Batu Bacan Palamea dan Cara Mengetahui yang Asli dan Palsu

Batu Bacan Palamea merupakan jenis batu permata asli dari Indonesia yang sangat banyak diburu disebabkan akan kasiat yang dikandungnya, memang setiap batu mulia kalau cocok dengan pemiliknya, maka orang tersebut akan nampak wibawa ataupun kharisma.

Batu Bacan Doko

Berlandaskan pada sejarah kuno terkait Batu Bacan Palamea ini yang membahas asal-usul dan juga bagaimana batu ini berkembang, ternyata dengan cara historis penambangan batu Bacan ini dihasilkan di Pulau Kasiruta. Sedangkan pemberian nama “Bacan” yang kini telah melekat dan juga dikenal oleh masyarakat luas sebenarnya dikarenakan Pulau Bacan ialah lokasi pertama kalinya dimana batu berwarna dominan hijau tersebut pertama kali diperdagangkan.

Salah satu batu akik yang saat ini tengah menjadi primadona adalah Batu akik bacan. Batu akik bacan ini menjadi pilihan bagi para penggemar batu akik dan para kolektor dikarenakan keunikan dan khasiat batu bacan yang sudah terkenal di kalangan masyarakat. Batu bacan sudah mulai terkenal cukup lama pada masa kesultanan Maluku Utara. Namun, akhir-akhir ini dengan semakin maraknya peminat batu akik, batu bacan juga menjadi lebih dikenal di masyarakat. Batu ini memiliki ciri khas khusus warna hijau. Walaupun ada juga warna lain seperti kuning tua, hijau cincau, dan sembilan warna lainnya.

Untuk mendapatkan khasiat batu bacan ini, Anda mungkin membutuhkan anggaran dana yang sedikit lebih banyak daripada untuk mendapatkan batu akik yang lain. Batu bacan terkenal dengan harga yang cukup tinggi juga di antara batu akik lainnya. Harga batu bacan termahal bisa mencapai ratusan juga rupiah. Tentunya selain khasiat yang akan Anda dapatkan juga akan ada keindahan dan keunikan yang akan Anda dapatkan dan membuat Anda tampil lebih dari yang lain.

Sebelum jadi populer seperti Batu Bacan Doko, Sebenarnya peminat batu Bacan ini telah ada semenjak zaman dulu. Orang-orang dari kerajaan Ternate, Tidore, Jailolo dan Bacan itu sendiri telah mulai menggunakan Batu Permata ini selaku perhiasan semenjak beratus tahun yang lalu.

Batu bacan Palamea ini umumnya memiliki warna hijau muda yang cerah. Komposisi kandungan kapur bacan Palamea lebih banyak dibandingkan dengan batu bacan Doko. Seiring dengan perubahan alam sekitar dan kondisi bumi, batu bacan Palamea ini menghasilkan warna hijau seperti giok dengan tekstur halus yang mengkristal. Keindahannya inilah yang membikin batu bacan Doko diburu oleh para kolektor batu akik.

Cara Mengetahui Bacan Palamea asli dan palsu

Ada sejumlah cara dan ciri-ciri untuk membedakan antara Bacan Palamea asli dengan bacan Palamea yang palsu diantaranya adalah sbb:

  1. Batu Bacan Palamea asli ini dapat menggores kaca ketika digesekkan.
  2. Cara lainnya untuk mengetahui Batu Bacan Palamea asli adalah dengan Sorotan dengan lampu senter, perhatikan badan Batu Bacan Palamea yang ditembus oleh sinar lampu senter, Batu Bacan Palamea asli akan nampak memiliki warna dan juga serat yang khas yang berlainan dengan jenis batu akik lainnya yang berwarna kehijauan.
  3. Khusus untuk yang masakan atau batu palsu, biasa disebut bacin (bacan palamea cina), badan batu bacan ini akan nampak bening mulus tanpa serat ataupun guratan sama satu kali.

Untuk harga Batu Bacan Palamea ini ditaksir dengan harga yang berbeda-beda. Harganya sesuai dengan jenis dan kualitas daripada batu bacan tersebut.

Baca Juga Artikel Berikut Ini :

Rating: 5.0/5. From 1 vote.
Please wait...