Cara Mengirim Fax Melalui Mesin Fax dan Internet

Cara Mengirim Fax yang bisa Anda lakoni ada dua macam yaitu mengirim fax dengan menggunakan mesin fax biasa atau dengan teknik mengirim fax melalui Internet.

Apakah Anda pernah diminta mengirim surat melalui fax? Apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana bentuk dari mesin fax? Mesin fax merupakan salah satu mesin yang bergabung dengan mesin telepon. Fungsi dari mesin fax ini adalah mengirimkan file dalam bentuk hard copy. Jika email merupakan salah satu perantara untuk mengirimkan data atau file dalam bentuk soft copy. Cara mengirim fax cukup mudah, namun bagi Anda yang belum pernah mengirimkan fax akan cukup membingungkan. Anda akan bingung dibagian mana Anda harus meletakkan kertas file untuk dikirimkan.

Namun, kini Anda tidak perlu bingung lagi jika Anda mendapatkan tugas untuk mengirimkan file melalui fax. Kami akan memberikan beberapa Tips Cara mengirim fax untuk Anda agar Anda tidak lagi merasa kagok dalam mengirimkan file berbentuk hard copy. Yang perlu Anda persiapkan adalah mesin fax dan file yang akan dikirimkan melalui mesin fax yang bekerja layaknya mesin foto copy dimana secara otomatis, file yang Anda kirimkan akan diterima langsung di mesin fax yang Anda tuju. Tekniknya secara sederhana cukup mudah, kami akan memberikan penjelasannya pada Anda.

Berikut beberapa Cara Mengirim Fax Melalui Mesin Fax diantaranya adalah:

  1. Pertama sekali persiapkan file yang akan Anda kirimkan melalui fax.
  2. Setelah file dipersiapkan, masukkan file tersebut ke dalam mesin fax. Masukkan file Anda secara terbalik dimana posisi atas dimasukkan terlebih dahulu.
  3. Kemudian Anda bisa menekan nomor fax yang Anda tuju. Ingat ada dua jenis mesin fax yang biasa ditemui, yang pertama adalah mesin fax murni dan yang kedua adalah mesin fax yang tersambung dengan mesin telepon.
  4. Jika Anda sudah terhubung dengan mesin fax murni, maka Anda bisa menekan tombol start sesaat setelah Anda mendengar nada sambung. Namun, jika mesin fax yang Anda tuju tersambung ke telepon, Anda bisa mengirim file setelah ada yang mengangkat telepon dan Anda telah menyatakan ingin mengirimkan file fax. Kemudian Anda bisa mengirimkan fax dengan menekan tombol start.
  5. Setelah Anda menekan tombol start, maka kertas atau file fax Anda akan berjalan layaknya mesin print. Sebaiknya sediakan kertas untuk report dari fax yang telah Anda kirimkan.

Selain Anda mengirimkan fax melalui mesin fax biasa, kini dengan kecanggihan teknologi, Anda bisa mengirimkan fax dengan online di Internet. Cara mengirim fax secara online cukup mudah, ada berbagai situs yang menawarkan fax secara online. Dan uniknya, kata Aktual.ID, Anda bisa melacak keberadaan fax Anda apakah sudah terkirim atau belum. Pertama sekali Anda bisa memiliki salah satu dari website fax online yang bisa Anda temukan di mesin pencari Google dengan kata kunci yang tepat. Kemudian Anda bisa melakukan pendaftaran untuk bisa mengakses pengiriman fax melalui online.

Selanjutnya pengiriman fax bisa Anda lakukan layaknya Anda mengirimkan email, bedanya adalah alamat yang Anda tujukan adalah nomor telepon fax bukan alamat email. Setelah Anda mengisi nomor telepon fax tujuan, selanjutnya Anda bisa mengunggah file yang akan Anda kirimkan dan pilih negara tujuan dimana Anda akan mengirimkan file beserta nomor teleponnya dan terakhir klik next untuk mengirimkan file yang telah Anda unggah.

Cukup mudah bukan Cara Mengirim Fax Melalui Mesin Fax dan Internet yang bisa Anda lakoni baik dengan menggunakan mesin fax biasa atau dengan menggunakan fax secara online di Internet. Terlihat bagaimana teknologi sangat membantu kita bahkan dalam urusan pekerjaan sekalipun.