Cara Mengetahui Batu Bacan yang Asli dan Palsu

Batu bacan saat ini menjadi salah satu jenis batu mulia favorit para kolektor di dunia. Pada awalnya, batu bacan dihasilkan di Pulau Kasiruta. Tetapi, batu ini lebih dikenal dengan sebutan batu bacan karena Pulau Bacan lah tempat batu ini diperdagangkan.

Batu akik bacan

Berbeda dengan batu merah delima, Batu bacan disebut sebut mampu untuk menyerap senyawa lain di dekatnya. Misal, batu bacan dilekatkan dengan tali pengikat berbahan emas, maka lama kelamaan bahan emas tersebut bakal diserap oleh batu bacan sehingga bagian dalam batu akan ada bintik-bintik emas.

Dengan keistimeswaan tersebut, batu bacan amat banyak disukai masyarakat dan juga harganya terbilang amat mahal, yaitu ada yang mencapai ratusan juta rupiah. Untuk itu, kalau mau mem-beli batu bacan, Kamu mesti berhati-hati. Tidak boleh hingga batu bacan yang dibeli tersebut palsu. Lantas Cara Membedakan Batu Bacan Asli Dengan Yang Palsu?

Cara yang paling gampang untuk Membedakan Batu Bacan Asli Dengan Yang Palsu adalah batu bacan yang telah diproses dengan cara alami bakal nampak mengkilat dan juga keras ketika telah diasah. Selain tersebut, usahakan juga jauhi batu bacan “mati”, yaitu batu bacan yang telah dibentuk men-jadi mata kalung ataupun bola mata cincin. Sebab, kalau telah dibentuk dikhawatirkan prosedur alami pada batu tidak akan lagi berjalan.

Tips Membedakan Batu Bacan Asli Dengan Yang Palsu

Ada juga sejumlah cara yang lain untuk Membedakan Batu Bacan Asli Dengan Yang Palsu adalah sebagai berikut:

  1. Gesekkanlah pada kaca. Batu bacan asli dapat menggores kaca ketika digesekkan.
  2. Bakar. Ketika dibakar, permukaan batu bacan asli bakal nampak seperti minyak dan juga akan hilang ketika dibersihkan. Sedangkan untuk batu bacan palsu bakal meninggalkan bekas yang tidak dapat dihilangkan.
  3. Ditimbang. Timbangkanlah dua batu bacan dengan ukuran yang sama. Batu bacan yang lebih ringan kemungkinan besar ialah batu bacan palsu.
  4. Disenter. Ketika disenter, batu bacan yang terkena cahaya akan menampakkan serat-serat khas yang tidak bisa jadi ada pada batu bacan palsu.
  5. Perhatikanlah perubahan batu. Batu bacan yang asli lama kelamaan bakal berubah warna. Dari hitam, batu bacan bakal berubah men-jadi hijau dan juga seterusnya hingga men-jadi batu yang berwarna bening.

Cara Mengetahui Batu Akik Bacan Asli Lewat HP

Batu akik makin hari makin digemari oleh masyakarat Indonesia. Demi mendapatkan batu akik, Semua orang dapat saja merogoh kocek dari ratusan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah, tergantung jenis batu yang diingini.

Butuh kejelian yang spektakuler dan juga sikap hati-hati untuk dapat mem-beli batu akik sebab harganya yang tergolong mahal.

Wawan Darmawan, berprofesi sebagai Pedagang batu akik di Pasar Dargo, Semarang, Jawa Tengah, mengungkapkan bahwa perbedaan batu akik imitasi dan juga batu akik asli adalah :

“Yang membedakan akik bacan asli tersebut dapat dilihat dari segi uratnya, beratnya, dan juga tingkat kekerasannya. Akik imitasi atau akik palsu kebanyakan tidak memiliki serat, berat dan juga tingkat kekerasannya lebih rendah dari yang batu akik asli, ” katanya.

“Berlian tersebut itu tingkat kekerasannya adalah 10, rubi dan safir berada pada tingkat kekerasan 9, bacan berada pada tingkat kekerasan 6 sampai dengan 7,” terang Wawan Darmawan.

Namun disisi lain, Wawan Darmawan juga mengakui tingkat keaslian batu akik sulit dimengerti oleh sebagian masyarakat awam. Cara mengetahui batu akik asli atau palsu harus benar-benar dikuasali Calon pembeli batu akik.

Sebab begitulah, mem-beli batu akik juga berbicara soal rasa saling percaya yang dipertaruhkan antara calon pembeli dan penjual batu akik yang kian menjamur. “Kuncinya di kepercayaan, ya di kepercayaan masing-masing. Caranya Gimana? minta garansi, kalau palsu dapat dikembalikan, ” Ungkap Wawan.

Menurut Wawan Darmawan, menjaga kepercayaan konsumen adalah suatu hal utama bagi pedagang dan juga pengrajin batu akik. “Kalau ketahuan jual akik palsu, maka hal tersebut dapat dipastikan bakal mengurangi kepercayaan si pembeli. Kita juga malu dengan pedagang yang lainnya, ” beber Wawan lagi.

Nah!! Khusus untuk batu akik bacan, kata Wawan Darmawan, ada cara yang sederhana dan praktis mengenai aslinya ataupun palsunya batu mulia tersebut. Batu akik bacan coba ditempelkan ke layar sentuh tablet smartphone Samsung dan  dipakai untuk menjalankan aplikasi. Hasil kita akan Mengetahui Batu Akik Bacan Asli itu asli kalau Layar itu bergerak.

“Kalau bisa bergerak berarti batu itu adalah asli. Batu Bacan dan Garut Hijau tersebut dapat menggerakkan layar tablet Samsung. Di luar batu Bacan dan Garut Hijau, Ponsel Samsung tidak bisa bergerak,” Ujar Wawan.

Baca Juga Artikel Berikut Ini :

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...