Batu Junjung Drajat

Batu Junjung Drajat merupakan batu akik yang dipercaya dapat meningkatkan derajat, kehormatan seseorang dan juga mampu memberikan ketenangan si pemiliknya.

Batu junjung drajat merupakan salah satu pesona batu akik nusantara yang banyak diburu oleh kolektor. Seperti yang kita tahu bahwa batu cincin akik kini sedang menjadi demam bagi masyarakat Indonesia bahkan masyarakat dunia. Keunikan, keindahan batu mulia akik dari Indonesia sudah dikenal sampai mancanegara sehingga tak tanggung-tanggung mereka memburunya. Pesona nyatanya melanda hampir seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari kasta biasa sampai pejabat negeri ini, tak lupa pula para selebritis negeri ini turut menggandrungi batu mulia. Bak sihir yang mempesona semua mata memandang, inilah batu mulia akik yang berhasil membuat semua mata tertuju padanya.

Ada beragam jenis batu mulia akik, salah satunya batu combong. Batu ini juga masuk daftar batu mulia yang banyak dicari. Tapi artikel ini tidak akan membahasnya. Batu cincin akik yang akan dibahas adalah Batu junjung drajat. Batu ini juga dikenal dengan sebutan Batu junjung drajat sulaiman. Alasan mengapa batu ini banyak disukai sama dengan batu mulia akik lainnya yaitu keindahan batu serta khasiat-khasiat yang diyakini oleh masyarakat. Warna batu ini pun beragam warna cantik yang bisa dipilih. Ada warna orange yang dibalut garis-garis (putih-orange-coklat), membentuk gradasi yang indah, ada yang bermotif seperti punggung kura-kura, warna putih transparan dengan jarum-jarum yang seolah ada didalamnya.

Sesuai namanya, Batu junjung drajat memang memiliki keunikan di dalam namanya. Batu ini dipercaya dapat meningkatkan atau menjunjung derajat si pemakai batu cincin junjung derajat, menaikkan status social seseorang sehingga ia lebih dipandang dan disegani oleh orang lain. Ya, inilah mengapa batu ini disebut junjung derajat. Kata “Junjung“ sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti mengangkat, menaikkan, menggendong.  Sehingga secara harfiah pun makna nama batu tersebut sudah jelas. Unik sekali ya, disetiap pemberian nama pasti selalu ada keunikan dan makna di baliknya, seperti nama orang saja. Ya, karena batu ini teramat berharga.

Variasi Motif Batu Akik Junjung Derajat

Batu junjung drajat banyak diburu oleh kolektor maupun pecinta batu tentu dengan berbagai alasan. Salah satu alasan tersebut adalah motif hias batu yang begitu menawan. Garis yang membentuk sudut dengan beberapa warna menghasilkan gradasi adalah motif paten yang banyak ditemui pada batu mulia jenis ini. Tentunya bentuk sudut dan letak garis yang membentuk sudut tersebut berbeda pada setiap batu dan inilah perbedaan utamanya. Gradasi warna yang dihasilkan menjadi daya magnet tersendiri bagi pembeli. Percampuran warna terang dengan tua yang membentuk gradasi indah.

Warna-warna dasar Batu junjung drajat tidak selalu terang. Ada pula yang berwarna dasar gelap, kehitaman. Namun satu hal yang mendasari serta menjadi pembeda antara batu ini dengan batu mulia lainnya adalah kehadiran garis-garis pada motifnya. Walau terbilang simple atau sederhana, namun motif dari batu ini namun tetap tak kalah indah dari batu cincin akik lainnya yang bernilai tinggi.

Khasiat Batu junjung drajat

Batu mulia atau batu cincin akik selalu memiliki keunikan tersendiri. Keunikan yang dimaksud disini bukan sekedar arti fisial, unik juga tentang sesuatu yang tak Nampak darinya yaitu kegaiban. Begitu juga Batu junjung drajat yang diyakini memiliki aura gaib, manfaat yang dirasakan dan tak kasat mata. Tak jauh berbeda dengan batu kecubung wulung, batu ini memiliki beberapa khasiat supranatural yang diyakini sebagian besar masyarakat pecinta batu. Ya, nemang batu mulia akik tak pernah lepas dari isu-isu kekuatan kegaibannya. Meski entah itu benar amau tidak, semua kembali pada keyakinan masing-masing dan niat awalnya mengoleksi batu tersebut.

Berikut ini manfaat Batu junjung drajat yang harus Anda ketahui:

  1. Meningkatkan derajat atau martabak si pemilik.
  2. Memancarkan karisma seseorang atau memunculkan aura positif di dalam diri seseorang, yang memakai batu tersebut,
  3. Memberikan semangat sehingga si pemakai dalam menjalani hidup tidak udah putus asa serta gigih dalam berjuang.
  4. Jika memakai batu cincin akik tersebut si pemilik atau pemakai menjadi lebih disegani atau dihormati orang lain.
  5. Menambah daya tarik seseorang atau pemakai atau pemiliknya.
  6. Meningkatkan rasa percaya diri pemakai atau pemilik.

Segala manfaat atau khasiat Batu junjung drajat yang telah dipaparkan di atas, boleh dipercaya boleh tidak, semua kembali pada niat masing-masing. Namun sebagai umat beragama, janganlah mendewakan bahkan menuhankan batu karena semua kekuatan besar datangnya dari Tuhan bukan benda yang diciptakan Tuhan. Anda boleh menyukai batu, mengoleksinya dan menyayanginya, namun sekali lagi mereka hanya benda. Satu-satunya kekuatan dan kepercayaan tertinggi hanya Tuhan. Kalaupun Anda benar-benar merasakan manfaat tersebut jangan sampai takabur dan memuja batu. Mungkin saja batu itu hanya perantara anugerah dari Tuhan tapi bukan sumber kekuatan. Batu mulia akik yang satu ini memang cantik dan mahal maka tak heran jika si pemakai merasa dirinya begitu berwibawa jika memakainya.

Sebenarnya bisa ditarik logika mengapa Batu junjung drajat atau batu mulia akik lainnya memiliki manfaat luar biasa yang diyakini masyarakat luas. Logika sederhananya adalah batu mulia akik ini memiliki warna dan keindahan yang begitu memikat serta harga yang terbilang tinggi maka wajar saja ketika seseorang memakai atau hanya sekedar memilikinya rasa percaya dirinya tumbuh pesat. Ketika orang lain melihat seseorang memakai barang mahal seperti batu yang satu ini tentunya orang itu akan berpikir kalau si pemakai pasti orang terhormat maka secara tak langsung wibawa orang itu meningkat, derajatnya terasa lebih tinggi, lebih dihormati orang lain dan sebagainya. Namun sesungguhnya, akan dihormati, disegani atau tidak oleh orang lain tergantung pada sikap Anda dalam bersosialisasi.

Sederet ulasan di atas mengenai motif, khasiat Batu junjung drajat maka sekarang beranjak pada harga Batu junjung drajat. Harga batu yang satu ini terbilang mahal, termasuk deretan batu mulia akik bernilai tinggi. Batu ini dibandrol dengan harga mulai dari 500 ribuan sampai puluhan juta. Tingginya harga tergantung pada corak serta usia batu. Semakin indah dan semakin tua maka harga tawarnya semakin tinggi. Anda bisa mendapatkan batu cincin akik yang satu ini di banyak tempat, toko atau penjual online. Namun sebaiknya Anda harus berhati-hati. Semakin maraknya batu mulia maka semakin tinggi pula tingkat kriminalitas untuk memalsukannya. Pastikan Anda sudah memahami batu tersebut dengan matang lalu pastikan pula toko atau penjual yang Anda pilih terpercaya. Jika perlu konsultasikan dengan ahli batu.

Baca Juga : Batu Kalimaya banten

Bagaimana, sudah jelas bukan mengenai semua uapan diatas? Mulai dari seperti apa batu mulia akik yang satu ini, variasi motif, khasiat batu sampai harga jual batu mahal ini.  Demikian pembahasan mengenai Batu junjung drajat yang indah dan mahal ini. Semoga dapat menambah wawasan Anda tentang batu cincin akik. Selamat mengoleksi batu kesukaan Anda.