7 Cara Mengetahui Emas Asli atau Palsu

Emas Asli – Cara Mengetahui Emas Asli atau Palsu Melalui Ciri-cirinya mungkin mudah untuk pengusaha emas atau para kolektor emas. Namun lain halnya dengan kita sebagai orang awam yang hanya tahu bagaimana memakainya. Melihat keaslian emas tidak semudah seperti ketika membedakan jenis logam. Karena emas merupakan logam mulia yang paling diburu dan memiliki harga yang relatif stabil, maka Anda harus mengenali ciri-ciri dari emas tersebut apalagi jika Anda menjadi salah satu kolektornya. Jangan sampai investasi Anda ini musnah begitu saja hanya karena Anda membeli emas palsu.

Ciri-Ciri Emas Asli dan Cara Mengetahui Emas Palsu

Emas tidak hanya berwarna kuning, karena sesungguhnya ia memiliki ciri-ciri yang hanya diketahui oleh orang yang mau memperhatikannya. Jika Anda membelinya di sebuah toko emas, sangat mungkin emas tersebut asli. Karena penjual emas tidak akan berani menjual emasnya jika itu palsu dengan cara terang-terangan. Cara mengetahui emas asli bisa dilihat dari beberapa ciri fisik, atau ciri yang tak terlihat. Namun demikian, untuk mengetahuinya ada trik tersendiri, dan Anda sebagai pembeli sebenarnya wajib mengetahui hal ini. Karena bukan tidak mungkin jika ternyata toko emas kepercayaan Anda adalah penjual emas palsu. Nah, jika Anda ingin mengetahuinya, simak 7 cara mengetahui emas asli atau palsu berikut ini.

1. Fineness dan karat

Dalam perhiasan emas bagian dalam biasanya akan kita temukan fineness atau cap dengan angka 999.9. Atau bisa juga berbentuk karat yang menandakan kadar emas tersebut. Tanda yang ditunjukkan dengan karat ini biasanya ditandai dengan tulisan 10K, 14K, 18K, 22K, atau 24K. Dan Anda bisa melihatnya pada bagian-bagian tertentu seperti pada bagian dalam cincin dan gelang, bagian sambungan pada kalung atau gelang. Jika tulisan terlihat sangat kecil, maka Anda bisa memastikan cara mengetahui emas asli atau palsu dengan kaca pembesar.

2. Perubahan warna

Cara mudah mengetahui emas asli atau palsu juga bisa dilakukan dengan mengetes perubahan warna. Adapun cara mengetesnya adalah dengan menggosok bagian tertentu pada emas tersebut dengan menggunakan jari. Namun demikian jangan sembarang gosok, karena ada tempat-tempat dimana dapat diketahui dengan mudah keasliannya. Yaitu pada bagian yang sering dipegang oleh tangan atau sering mendapatkan gesekan tangan. Gosoklah dengan menggunakan jari, jika emas tersebut palsu maka akan terjadi perubahan warna yang berbeda. Cara mengetahui emas asli atau palsu dengan cara menggosok ini sangat pas jika diterapkan untuk mengetes emas dalam bentuk batang.

3. Gigit emas

Jika memang emas tersebut asli maka emas akan tergores saat di gigit, dan bahkan bekas gigitan Anda akan semakin dalam apabila emas yang terkandung di dalamnya adalah emas murni 24K.  Namun jika ternyata emas yang Anda gigit adalah emas palsu, maka tidak akan menunjukkan perubahan apapun. Akan tetapi cara mengetahui emas asli atau palsu dengan menggigit ini tidak direkomendasikan karena dapat merusak tekstur dan kondisi fisik emas.

4. Tarik dengan magnet

Cara mengetahui emas asli atau palsu selanjutnya adalah dengan cara menarik emas tersebut dengan menggunakan magnet. Karena bukan logam magnetik, emas tentunya tidak bisa di tarik dengan magnet. Silakan gunakan emas yang besar, sehingga memiliki daya tarik yang cukup kuat untuk menarik benda magnetik. Jika emas Anda tertarik oleh magnet, maka kemungkinan besar emas Anda adalah logam yang dilapisi emas atau warna emas saja. Namun demikian, cara ini juga tidak bisa menjamin seratus persen.

5. Ukur kepadatan emas

Cara mengetahui emas asli atau palsu dengan mengukur kepadatan emas adalah cara yang mendekati sempurna. Pasalnya, massa emas dengan logam lain tidak memiliki kepadatan yang sama. Bahkan jarang ditemukan ada logam yang kepadatannya melebihi kepadatan emas. Anda bisa mengukur berat emas dalam gram dan gunakan timbangan yang presisi, jika bisa gunakan timbangan digital. Adapun caranya yaitu:

  1. Isi gelas yang ada tanda ukuran milimeter dengan air.
  2. Catat jumlah air dalam milimeter sebelum emas di masukkan atau direndam.
  3. Cara mengetahui emas asli atau palsu selanjutnya yaitu ikat emas dengan menggunakan benang, dan celupkan dengan cara di gantung. Catat perbedaan tingkat air setelah emas direndam dan hitung selisih dari sebelum dan sesudah di catat.
  4. Gunakan rumus kepadatan untuk menghitungnya. Adapun rumusnya adalah kepadatan = massa/volume. Jika hasilnya mendekati angka 19 g/ml itu artinya emas asli.

6. Menggoreskan emas

Cara yang mudah untuk mengetahui emas asli atau palsu berikutnya adalah dengan menggoreskan emas pada keramik, batu, atau kertas. Caranya yaitu dengan menggoreskan emas pada keramik pada lantai atau piring, jika terdapat bekas goresan hitam pada keramik artinya emas Anda adalah palsu dan jika tidak terdapat bekas, artinya emas Anda asli.

7. Tes asam

Cara mengetahui emas asli atau palsu selanjutnya adalah dengan menggunakan tes asam. Sedangkan cairan yang digunakan adalah cairan Nitric Acid. Jika Anda merasa kerepotan untuk mengecek dengan menggunakan asam ini, maka Anda bisa minta tolong pada toko emas, dan tunggulah hingga sabar. Namun jika Anda ingin mengujinya sendiri, maka caranya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan wadah stainless steel dan letakkan emas di dalamnya.
  2. Kemudian teteskan satu tetes saja asam nitrat pada emas, lalu tunggulah bagaimana reaksi emas tersebut.
  3. Jika emas Anda adalah asli, maka tidak akan terjadi reaksi apa-apa. Namun apabila berubah dengan warna hijau, maka emas Anda memiliki kandungan besi.
  4. Cara mengetahui emas asli atau palsu dengan menggunakan asam ini terkadang juga bisa menunjukkan warna susu. Ini berarti emas Anda memiliki kandungan logam perak. Namun jika reaksi yang ditimbulkan berwarna emas, maka kemungkinan besar emas Anda mengandung logam kuningan.

Setelah mengetahui beberapa cara untuk mengetes keaslian emas tersebut, maka Anda bisa lebih berhati-hati dengan bisnis yang mengatasnamakan emas batangan sebagai investasi. Karena kini banyak terjadi investasi emas batangan, namun ternyata menipu. Cara mengetahui emas asli atau palsu di atas bisa Anda terapkan jika Anda ingin membeli dalam bentuk batangan.

Untuk mendapatkan keamanan saat membeli emas, maka Anda bisa membelinya di toko emas yang dilengkapi dengan sertifikat. Karena emas yang memiliki sertifikat ini ditanggung keasliannya oleh toko. Bahkan jika Anda mau Anda bisa melakukan tukar tambah di toko tersebut selama Anda beli di toko ini. Biasanya pada toko tertentu juga bersedia melakukan tes cara mengetahui emas asli atau emas palsu. Sehingga Anda bisa melakukan tes di toko ini. Jangan lupa untuk membeli emas pada toko resmi dan simpan bukti pembayaran Anda yang berupa kertas jual beli ini untuk penukarannya.

Baca Juga : Batu Kalimaya banten

Pada kertas ini, terdapat keterangan mengenai kadar emas yang Anda beli dan juga harganya. Selain itu juga telah dilengkapi jenis model emas yang Anda beli sehingga dapat memperkecil kemungkinan untuk salah barang. Demikian 7 Cara Mengetahui Emas Asli atau Palsu yang ini semoga dapat bermanfaat.