8 Makanan Paling Bau di Dunia

Makanan Paling Bau – Jika Anda menyantap makanan, hal lain yang acap kali diperhatikan selain rasa adalah aroma. Meski tampak sederhana, namun aroma makanan akan membuat nafsu makan bertambah atau malah hilang sama sekali. Apabila aroma yang dikeluarkan sebuah makanan tercium tak sedap atau justru mengganggu indera penciuman Anda, alih-alih berselera untuk makan, Anda malah menghindar atau bahkan bisa membuat Anda terkena gejala pusing dan mual-mual. Tak bisa dipungkiri aroma memang menjadi penentu penting bagi selera makan Anda. Bahkan lebih jauh, dari aroma saja sudah bisa membuat Anda menyimpulkan apakah makanan di depan Anda tersebut nikmat atau tidak. Karena itulah terdapat kategori Daftar 8 Makanan Paling Bau di Dunia, yaitu makanan yang memiliki aroma aneh dan cenderung dihindari.

Ada banyak negara-negara di dunia yang memiliki makanan khas atau Makanan paling enak, satu sama lainnya tidak sama. Apabila di sebuah negara memiliki satu jenis makanan yang menjadi favorit, belum tentu makanan itu dimiliki dan bahkan difavoritkan oleh negara lain. Bisa jadi makanan yang dikatakan enak belum tentu negara lain berpendapat serupa. Begitu juga dengan aroma. Jika di negara tertentu, aroma makanan tertentu tercium begitu nikmat, tidak pasti berlaku sama di negara lainnya. Nah, jika Anda berjumpa dengan makanan paling bau di dunia yang akan dibahas berikut, maka bersiap-siaplah untuk kehilangan minat pada makanan ini.

Referensi atau kesukaan orang terhadap sesuatu tentu berbeda-beda. Kesukaan Anda dengan teman, sahabat, atau bahkan keluarga tentu tidak sama. Begitu pula dengan jenis-jenis aroma yang Anda suka atau tidak suka. Tidak pasti sama dengan orang lain. Tetapi berikut adalah 8 makanan paling bau di dunia yang tidak disukai atau dianggap aneh bagi beberapa kelompok orang di dunia. Di antaranya blog Aktual.ID menjelaskannya sebagai berikut:

1. Durian

Durian Makanan Paling Bau

Buah khas Asia Tenggara ini sungguh nikmat dan lembut, serta dapat diolah menjadi makanan apa saja, seperti kolak, keripik, puding, selai, atau dimakan langsung tanpa olahan pun tetap terasa lezat. Namun beberapa orang, bau durian yang tajam dan menyengat membuat kepala mereka pusing, bahkan sampai merasa mual dan muntah-muntah. Bagi mereka yang tak suka, bau durian dianggap sangat tidak enak. Bahkan di beberapa negara, terdapat peraturan tentang larangan membawa durian di tempat-tempat umum dan di pesawat. Larangan itu bahkan diaplikasikan dalam simbol resmi yang ditempel di beberapa area publik.

2. Terasi

Terasi Makanan Paling Bau

Bagi Anda yang suka memasak, bumbu dapur satu ini pasti tak asing lagi di telinga. Terasi biasa diaplikasikan untuk memasak nasi goreng, sayur-mayur, atau sambal. Terasi merupakan bahan olahan berupa fermentasi dari udang, biasanya kalau di luar negeri terkenal dengan sebutan shrimp paste. Dengan menambah terasi akan membuat masakan lebih segar. Namun ketika memasak menggunakan terasi, tak semua orang akan tahan dengan baunya. Aroma yang menyengat dan membuat gatal hidung biasanya akan membuat Anda atau orang yang mencium baunya jadi bersin-bersin.

3. Kimchi

Kimchi Makanan Bau

Seiring dengan perkembangan K-Pop lewat Film Drama Korea yang kian merajalela di Indonesia, budaya-budaya dari negara Korea begitu derasnya menyerang masyarakat Indonesia khususnya kalangan anak muda. Mencoba segala sesuatu tentang Korea seakan menjadi sebuah tren tersendiri saat ini. Salah satu yang sering dicoba para penggemar ini adalah makanannya seperti kimchi, sayuran sawi yang difermentasikan. Jika di Korea, Kimchi menjadi semacam lalapan wajib yang harus ada di tiap waktu makan. Namun sesungguhnya bau kimchi sendiri tidaklah enak. Baunya asam serta menusuk lubang hidung. Bagi yang tidak tahan tapi tetap kepingin mencoba kimchi, terkadang menutup hidung menjadi solusi terbaik.

4. Keju

Keju Makanan Bau

Keju adalah salah satu makanan favorit orang barat yang kini tersebar hingga nyaris ke seluruh dunia. Keju sendiri mempunyai banyak jenis, sebagian besar beraroma busuk dan tidak sedap. Meski rasanya enak dan gurih, serta bisa dijadikan pengganti susu, namun sebagian orang tak menyukai baunya. Hanya dengan mencium aroma keju, bisa membuat mereka pusing dan perut terasa mual.

5. Stinky Tofu

Stinky Tofu Makanan Paling Bau

Dilihat dari namanya saja, kita sudah menebak tahu seperti apakah ini. Benar sekali, tahu bau atau stinky tofu, merupakan tahu olahan yang sangat bau. Biasanya Stinky Tofu diedarkan di negara China, terutama ketika ada acara-acara pasar malam atau pesta rakyat. Stinky Tofu sendiri berbahan dasar tahu segar yang diberi air garam, lalu dicampur susu fermentasi, daging, serta sayuran. Aroma yang dikeluarkan tahu sungguh tidak enak. Aroma itu ternyata bersumber dari air garam yang tadi dituangkan ke tahu. Namun konon katanya, semakin bau Stinky Tofu, justru semakin enak dan disukai orang-orang. Bagi kelompok orang yang tak suka, mereka akan menganggap tahu ini seperti makanan yang sudah busuk. Dan itu bisa bikin mereka tak berselera.

6. Surstromming

Makanan Bau Surstromming

Jika di Indonesia Anda akrab dengan ikan sarden kaleng, maka di Swedia Utara ada yang namanya surstromming. Surstromming adalah sejenis makanan kaleng berupa ikan herring yang sudah diawetkan selama kurang lebih enam bulan. Hasil pengawetan yang menggunakan garam itu membuat ikan ini mempunyai aroma kuat ketika kita membuka tutup kalengnya. Seperti aroma telur busuk bercampur cuka dan mentega tengik. Bau asam dan menyengat yang sangat kuat. Bagi masyarakat di luar Swedia Utara, makanan ini dicap amat bau. Tetapi tidak peduli dengan pendapat tempat lain, di Swedia Utara makanan ini tetap jadi favorit.

7. Kusaya

Kusaya Makanan Paling Bau

Kusaya merupakan ikan kering yang memiliki permukaan sedikit lengket dan baunya menusuk. Ikan ini berasal dari negara sakura, yaitu Jepang. Meski memiliki bau menyengat, Kusaya merupakan ikan favorit orang-orang di Jepang. Hal itu dikarenakan rasa dan daging Kusaya yang lembut ketika digigit. Rasanya juga enak serta lezat. Biasanya Kusaya dimakan berdampingan dengan sake atau shochu, minuman khas Jepang. Bagi yang tidak suka dengan bau Kusaya, tentulah bau ini justru membuat pusing kepala.

8. Rebung

Rebung Kelapa

Tunas muda yang tumbuh berkembang dari akar bambu, itulah rebung. Sering penduduk Indonesia atau pun Asia menggunakan rebung sebagai bahan makanan. Salah satu makanan khas Indonesia dari Jawa Tengah, yaitu lumpia, juga menggunakan rebung sebagai isi dari gulungan kulit lumpia. Rebung memiliki kandungan zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh. Akan tetapi, aroma rebung yang terlalu manis dan seperti makanan busuk membuat orang-orang dari luar area Jawa tidak terlalu suka. Sekali hirup aroma rebung, orang yang tidak suka bisa mengalami sakit kepala.

Baca Juga : Artis Korea Yang Beragama Islam

Itulah tadi 8 makanan paling bau di dunia. Perlu diingat bahwa ukuran bau tidaknya sebuah makanan adalah berbeda-beda bagi tiap orang. Meski aroma menjadi salah satu pertimbangan yang penting, namun jika rasa menjanjikan tak ada salah untuk tetap mencoba. Siapa tahu Anda justru jatuh cinta pada makanan tersebut.