Cara Kirim Surat Lamaran Kerja Via Email

Aktual.ID – Cara Kirim Surat Lamaran Kerja Via Email merupakan salah satu tipe pengiriman surat lamaran kerja di era modern dengan teknologi dalam perekrutan karyawan.

Saat ini merupakan saat-saat dari kelulusan mahasiswa yang telah mencapai akhir dari perjalanan menempuh program sarjana. Tentu saja sebagai sarjana baru kita membawa title dan ingin segera mendapatkan pekerjaan sesuai dengan ilmu yang telah diperoleh selama bertahun-tahun di bangku kuliah. Salah satu cara dalam mendapatkan pekerjaan adalah menulis surat lamaran kerja dan mengirimkannya ke berbagai perusahaan atau instansi yang menjadi incaran kamu selama masa duduk di bangku kuliah. Tapi, apakah kamu tahu bagaimana Cara kirim surat lamaran kerja via email sehingga kamu layak dan patut diterima sebagai salah satu karyawan di perusahaan atau instansi impian kamu?

Kebanyakan kesalahan para mahasiswa yang baru lulus adalah cara mengirimkan surat lamaran kerja yang tidak tepat. Sebaiknya kamu mempelajari bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang tepat berikut dengan CV (curriculum vitae) yang berstkamur tinggi sehingga perusahaan akan melihat bahwa kamu layak dijadikan sebagai salah satu kandidat dari karyawan perusahaan atau instansi impian kamu. Kamu juga perlu mempelajari bahwa ada trik dalam cara kirim surat lamaran kerja via email agar email kamu mendapatkan respon serta surat lamaran kamu dibaca oleh pihak HRD perusahaan atau instansi. Tak heran dengan zaman yang semakin canggih, penggunaan teknologi turut mempengaruhi proses perekrutan karyawan baru.

Berikut kami akan memberikan kamu sedikit tips dan trik cara kirim surat lamaran kerja via email agar kamu berhasil minimal dipanggil untuk melakukan test-test berikutnya. Inilah beberapa tips yang kami maksud, diantaranya adalah:

1. Mencontoh Surat Lamaran Kerja di Internet

Hal yang pertama sekali adalah kamu membuat surat lamaran yang benar dengan mencontoh beberapa surat lamaran yang bisa kamu temukan di internet. Sebaiknya gunakan stkamur surat lamaran yang tinggi atau internasional sehingga kamu layak untuk dijadikan sebagai salah satu kandidat calon karyawan. Alangkah lebih baiknya jika kamu menyesuaikan surat lamaran dengan perusahaan dan instansi yang kamu tuju. Tidak ada salahnya melakukan riset terlebih dahulu untuk lebih mengetahui cita rasa dari perusahaan dan instansi tersebut. Demikian juga dengan CV sebaiknya kamu buat semenarik mungkin dan seringkas mungkin.

2. Tahap selanjutnya adalah proses pengiriman surat lamaran via email. 

Dalam Tips Cara mengirim surat lamaran kerja via email sebaiknya kamu menggunakan akun email dengan nama kamu sendiri. Jika kamu memiliki akun email dengan nama yang sedikit lebay, ada baiknya kamu mengganti atau membuat akun baru dengan menggunakan nama kamu sendiri agar terlihat lebih resmi.

3. Membuka Email.

Setelah kamu membuat akun dengan nama kamu sendiri saatnya bagi kamu untuk melakukan pengiriman surat lamaran. Cara kirim surat lamaran kerja via email sama halnya dengan mengirimkan email-email lain, tapi ada beberapa tahapan yang harus kamu ketahui, yaitu:

  1. Bukalah akun email kamu dan tulis alamat email perusahaan atau instansi yang kamu tuju pada kolom “kepada”.
  2. Kemudian pada bagian subjek kamu bisa menuliskan “Lamaran Pekerjaan”.
  3. Kemudian kamu bisa melampirkan file yang dibutuhkan dalam lamaran pekerjaan di attachment file. Upload satu persatu dari semua persyaratan yang dibutuhkan seperti surat lamaran kerja, CV, KTP yang telah discan, serta ijazah dan transkrip nilai dan foto diri kamu sendiri.
  4. Tunggulah sampai semua file terupload sempurna. Di bagian kolom isi email kamu bisa menuliskan kembali surat lamaran kamu secara utuh.
  5. Ketika semua file telah terupload sempurna, ada baiknya kamu cek kembali sebelum kamu mengklik tombol kirim.

Baca Juga : Cara Mengirim File Lewat Email dan Cara Kirim Pulsa XL

Mudah bukan Cara Kirim Surat Lamaran Kerja Via Email? Setelah semua tips diatas kamu lakukan dengan benar, saatnya kamu menunggu proses wawancara atau test selanjutnya. Semoga beruntung.