Cara Membedakan Batu Kalimaya Asli dan Palsu

Aktual.ID – Batu kalimaya yang cantik akan memukau penggemar batu akik. Buktikan keaslian batu kalimaya agar tidak terkena penipuan batu kalimaya sintetis.

Anda merupakan salah satu penggemar batu akik? Tentu saja Anda sudah tidak asing dengan beragam jenis batu akik yang kini tengah naik daun di seluruh pelosok nusantara. Salah satu jenis batu akik yang kini tengah naik daun adalah batu kalimaya. Anda bisa menemukan gambar batu kalimaya ketika mengetikkan kata kunci ini di situs pencarian internet. Begitu banyak jenis batu kalimaya yang bisa Anda lihat hanya melalui gambarnya. Dan tentu saja Anda akan jatuh hati dengan Batu Kalimaya Black Opal ini karena memiliki bentuk dan pola yang indah dengan warna warni bak pelangi.

Batu Kalimaya banten yang terdapat di daerah Banten ini merupakan salah satu jenis batu mulia terbaik yang ada di dunia. Wajar jika batu ini memiliki harga yang cukup tinggi. Hanya dengan melihat gambar batu kalimaya kita dapat mengangguk setuju mengapa batu ini begitu banyak dicari dan diburu oleh para kolektor batu mulia. Lihat saja batu yang mampu merefleksikan warna seperti warna pelangi dengan indahnya akan membuat siapa saja terpesona oleh keindahan batu ini. Belum lagi dengan kualitasnya yang tinggi akan membuat siapa pun percaya diri mengenakannya.

Bahkan artis sekelas Taylor Swift pun menggunakan batu jenis kalimaya atau opal ini dalam penampilannya. Hal ini karena keindahannya yang cantik mampu merefleksikan diri Anda menjadi lebih menarik. Tapi tentu saja Anda harus mengetahui ciri-ciri batu kalimaya asli, walau Anda telah melihat gambar batu kalimaya yang tampak seperti asli. Hal ini penting untuk diketahui, apabila Anda bermaksud melakukan transaksi pembelian online. Agar Anda tidak mudah tertipu hanya dengan melihat dari gambar saja.

Jadi, apa ciri-ciri dari batu kalimaya yang asli? Anda bisa melihat beberapa petunjuk dari batu cincin kalimaya yang Anda beli. Walau batu kalimaya memang menunjukkan batu tersebut asli, tidak ada salahnya Anda untuk mengetahui bentuk dari batu kalimaya yang asli. Berikut adalah Cara Membedakan Batu Kalimaya Asli dan Palsu:

  1. Lakukan pembakaran. Batu kalimaya yang asli lebih tahan terhadap api, dan apabila di bakar akan cepat kembali dingin.
  2. Untuk membuktikan batu kalimaya asli, Anda bisa melakukan tes kotoran. Tempelkan cat atau minyak ke atas batu kalimaya, kemudian usap batu tersebut. Jika tidak meninggalkan bekas maka batu tersebut adalah asli.
  3. Untuk mengetahui batu kalimaya asli Anda bisa melihat serat di dalam batu. Batu kalimaya yang terbuat dari bahan sintetis tidak akan terlihat serat di dalam batunya, sehingga akan terlihat sangat bening. Sedangkan batu yang asli akan terlihat serat didalamnya.
  4. Tes berat batu juga bisa menunjukkan ciri batu kalimaya yang asli. Untuk batu yang terbuat dari bahan sintetis, batu akan terasa lebih ringan dibandingkan dengan batu kalimaya asli yang terasa lebih berat.

Bagi Anda yang melihat gambar batu kalimaya secara sekilas melalui media online akan terlihat seperti batu asli. Namun untuk memastikan batu asli tidak hanya bisa dilihat dari gambar, akan tetapi dengan melakukan beberapa cara seperti di atas untuk membuktikan keaslian dari batu kalimaya.

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara membedakan batu kalimaya asli dengan batu kalimaya palsu, ada baiknya Anda untuk lebih jeli dalam membeli batu kalimaya. Jangan melihat hanya berdasarkan Kegunaan Batu Kalimaya yang sebenarnya adalah palsu, tapi juga dengan membuktikan dengan beberapa cara yang diketahui. Dengan melakukan hal tersebut Anda tidak akan kecewa karena membeli batu kalimaya yang sintetis atau palsu.