Cara Membuat CV Lamaran Kerja

Aktual.ID – Cara membuat CV harus memenuhi standar yang baik. Terdiri atas daftar riwayat pribadi, latar belakang pendidikan dan pengalaman mengenai Anda sehingga mudah dikenali.

Cara membuat CV lamaran kerja yang baik tentu menjadi salah satu kunci dalam melamar kerja. CV atau Curriculum Vitae adalah daftar riwayat hidup seseorang. Dalam hal ini berarti CV lamaran kerja yang isinya menjelaskan riwayat hidup calon pelamar kerja. Ketika kita akan melamar kerja tentu kita menulis surat lamaran kerja. Selain berisi tentang melamar kerja, surat biasanya dilampiri beberapa berkas salah satunya Curriculum Vitae. Dalam menyusun CV juga tidak asal tulis. Ada urutan yang baik mengenai daftar riwayat hidup pelamar kerja, sehingga CV tersebut bisa dipahami dan memiliki daya tarik tersendiri.

Dalam menyusun CV yang baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti model penulisan, susunan daftar riwayat hidup dan keterangan yang lengkap, sehingga pembaca CV akan mudah mengenali tentang riwayat Anda. Bagi Anda yang sedang mencari contoh dan cara membuta CV, berikut ini kami akan mengulas satu demi satu rangkaian yang dibutuhkan dalam membuat CV. Dengan begitu, Anda semakin mudah dalam membuat CV yang tepat dan menarik perhatian pembacanya. Selain itu, dengan melakukan hal ini akan menjadi salah satu jurus ampuh supaya Anda diterima di perusahaan yang Anda inginkan.

Urutan rangkaian dalam Curriculum Vitae biasanya dibagi atas beberapa sub. Misalnya bagian atas merupakan riwayat pribadi, bagian kedua tentang latar belakang pendidikan, dan ketiga tentang penjelasan yang menjadi daya tarik yang dimiliki Anda. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dalam penjelasan di bawah ini.

Bagian pertama

Bagian pertama dalam membuat CV adalah kepala surat atau kepala curriculum vitae. CV merupakan tulisan yang bersifat resmi layaknya surat resmi seperti lamaran kerja, memberikan keterangan tempat dan tanggal ketika Anda menulis Curriculum Vitae (CV). Posisinya ada dibagian atas pojok kanan atau menjorok ke kanan seperti keterangan tempat dan tanggal pada surat resmi. Cara membuat CV bagian awal ini membuat pembacanya tahu kalau CV masih belum lama dibuat. Selain itu, CV bisa digunakan untuk keperluan melamar pekerjaan di perusahaan yang Anda inginkan tuju ketika melamar kerja.

Bagian kedua

Rangkaian kedua dalam menulis CV adalah tentang latar belakang pribadi Anda, tentang tempat dan tanggal dimana Anda dilahirkan. Isilah data tersebut sesuai dengan KTP dan ijazah yang digunakan sebagai syarat ketika melamar kerja. Selain itu, dalam bagian ini juga menyertakan alamat tinggal dan nomer telepon Anda. Jika Anda memiliki alamat ganda, misalnya seorang pendatang, cantumkan alamat tinggal dan alamat yang tercantum dalam KTP. Cara membuat CV ini juga harus memberikan keterangan agama yang Anda miliki, bagian ini harus diisi dengan tepat dan benar. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan golongan darah dan ciri fisik seperti tinggi badan dan usia terbaru Anda.

Bagian ketiga

Isi bagian ketiga dalam membuat CV adalah daftar riwayat pendidikan Anda. Lengkapi semua riwayat pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi. Sertakan juga nama sekolah berserta tahun masuk dan tahun lulus. Untuk menguatkan bukti daftar riwayat pendidikan, jangan lupa Anda melampirkan foto copy ijazah terakhir atau sesuai syarat dan ketentuan dari perusahaan. Cara membuat CV lamaran kerja dengan menyertakan fotocopy ijazah menjadi bukti valid bagi Anda. Jika Anda seorang lulusan Perguruan tinggi, bisa menambahkan foto copy transkrip nilai untuk menguatkan bukti Anda seorang sarjana perguruan tinggi.

Baca Juga : Cara Kirim Surat Lamaran Kerja Via Email

Pada bagian terakhir, Anda bisa menambahkan daftar prestasi yang Anda miliki. Misalnya peserta olimpiade pendidikan, juara olahraga nasional dan sebagainya. Selain itu Ada juga menambahkan pengalaman organisasi maupun pengalaman kerja yang Anda punya. Demikian beberapa rangkaian yang baik dalam cara membuat CV lamaran kerja.