Asal Usul Pocong Menurut Adat Indonesia dan Islam

Siapa yang tak tahu hantu pocong? Hantu ini merupakan hantu khas dalam adat Masyarakat Indonesia yang keberadaannya sudah melegenda diseluruh nusantara. Entah sejak kapan, yang jelas keberadaan hantu pocong ini sudah tidak asing lagi di telinga anak-anak hingga orang tua. Asal usul pocong masih banyak diperbincangkan dan membuat banyak orang menjadi penasaran. Hingga sampai saat ini sudah belasan film Indonesia yang bergenre horror yang menayangkan kehadiran hantu pocong untuk menambah kesan seram.

Dalam Misteri, Beberapa orang berpendapat bahwa hantu pocong adalah hantu terseram, namun beberapa orang juga menganggap hantu ini cukup kasihan. Pasalnya jika dibandingkan dengan hantu lain, pocong ini harus bersusah payah loncat-loncat untuk berpindah tempat dan tangannya terikat didalam kafan. Tak sedikit orang yang menjadikan hantu pocong ini sebagai bahan guyonan yang berujung dengan gelak tawa pendengarnya. Lalu darimana sebenarnya asal usul pocong itu?

Asal usul Pocong Menurut Keyakinan Adat Orang Indonesia

Cerita bagaimana hantu pocong bisa datang dan muncul sudah tersebar di banyak daerah di Indonesia. Entah darimana hantu pocong ini berasal, pastinya hantu yang satu ini cukup menyeramkan dan ditakuti oleh banyak orang. Menurut beberapa cerita yang beredar di masyarakat Indonesia, Asal usul pocong dimulai dari meninggalnya seseorang yang dimakamkan tanpa melepas tali pengikat kain kafannya. Hal inilah yang membuat cerita hadirnya si hantu pocong banyak beredar.

Mayat yang tidak dilepas tali pengikatnnya sewaktu dimakamkan akan membuatnya bergentayangan pada malam setelah hari da dimakamkan. Kabarnya, orang-orang yang akan diganggu hantu yang satu ini adalah orang-orang yang turut membantu prosesi pemakamannya. Pertama, ia akan datang mengganggu orang-orang yang turut turun ke dalam liang kuburnya untuk meletakkan mayatnya. Karena merekalah orang yang lupa melepaskan tali pengikat kafan si pocong. Selain itu, si pocong juga akan muncul atau menampakkan diri dihadapan anggota keluarganya untuk menandakan bahwa ada keinginan atau sesuatu yang belum kesampaian.

Berdasarkan asal usul pocong asli tersebut, sebenarnya tujuan si hantu pocong ini mengganggu atau gentayangan tak lain hanya supaya orang-orang mengetahui bahwa ada hal yang terlupakan pada prosesi pemakamannya. Dia hanya ingin orang-orang mendatangi makamnya, menggalinya dan melepas tali pengikat kain kafannya agar ia bisa pergi dengan tenang. Tapi jika Anda sendiri mengalami kejadian dihampiri oleh hantu pocong, tentunya Anda sudah ketakutan tanpa bisa berpikir apa yang sebenarnya diinginkan oleh pocong itu sendiri.

Fakta-Fakta Seputar Pocong

Tak sedikit orang yang mengaku pernah melihat hantu ini menghampirinya. Bahkan beberapa orang pernah diteror dan berbicara dengan hantu pocong ini. Dari pengakuan-pengakuan mereka berdasarkan pengalaman asli, berikut ini fakta-fakta seputar hantu pocong yang bisa Anda ketahui versi blog Aktual.ID:

1. Tidak berwarna putih

Hantu pocong ternyata tidak mengenakan kafan berwarna putih seperti yang diceritakan. Seperti yang kita ketahui, pocong adalah hantu berkostum kafan karena ikatan kafannya belum dilepas akhirnya dia mengganggu manusia. Akan tetapi berdasarkan cerita orang-orang yang pernah diganggu, hantu ini berwarna putih kusam kekuningan atau kecoklatan. Karena warna kafannya tak lagi bersih setelah berada dibawah tanah.

2. Wajah pocong tidak pucat

Pernahkah Anda melihat pocong palsu atau orang yang berdandan ala pocong dalam acara tertentu? Atau Anda pernah melihat foto-foto pocong buatan? Yang sering kita lihat adalah pocong dengan warna putih bersih dan wajah pucat serta lingkaran hitam disekitar mata. Namun ternyata, pocong yang asli wajahnya tidak putih pucat melainkan kehitaman. Seperti yang kita ketahui pocong adalah wujud mayat yang sudah dikubur dan bangkit menghantui orang-orang. Wajah pocong tentu tak lagi serupa dengan orang yang baru meninggal melainkan sudah rusak dan berubah kehitaman.

3. Pocong tidak berbau wangi

Hantu pada umumnya diceritakan bau menyan atau bau bunga. Jika Anda mencium aroma semacam ini di suatu tempat tanpa hal yang masuk akal, bisa jadi itu merupakan tanda-tanda kehadiran makhluk halus. Namun tidak untuk pocong. Ternyata hantu pocong ini berbau busuk dan tidak sedap. Hal ini karena pocong sebenarnya adalah mayat yang sudah mulai membusuk dibawah tanah.

Asal Usul Pocong Menurut Islam

Berdasarkan ajaran Islam sendiri, penampakan hantu pocong yang seringkali diperbincangkan oleh banyak orang di Indonesia sebenarnya merupakan penampakan dari jin yang usil dan hendak mengganggu manusia. Dalam ajaran Islam, mempercayai kehadiran hantu pocong yang mengganggu karena tali pengikat kafannya belum dilepas artinya mengingkari beberapa firman Allah. Adapun ayat dalam Al Qur’an dan penafsiran yang berhubungan dengan penampakan hantu pocong dan bisa dijadikan dasar sebagai berikut:

  1. QS. Al-Mukminun: 99 – 100

Yang artinya berbunyi “Demikianlah Keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, Dia berkata: “Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku bisa berbuat amal yang saleh yang telah aku tinggalkan.

  1. Tafsir As-Sa’di, halaman 559

Penafsiran ayat tadi berbunyi “Allah memberitahukan bagaimana orang yang kafir menyesali masa hidupnya. Dan mereka berharap agar Allah berkenan mengembalikan ke dunia pada saat menghadapi kematian. Dengan begitu, mereka berharap akan mendapat tambahan umur untuk memperbaiki diri. Namun hal itu hanyalah ucapan lisan, dan sama sekali tak akanbermanfaat baginya.

  1. Surat Ali Imran ayat 169

Yang artinya berbunyi “Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup disisi Tuhannya dengan mendapat rizki.”

Lalu siapakah hantu Pocong itu? Seperti yang sudah sempat dikatakan di paragraf sebelumnya, pocong sebenarnya adalah jin yang menjelma menjadi wujud hantu pocong itu sendiri untuk mengganggu manusia dan membuatnya berada dalam ketakutan. Asal usul pocong yang mengatakan bahwa pocong muncul karena tali kafannya lupa dilepas merupakan mitos yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia entah sejak kapan dan darimana asalnya. Tak hanya bisa berbentuk pocong, seperti yang kita ketahui dalam Islam jin juga diyakini bisa menjelma menjadi apa saja. Misalnya seperti kuntilanak, jin juga bisa berwujud demikian. Yaitu berpenampilan perempuan dengan rambut panjang dan wajah yang pucat.

Jadi kesimpulan yang bisa diambil mengenai asal usul pocong berdasarkan ajaran agama Islam itu tidak ada. Tidak ada mengenai mayat yang bangkit dari kubur atau ruh-ruh yang masih berada di dunia untuk menemui keluarga dan orang lain setelah dia meninggal.

Baca Juga : 7 Cara Mengetahui Emas Asli atau Palsu

Demikian artikel mengenai Asal Usul Pocong Menurut Adat Indonesia dan Islam ini semoga bisa menjelaskan kepada Anda siapakah hantu pocong dan apakah mereka sebenarnya. Mengenai mana yang akan Anda percaya kembali kepada Anda. Namun ada baiknya kita selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dan rajin berdoa terutama sebelum tidur agar terhindar dari gangguan jin terutama yang berbentuk pocong ini. Yang jelas, penulis tidak ikut bertanggung jawab jika setelah membaca artikel ini Anda dihampiri pocong di sebelah Anda ketika Anda tertidur.