Batu Kalimaya yang Asli dan Cara Mengetahuinya

Siapa yang tak kenal batu kalimaya? Batu yang disebut juga dengan nama black opal ini kian menjadi primadona masyarakat Indonesia. Batu kalimaya termasuk salah satu batu termahal yang ada di dunia. Batu kalimaya mempunyai pancaran warna yang begitu indah sehingga banyak yang mengincar jenis bebatuan ini. Bahkan banyak masyarakat dari mancanegara yang memburu keunikan batu kalimaya kristal ini. Kalimaya memiliki keindahan dan struktur yang berkarakter, dengan keunikannya inilah, maka batu ini disejajarkan dengan jenis batu permata termahal yang ada di Indonesia.

Kalimaya Kristal Terbaik

Batu akik kalimaya sendiri bisa mencapai harga puluhan bahkan ratusan juta rupiah, tergantung dari jenisnya dan ciri khasnya tersendiri. Batu kalimaya di Indonesia sendiri berasal dari Provinsi Banten, tepatnya di kecamatan Cimarga, Maja dan juga Sajira. Bahkan batu yang kian populer di masyarakat dunia ini juga bisa dijumpai di Kalimantan. Kualitas batu akik ini sebenarnya bisa disamakan dengan kualitas batu akik opal di Australia. Penamaan batu opal sebagai nama lain Kalimaya ini tak lain berasal dari sebuah bahasa Romawi, yakni Opalus.

Demam batu akik tampaknya masih saja tampak terjadi di berbagai daerah, terlebih daerah yang menghasilkan batu mulia yang unik dan berkualitas. Salah satunya adalah daerah Banten yang terkenal dengan batu kalimaya. Batu kalimaya ini sendiri merupakan salah satu jenis batu mulia yang memiliki kualitas terbaik di dunia. Harga batu kalimaya ini dipatok cukup tinggi, karena termasuk salah satu jenis batu yang langka dan tidak semua daerah memiliki batu jenis kalimaya. Selain Banten daerah yang memiliki batu kalimaya adalah Australia juga Afrika.

Sifat Batu Kalimaya Asli

Ada sesuatu yang penting mesti kita perhatikan untuk men-coba melihat keistimewaan ciri-ciriĀ Batu Akik Kalimaya dengan cara cepat agar Cara Mengetahui batuan asli dengan batuan buatan (palsu).

  1. Pembakaran, Batu Akik kalimaya tahan terhadap api dan juga akik kalimaya cepat dingin, dan untuk membutikanya dapat dilakukan dengan menggunakan korek api.
  2. Kotoran, sifat batuan bernilai ialah tahan terhadap bahan kimia contohnya cat ataupun minyak, untuk pembuktian dapat menggunakan cat yang ditempelkan di batu kalimaya maka kalau diusap tidak bakal menimbulkan bekas.
  3. Serat Batu, batuan buatan yang terbuat dari bahan sintetis palsu tidak memiliki serat sehingga bila kita lihat amat bening.
  4. Berat Batu, karakteristik kalimaya memiliki berat namun untuk ciri-ciri batu palsu tidak memiliki berat sehingga terasa ringan.

Batu Kalimaya Banten juga tidak kalah tersohornya dengan batu kalimaya asal Australia. Bahkan batu kalimaya yang berasal dari Banten memiliki kualitas yang lebih baik dari batu kalimaya Australia. Harga batu kalimaya asal Banten juga dipatok cukup tinggi, tidak heran karena peminat dari batu kalimaya Banten memang banyak berasal dari penggemar batu akik dan kolektor yang ingin menjadikan batu kalimaya sebagai salah satu koleksi pribadi.

Batu Kalimaya yang memiliki keunikan dengan mampu merefleksikan warna ini memang terlihat sangat indah. Warna yang dihasilkan seperti warna pelangi yang akan berubah-ubah sesuai dengan sudut pandang saat melihat batu ini. Harga batu kalimaya yang asli bahkan dipatok dengan harga yang cukup tinggi untuk menghargai betapa berharganya batu kalimaya yang berasal dari Banten. Bukan hanya keindahan batu yang menjadikan batu ini mahal, akan tetapi khasiat batu kalimaya juga turut berperan serta dalam harga batu yang cantik ini.

Siapa yang tidak mengetahui akan khasiat dari batu yang memiliki ciri yang unik ini. Warna pelangi muncul diatas batu yang beraneka warna, ada yang berwarna putih sebagai dasarnya, ada yang berwarna cokelat, hitam, merah atau biru. Masing-masing dasar warna batu kalimaya akan memiliki ciri khas yang berbeda dan khasiat yang berbeda. Harga batu kalimaya pun akan berbeda sesuai dengan dasar warna batu kalimaya.

Beberapa pengguna batu kalimaya Banten menjadikan batu ini sebagai aji pengasihan, hal ini sesuai dengan khasiat dari batu kalimaya itu sendiri yaitu mampu meningkatkan rasa cinta terhadap seseorang. Khasiat yang lain adalah dapat meningkatkan kestabilan psikis dari penggunanya. Khasiat lain dari batu kalimaya ini adalah dapat melindungi diri penggunanya dari pengaruh jahat atau perbuatan jahat akibat aura negatif yang dikirim padanya. Selain itu, khasiat dari batu kalimaya secara mistis akan berbeda untuk setiap penggunanya berdasarkan warna. Konon, jika warna kalimaya cocok dengan pengguna maka akan berpengaruh positif, namun apabila tidak cocok maka pengaruh negatif yang akan didapatkan.

Oleh karena itu, harga batu kalimaya pun bervariasi. Jika yang terkenal adalah batu kalimaya dengan dasar warna hitam, maka tidak ada salahnya untuk memiliki batu kalimaya dengan dasar warna lain seperti putih yang tidak kalah indahnya. Namun, jangan salah dalam memilih batu kalimaya yang asli. Kini, banyak sekali oknum yang memalsukan batu kalimaya karena khasiat dan harganya yang tinggi. Untuk memastikan batu kalimaya asli diperlukan beberapa teknik khusus yang bisa Anda pelajari.

Diantara cara mengenali batu kalimaya yang asli adalah dengan melihat serat yang dimiliki oleh batu kalimaya. Setiap batu mulia memiliki serat yang terdapat di dalamnya, jika batu terbuat dari bahan sintetis maka batu itu bisa dipastikan tidak memiliki serat. Ciri batu mulia lainnya termasuk batu kalimaya adalah bersifat dingin. Untuk batu kalimaya untuk mengetes keasliannya adalah dengan cara dibakar. Apabila terkena api ia tidak akan terbakar, dan juga cepat menjadi dingin. Tak ayal dengan harga batu kalimaya yang tinggi, batu ini dinobatkan sebagai salah satu batu dengan harga paling mahal di dunia.

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...