Panduan Cara Daftar BPJS Cepat dan Mudah

Panduan Lengkap Cara Daftar BPJS Kesehatan Online dan Offline dengan Cepat dan Mudah – Kesehatan adalah sesuatu yang sangat penting bagi semua orang. Dibandingkan dengan harta dan kedudukan, kesehatan menempati posisi yang lebih tinggi. Karena apabila kita memiliki tubuh yang sehat, maka kita bisa melakukan semua aktivitas dengan lancar tanpa kendala apapun yang mengganggu. Akan tetapi tidak semua orang bisa menjalani hidup yang sehat. Beberapa mungkin saja mendapatkan musibah berupa penyakit yang diderita, baik itu penyakit yang ringan, sedang atau pun parah. Ketika hal ini terjadi pengobatan di rumah sakit adalah pilihan yang baik untuk dilakukan. Dengan tujuan untuk mendapatkan perawatan yang baik dan maksimal dari orang-orang yang ahli di bidang kesehatan.

Masalahnya adalah tidak semua orang memiliki biaya untuk bisa berobat ke rumah sakit. Bagi kalangan menengah ke bawah yang serba kekurangan, rumah sakit adalah pilihan yang harus dipertimbangkan dulu. Karena untuk biaya makan saja mereka masih pas-pasan. Untuk itulah pemerintah membuat suatu program BPJS yang bertujuan membantu masyarakat tidak mampu untuk berobat di rumah sakit dengan biaya yang lebih murah. BPJS merupakan singkatan dari Badan penyelenggara Jaminan Sosial yang dibentuk untuk melaksanakan fungsinya sebagai sebuah badan yang mengurusi persoalan jaminan sosial bagi masyarakat Indonesia.

Sekelumit Tentang BPJS Kesehatan

Salah satu program dari BPJS Kesehatan adalah JKN yang kepanjangannya adalah Jaminan Kesehatan Nasional. JKN adalah sebuah program berupa pelayanan kesehatan yang digagas oleh pemerintah yang memakai konsep seperti system asuransi. Bagi warga yang tergabung dan mendaftarkan diri dalam program ini harus melakukan penyetoran sejumlah uang setiap bulannya sebagai jaminan untuk perawatan kesehatan ketika mengalami problem kesehatan yang tidak bisa diduga kedatangannya di masa depan. Program ini aktif sejak tanggal 1 Januari 2014 yang membuat banyak masyarakat mendaftarkan diri supaya bisa mendapatkan jaminan kesehatan yang merupakan inti dari program ini.

Sistem yang digunakan dalam program ini adalah gotong royong, Jadi pembayaran iuran yang dilakukan oleh anggota besarnya tergantung dari kemampuan dan kelas ekonomi mereka. Bisa dikatakan bahwa masyarakat miskin tetap bisa mendapatkan pelayanan yang prima dengan harga murah menggunakan system seperti ini. Sedangkan bagi masyarakat miskin yang tidak mampu membayar iuran BPJS akan masuk dalam kelompok Penerima Bantuan Iuran yang bisa disingkat dengan PBI. Sehingga biaya pengobatan rakyat miskin tersebut akan menjadi tanggungan pemerintah. Dengan demikian, warga tidak perlu lagi risau apabila ingin pergi berobat ke rumah sakit karena sekarang sudah dimudahkan dengan program ini.

Banyak yang bertanya tentang bagaimana cara daftar BPJS. Rupanya masih banyak orang yang tidak tahu proses pendaftarannya seperti apa. Untuk menjawab hal itu, simaklah penjelasan di dalam artikel ini tentang hal tersebut. Sebenarnya pendaftaran BPJS bisa dilakukan dengan dua cara. Yakni mendaftarkan diri secara offline dan juga online. Yang dimaksud dengan pendaftaran offline adalah datang langsung ke kantor BPJS di tempat Anda dengan membawa dokumen yang diperlukan. Apabila Anda memilih cara ini, maka biasanya Anda harus mengantri dengan antrian yang cukup panjang. Karena banyak orang yang pergi ke kantor BPJS, baik untuk mendaftar ataupun meminta layanan.

Lalu, adakah cara yang lebih mudah dan praktis untuk mendaftar BPJS? Tentu saja ada yaitu pendaftaran yang dilakukan secara online. Dengan melakukan hal ini, maka Anda tidak perlu capek mengantri di kantor BPJS karena Anda cukup duduk di depan laptop atau gadget untuk mendaftarkan diri menjadi anggota BPJS. Hal ini merupakan salah satu kemudahan di era modern seperti saat ini. Perkembangan teknologi sangat membantu manusia di dalam berbagai aspek kehidupan. Termasuk dalam urusan kesehatan khususnya proses pendaftaran BPJS yang sangat mudah dan efektif dengan cara ini.

Sebelum melakukan pendaftaran, maka siapkanlah beberapa dokumen berikut ini sebagai syarat utama untuk menjadi anggota. Dokumen berikut sebenarnya sama saja dengan dokumen yang harus dipersiapkan jika melakukan pendaftaran offline. Jadi, baik online maupun offline dokumen yang diperlukan sama. Di bawah ini adalah sejumlah dokumen yang merupakan persyaratan untuk mendaftar BPJS, diantaranya:

  • KK (kartu keluarga)
  • KTP (kartu tanda penduduk) yang masih berlaku
  • Kartu NPWP
  • Alamat Email dan No HP Anda
  • Nomor Rekening Penanggung yang digunakan untuk pembayaran Iuran

Panduan Lengkap Cara Daftar BPJS Kesehatan

Apabila semua dokumen yang sudah disebutkan di atas sudah Anda persiapkan dengan baik, maka selanjutnya adalah proses yang harus Anda ikuti. Langkah-langkah untuk mendaftar dalam program BPJS antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan bahwa Anda sudah menyiapkan laptop/gadget lain beserta dengan koneksi internet.
  2. Silahkan buka website resmi BPJS http://BPJS-kesehatan.go.id.
  3. Klik pada menu pendaftaran online e registration yang letaknya pada pojok kiri atas halaman website.
  4. Setelah membaca persyaratan yang muncul, lanjutkan dengan klik “pendaftaran”.
  5. Kemudian akan muncul form pendaftaran yang harus Anda isi dengan data sesuai yang tercantum di dalam KTP. Data yang perlu dimasukkan antara lain yakni alamat, tempat tanggal lahir, nomor HP, email, serta kantor cabang BPJS di daerah Anda yang menjadi tempat untuk mengambil kartu BPJS yang telah jadi.

Ketika melakukan cara daftar BPJS, Anda diharuskan untuk memilih kelas berdasarkan kemampuan ekonomi Anda. Ada tiga jenis kelas yang tersedia. Pertama adalah kelas 1 dengan jumlah iuran per bulan sebesar 59.500 rupiah untuk satu orang. Selanjutnya adalah kelas dua dengan iuran sebesar 42.500 per orang. Terakhir adalah 25.500 rupiah untuk kelas tiga. Setiap kelas nantinya akan mendapatkan fasilitas yang berbeda namun dengan standar pelayanan yang sama. Sehingga dengan perbedaan iuran seperti ini, masyarakat ekonomi bawah tetap bisa menikmati layanan yang diberikan oleh program ini.

Tips Dalam Proses Cara Daftar BPJS Kesehatan

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui untuk melancarkan proses pendaftaran serta memuluskan proses untuk mendapatkan layanan yang diberikan.

  1. Mendaftarlah pada awal bulan karena apabila mendaftar di akhir bulan, awal bulan berikutnya tetap akan dikenai biaya iuran.
  2. Pastikan untuk membayar iuran tepat waktu pada tanggal 10 tiap bulan, supaya tidak dikenakan denda.
  3. Setiap kelas memiliki pelayanan medis yang sama. Contohnya seperti kualitas dari obat, penanganan medis dan hal sejenis. Perbedaannya adalah dari segi fasilitas seperti ruangan rawat inap dan sejenisnya.

Kalau misalka n Anda ingin melakukan perpindahan kelas, hal itu mungkin untuk dilakukan. Akan tetapi, untuk memudahkan proses sebaiknya putuskan dengan baik kelas mana yang ingin Anda pilih dalam program ini. Demikianlah sekilas pembahasan terkait dengan cara daftar BPJS yang sudah dibahas sedemikian rupa agar Anda mengerti apa yang harus dilakukan. Silahkan terapkan cara mendaftar yang sudah Anda baca dalam tulisan ini. Baik online maupun offline, keduanya memiliki proses yang sama dan bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.