Batu Kalimaya banten

Batu Kalimaya banten termasuk batu akik yang berasal dari banten, yang terkenal hingga ke seluruh dunia. Batu Kalimaya memiliki ciri khas berspektrum warna-warni yang mengkilau.

Batu kalimaya banten tergolong salah satu jenis batu akik yang banyak menjadi sorotan para kolektor. Batu ini memang sangat populer di tanah air, karena keindahan ciri khasnya yang begitu menakjubkan. Kalimaya tergolong bebatuan yang terbentuk dari hasil fermentasi, dengan harga jual yang begitu fantastis. Bahkan hampir semua kolektor batu akik yang ada di seluruh dunia begitu familiar dengan batu akik jenis ini. Di mancanegara sendiri, batu kalimaya ini tergolong ke dalam salah satu dari 10 batu mulia yang termahal hingga di seluruh dunia.

Harga batu Kalimaya Banten yang cukup mahal sangat dipengaruhi oleh keindahannya yang dimilikinya. Warnanya sangat cantik, terlihat seperti perpaduan antara beberapa warna. Jika dilihat sekilas saja, batu akik ini memang memiliki warna hitam. Namun jika diperhatikan dengan lebih seksama, batu akik ini memiliki perpaduan warna yang sangat cantik. Oleh sebab itu, batu akik ini banyak diminati, bahkan banyak juga yang menirukannya dengan menciptakan produk asli. Untuk itu, jika Anda berniat ingin membeli batu akik ini sebaiknya berhati-hati. Saat ini ada banyak orang yang jual batu Kalimaya Banten yang palsu.

Mengingat harga dari batu akik yang satu ini cukup mahal, selalu waspada ketika berniat membelinya. Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah atau rayuan dari para penjual batu akik. Jika harga batu Kalimaya Black Opal tersebut terlalu murah maka dapat diperkirakan bahwa batu akik tersebut palsu. Siapa yang ingin membeli batu akik dengan harga mahal namun mendapatkan produk yang palsu? Bahkan dijual dengan harga yang murah sekalipun peminatnya tetap sedikit. Tidak seperti batu akik Kalimaya Black Opal yang asli, dijual dengan harga yang relatif mahal tetap banyak orang yang berminat.

Batu kalimaya banten termasuk jenis batu akik yang langka karena sulit dijumpai di pasaran atau di penjual batu akik. Tak heran rasanya jika harga batu kalimaya banten ini dibanderol begitu fantastis. Tak hanya itu saja, pasalnya batu kalimaya yang berkualitas tinggi dengan ukuran hanya sebiji kacang merah, bisa berharga ratusan ribu rupiah disesuaikan dengan kualitas yang dimilikinya. Daerah Banten sendiri termasuk penghasil batu akik kalimaya yang terbesar di tanah air dengan batu berkualitas super. Justru, batu akik kalimaya dari Banten sendiri bisa mengalahkan kualitas batu opal kalimaya yang terdapat di beberapa negara, seperti Turki, Ethiopia, Meksiko, Hungaria, Amerika Serikat, Australia, Slovakia, dan Republik Ceko.

Ciri khas batu kalimaya banten ini adalah memiliki permainan warna, di mana batu akik ini bisa memancarkan spektrum berupa warna-warni mengkilat. Warna-warni tersebut yang dihasilkan untuk setiap batu sendiri berbeda-beda. Sehingga menjadikan batu akik ini menjadi jenis bebatuan yang unik. Adapun warna-warni yang ciptakan pada batu akik kalimaya banten ini seperti dominan berwarna hijau, merah, kuning, oranye, biru dan jingga, layaknya warna-warna pelangi.

Jenis-Jenis Batu Kalimaya Banten

Batu kalimaya banten terdiri dari beberapa jenis batu cincin yang terkenal di Indonesia, berikut antara lain Aktual.ID Menjelaskannya:

1. Batu Kalimaya Kristal

Kalimaya Kristal termasuk jenis batu kalimaya yang sangat populer hingga saat ini. Batu akik kalimaya kristal sendiri memiliki nama yang disesuaikan dengan bentuk bahannya, yakni berbahan seperti kristal. Jenis dari batu akik kalimaya ini juga memiliki warna bening yang terdapat serabut dengan warna bervariasi. Sehingga tak heran jika banyak pencinta dari batu akik kian mengincar batu akik kalimaya ini. Dengan ciri khas dan keindahan batu kalimaya banten kristal yang dimiliki, wajar jika harga yang dibandrolnya begitu fantastis.

2. Batu Kalimaya Kristal Teh

Jenis batu kalimaya banten yang tak kalah terkenal lainnya adalah batu kalimaya kristal teh. Batu ini mempunyai warna bening yang kecoklatan, persis seperti warna teh seduh. Tak hanya itu, nama kristal pada batu kalimaya jenis ini juga tak lain karena memiliki bentuk seperti kristal. Adapun kandungan mineral yang terdapat pada kalimaya ini, terdiri dari amorphous ahydrous silica yang memiliki rumus kimia seperti SiO2.nH2O yakni molekuler air bersedimentasi bersamaan dengan mineral silika.

3. Batu Kalimaya Susu

Berdasarkan namanya sendiri, Batu kalimaya banten susu ini mempunyai warna dasar yang putih layaknya susu. Batu kalimaya yang satu ini tergolong jarang dijumpai di pasaran. Batu kalimaya susu memiliki bias warna bervariasi dengan paduan warna yang begitu indah dan kontras ketika dipandang. Dengan demikian, banyak pencinta batu akik yang menyebutnya sebagai batu yang bernilai estetis tinggi.

4. Batu Kalimaya Black Opal

Batu kalimaya banten Black Opal sendiri termasuk batu kalimaya yang paling terkenal dan banyak diincar. Batu kalimaya ini mempunyai ciri khas warna gelap yang berspektrum warna yang memiliki bentuk garis yang asimetris seperti kurva, memanjang, titik-titik dan diagonal. Sementara spektrum dari warna rintik atau berbentuk tetesan air inilah yang menjadikannya sebagai jenis batu akik yang bermotif unik sehingga lebih banyak dicari kolektor batu akik. Selain itu, dengan keberadaannya yang tergolong langka, batu akik ini dibanderol dengan harga yang lebih fantastis jika dibandingkan dengan motif warna pada batu kalimaya jenis lainnya.

5. Batu Kalimaya Kristal Kopi

Disebut sebagai batu kalimaya banten Kristal Kopi, batu kalimaya jenis ini mempunyai karakter warna yang tak jauh berbeda dengan kalimaya teh. Dimana, warna batu kalimaya ini mempunyai warna seperti air kopi dengan warna yang lebih gelap. Batu jenis ini juga tak kalah populernya di kalangan masyarakat Indonesia, karena banyak dicari oleh para kolektor di tanah air.

6. Batu Kalimaya Kristal Air Kelapa

Batu Kalimaya air kelapa ini mempunyai tekstur dan bentuk yang mirip dengan batu kalimaya kristal. Perbedaannya hanya terdapat pada jenis warnanya yang sedikit lebih gelap dan tertutupi warna putih pada bagian batu akik ini.

Khasiat Batu Akik Kalimaya

Khasiat batu kalimaya banten juga tak kalah menariknya dengan ciri khas maupun keindahan dari batu akik ini. Selain bentuknya yang menawan, batu ini memiliki manfaat dan khasiat tersendiri bagi para penggunanya. Khasiat dari batu kalimaya ini sendiri untuk setiap negara memiliki kepercayaan berbeda-beda tergantung dari kepercayaan kolektor batu akik di negara-negara tersebut. Seperti contohnya, di negara China sendiri batu kalimaya ini dipercaya bisa membawa kesialan serta bisa merusak keharmonisan rumah tangga penggunanya. Di beberapa negara sendiri, ada yang mempercayai bahwa batu akik ini bisa meningkatkan syahwat pemiliknya.

Sementara, di Indonesia sendiri khasiat dari batu kalimaya banten ini memiliki beberapa opini yang berbeda. Adapun manfaat dan kegunaan dari batu kalimaya ini terdiri dari:

1. Hubungan Cinta Sejati

Opal pada batu kalimaya ini merupakan batu kesetiaan. Dimana energi pada batu kalimaya jenis ini bisa membantu pemakainya mendapatkan cinta sejati.

2. Kebahagiaan

Batu kalimaya memiliki khasiat untuk memberikan kebahagiaan bagi pemiliknya. Di mana Batu kalimaya banten ini akan bersinar apabila pemilik bahagia, sedangkan batu akan terlihat membosankan apabila pemiliknya sedang mengalami depresi.

3. Perlindungan

Para kolektor atau pencinta batu akik, mereka percaya bahwa batu akik kalimaya bisa memberikan perlindungan dengan menjauhkan si pemilik dari pengaruh negatif, bisa membuang mimpi-mimpi buruk serta dapat melindungi para wisatawan ketika melakukan perjalanan jarak jauh.

4. Kesehatan

Sama halnya dengan batu akik lainnya, batu kalimaya ini juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti disfungsi ereksi, depresi dan penyakit mata. Selain itu, batu kalimaya juga bisa membantu terjadinya proses asimilasi pada protein.

Adapun manfaat batu kalimaya banten berdasarkan warna yang dimilikinya, adalah sebagai berikut:

  1. Warna biru pada Kalimaya, bisa membangun kepercayaan ketika berkomunikasi.
  2. Kalimaya yang berwarna hijau, sangat baik untuk peremajaan tubuh. Batu kalimaya ini bisa membantu untuk meningkatkan spiritualitas pada diri penggunanya.
  3. Warna hitam pada kalimaya bisa meredakan ketegangan gairah seksual serta bisa mengendalikan tingkat emosi si pemiliknya.
  4. Kalimaya Cherry bermanfaat memurnikan pikiran saat berkonsentrasi bagi pemiliknya.
  5. Kalimaya air sendiri baik untuk menjaga hubungan spiritual dan meditasi.

Foto-Foto Batu Kalimaya Banten.

Khasiat Batu Kalimaya Banten Gambar Batu Kalimaya Banten Foto Batu Kalimaya Banten Batu Kalimaya Banten Batu Kalimaya Banten Terbaik

Nah, itulah ulasan mengenai ciri-ciri dan khasiat batu kalimaya banten berdasarkan warna ataupun bentuknya. Semoga bermanfaat!