Cara Mengirim File Lewat Email

Cara Mengirim File Lewat Email merupakan salah satu cara dalam mengirimkan file dalam jumlah sedikit atau banyak dengan cepat melalui bantuan teknologi.

Dalam era modern seperti sekarang ini, kehidupan kita tidak lepas dari teknologi dalam setiap kegiatan yang kita jalani dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk dalam hal pekerjaan yang mewajibkan kita untuk mengetahui berbagai teknologi yang semakin maju agar kita tidak ketinggalan dengan rekan kerja lain yang telah fasih menggunakan berbagai macam teknologi. Salah satu hal yang tak lepas dari pekerjaan kita adalah Mengirim file lewat email. Tampak sederhana bagi kita yang telah mengetahui hal ini dari saat kuliah dimana dosen kerap meminta tugas dikumpulkan melalui email.

Mengirim email merupakan salah satu cara bagi kita berkomunikasi di era teknologi yang canggih. Tidak hanya melakukan komunikasi, dalam email kita bisa mengirimkan berbagai macam file dalam berbagai format untuk melengkapi percakapan yang kita lakukan dalam email. Namun, dalam dunia pekerjaan email dipergunakan dalam melakukan berbagai tugas kantor dan tentu saja bahasa yang digunakan dalam percakapan email adalah bahasa formal. Anda juga harus teliti dalam Tips Cara mengirim file lewat email, karena jika Anda tidak teliti maka file tersebut akan berupa file kosong karena belum terupload sempurna.

Berikut kami akan memberikan Anda beberapa tips dan tutorial bagaimana cara Anda mengirimkan beberapa file lewat email dalam mempermudah pekerjaan Anda. Berikut cara mengirim file lewat email yang bisa Anda lakoni, diantaranya adalah:

  1. Pertama sekali yang harus Anda lakukan adalah membuka akun email Anda. Anda bisa menggunakan akun dari yahoo.com atau gmail.com.
  2. Setelah Anda membuka akun email Anda bisa klik compose atau tulis email pada kolom yang telah tersedia.
  3. Kemudian dalam cara mengirim file lewat email selanjutnya Anda bisa memasukkan alamat email yang akan Anda kirimkan file tersebut. Tulis alamat email tujuan di kolom “kepada” yang ada di email Anda.
  4. Lalu pada bagian subjek Anda bisa menuliskan keterangan yang berisikan maksud Anda mengirimkan email.
  5. Kemudian Anda bisa memasukkan file Anda dengan mengklik “attachment file”, pilihlah file yang akan Anda kirimkan dengan mengunggahnya satu per satu. Pastikan cara mengirim file lewat email ini, file telah terupload sempurna sehingga Anda tidak mengirimkan file kosong.
  6. Cek kembali email Anda, jangan lupa untuk memberikan keterangan pada bagian isi email, sebagai pengantar dari file yang Anda kirimkan.
  7. Setelah semua benar, dan file telah terupload dengan sempurna Anda bisa mengklik tombol send, dan tunggulah beberapa saat sampai keluar keterangan “file Anda telah dikirimkan”.

Kelebihan dalam Mengirim file melalui email adalah Anda bisa mengupload file Anda hingga mencapai besaran 25 MB. Jika Anda mengirimkan file dalam jumlah yang banyak, Anda bisa menjadikan file tersebut dalam satu folder kemudian Anda bisa mengkompresnya dengan menggunakan WinRAR dan kirimkanlah file dalam format Zip atau Rar tersebut. Dengan melakukan pengompresan data, Anda bisa mengirimkan file yang semula memiliki besar lebih dari 25 MB menjadi kurang dari 25 MB. Atau Anda bisa mengirimkan data dengan menggunakan Google Drive jika Anda ingin mengirimkan file yang memiliki ukuran lebih besar dari 25 MB.

Baca Juga : Cara Mengirim Fax Melalui Mesin Fax dan Internet

Bagaimana? Cukup mudah bukan Cara Mengirim File Lewat Email. Anda bisa melakukan latihan dengan sering-sering mencoba mengirimkan beberapa email dan file ke teman Anda. Hal tersebut untuk melatih Anda semakin lihai dalam menggunakan teknologi di era yang semakin canggih sekarang ini.