta batu akik, seperti berikut ini:

1. Batu kalimaya kristal air kelapa

Jika Anda pernah melihat batu kalimaya yang berwarna bening dengan warna dasar seperti warna air kelapa, maka batu tersebut dinamakan batu kalimaya kristal air kelapa. Seperti karakteristik jenis batu cincin kalimaya lainnya, batu kalimaya ini memiliki pancaran bias warna berbentuk pelangi. Pancaran tersebut akan muncul saat terkena sinar atau cahaya.

2. Batu kalimaya kristal

Jenis batu kalimaya kristal termasuk Batu Kalimaya Termahal yang sangat mudah untuk dijumpai. Bahkan batu kalimaya kristal ini sudah banyak digunakan oleh orang-orang. Batu ini memiliki background yang bening dengan ciri khas pancaran bias warna pelangi yang berkilau.

3. Batu kalimaya hitam

Salah satu batu kalimaya yang banyak digemari dan diburu para kolektor batu akik adalah batu kalimaya hitam. Batu kalimaya hitam atau disebut juga black opal ini memiliki bentuk yang transparan yang mirip dengan kristal. Batu ini memiliki background hitam pekat yang begitu gelap. Meskipun begitu, batu ini tetap memiliki kemampuan memancarkan cahaya pelangi saat disorot menggunakan cahaya senter.

4. Batu kalimaya kristal kopi

Batu kalimaya yang satu ini memiliki warna yang hitam layaknya warna kopi ketika diseduh, Warna hitamnya ini membuat para kolektor banyak memburunya. Batu akik jenis ini cocok dijadikan perhiasan.

5. Batu kalimaya pelangi

Tak hanya memancarkan bias pelangi saja, batu kalimaya juga memiliki warna pelangi yang begitu khas. Batu Kalimaya banten pelangi ini memiliki warna dasar pelangi yang begitu memukau dan unik. Tak heran jika ada saja orang yang mengincar jenis batu akik yang satu ini.

6. Batu kalimaya Afrika

Tak jauh berbeda dengan batu kalimaya lokal, batu kalimaya dari Afrika ini memiliki warna bening dengan kilauan warna-warna pelangi yang begitu indah memesona. Meskipun begitu, batu kalimaya lokal nampaknya lebih indah jika dibandingkan batu kalimaya mancanegara.

Ya, itulah beberapa Jenis-Jenis Batu Kalimaya yang bisa kita jumpai baik di Indonesia maupun di mancanegara.

Baca Juga Artikel Berikut Ini :

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...