6 Manfaat Internet Secara Umum dan Pengertian

Siapa yang tak kenal dengan dunia baru di bawah cakrawala yang bebas dari realitas fisikal bernama internet? Hmm, jika sampai hari ini Anda masih merasa antipasti dengan internet, maka Anda masih memberlakukan penilaian yang timpang tentang dunia maya. Meskipun kita semua mengakui jika internet memberikan resiko akses tanpa batas yang bisa memicu munculnya motivasi penyimpangan tindak kejahatan dan moral, namun dibalik itu sebenarnya internet memiliki jangkauan manfaat yang jauh lebih luas dari sekedar resiko kecil ini. Ya, cobalah untuk memulai berselancar di dunia maya dalam internet, maka Anda akan menemukan 6 Manfaat Internet Secara Umum dan Pengertian yang tidak akan Anda sangka sebelumnya.

Pengertian Internet Secara Umum

Sama seperti dunia nyata, Pengertian internet adalah sebuah dunia mandiri yang memungkinkan semua orang di dunia saling bagi dan ambil dengan sistem download dan uploadnya. Karena sistem ini, internet menyimpan begitu banyak data yang bisa diakses atau di privasi untuk penyimpanan pribadi. Dengan wawasan yang cukup luas, Anda bahkan bisa membuat sebuah kotak penyimpanan yang Anda enkripsi dengan aman di internet dibandingkan dengan brangkas besi dunia nyata. Satu hal yang menyenangkan dari internet terlepas dari semua kode-kode script nan rumit, adalah dunia maya tidak mengenal kasta ataupun derajat sosial. Semua manusia yang mengakses dunia maya memiliki posisi setara dan bisa melakukan apa saja, tergantung pada potensi yang dimilikinya sendiri. Internet tidak mengenal batasan miskin dan kaya, meskipun untuk mengaksesnya Anda harus menyisihkan budget untuk membeli kuota data.

Ingin tahu manfaat internet yang paling berguna kehidupan kita? Sebagai pendidik, jauhkan prasangka Anda tentang segala resiko yang mungkin terjadi di dunia maya. Ya, internet memang tak ubahnya dengan dunia nyata yang kejam, namun apakah karena dunia realitas memiliki resiko yang sangat berbahaya lantas Anda memutuskan untuk membunuh diri? Tentu saja tidak bukan? Karena Anda masih memiliki kesadaran meskipun realitas bukanlah surga yang penuh tawa, namun menyimpan begitu banyak potensi juga pengalaman yang menanti Anda di masa depan.

6 Manfaat Internet Secara Umum Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Untuk menghilangkan antipasti Anda pada akses dunia maya, berikut 6 fungsi utama internet yang tidak bisa and dapatkan di dunia nyata dengan mudah:

  1. Mempermudah akses

Apakah terkadang Anda tidak bisa memasuki sebuah kompleks karena Anda tidak termasuk anggotanya? Atau, pernahkah Anda tidak diperbolehkan memasuki halaman sebuah hotel ternama hanya karena tampilan Anda yang kurang meyakinkan? Bisa jadi, justru Anda pernah diusir secara halus untuk keluar dari sebuah forum seminar karena pandangan Anda yang kurang terpelajar? Di dunia maya, hal-hal seperti di atas sangat jarang terjadi. Anda bisa mengakses banyak hal dengan mudah dengan cara satu-dua kali lakukan klik. Anda bisa mencoba mencari tahu segala macam informasi yang bisa Anda ketikkan pada tab pencarian sebuah browser dan segala artikel, tempat, dan informasi lain yang berkaitan dengan itu akan muncul untuk Anda serap semau Anda.

Ada akses tak terbatas yang tersimpan dalam dunia maya, dan Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mempelajari hal-hal yang menarik minat Anda untuk meningkatkan potensi diri. Bahkan untuk mereka yang bisa mencapai tingkat programmer, baik yang legal ataupun illegal (hacker) internet adalah dunia dengan batas yang benar-benar semu dan bisa ditembus dengan kode-kode tertentu. Menarik, bukan? Jadi, internet juga akan meningkatkan rasa percaya diri sebab bekal wawasan yang lebih luas, tidak peduli siapapun Anda di dunia nyata.

  1. Peluang bisnis yang lebih terbuka

Untuk Anda yang sering mengeluh karena tidak mendapat kesempatan berbisnis dengan mudah sebab hegemoni pihak-pihak bermodal, maka manfaat internet menawarkan peluang bisnis yang lebih terbuka. Sistem jual-beli dengan memanfaatkan komunikasi di dunia maya kini seakan-akan menjadi trend baru di dunia kita. Segala hal bisa menjadi bisnis online, mulai dari bisnis kuliner dan jual-beli barang, sampai dengan bisnis properti dengan tender milyaran rupiah. Yang Anda butuhkan adalah wawasan untuk melatih kepekaan juga ketepatan Anda menggunakan peluang. Salah satu modal utama dalam bisnis di dunia maya adalah usaha keras yang sangat intens agar Anda bisa mendapat perhatian dari khalayak pengakses dunia maya.

  1. Transaksi mudah dan transparan

Sebagai pelengkap peluang bisnis di internet, maka banyak bank pula yang mengupgrade sistem keuangannya menjadi online banking dan tentu saja membuat konsumen bisa melakukan transaksi dengan lebih mudah. Anda bisa melakukan transfer dengan fasilitas e-banking, juga bisa mengecek pergerakan dananya dengan cara online. Kini untuk bisa bertransaksi, Anda tak harus lagi repot pergi ke bank ataupun menyimpan uang tunai dalam dompet yang sangat beresiko untuk keselamatan diri Anda. Karena itulah untuk bisa sukses, dunia maya sebenarnya justru menawarkan probabilitas yang lebih bebas bagi Anda.

  1. Gaya hidup lebih hemat

Apakah dengan internet maka pengeluaran Anda tidak akan semakin membengkak? Hmm, jauhkan prasangka Anda dari hal ini. Dengan internet, Anda justru bisa menghemat pengeluaran yang diakibatkan gaya hidup Anda sebelumnya. Bagaimana tidak? Dengan sekedar menyisihkan budget untuk membeli data kuota internet, Anda bisa mendapatkan akses komunikasi yang tidak lagi berbayar seperti halnya pulsa. Anda bisa mendapatkan e-book secara gratis tanpa harus lagi membelinya di toko buku. Dan yang paling penting Anda bisa memperoleh akses komunikasi rutin dengan cepat tanpa harus berlangganan koran. Tentu saja untuk Anda yang peka, sistem informasi di surat kabar online memang berbeda dengan surat kabar cetak, paling tidak dalam segi rinciannya. Namun jika Anda cukup sibuk dan ingin menghemat pengeluaran, informasi dari surat kabar online yang gratis sudah cukup untuk memberikan Anda wawasan akan isu-isu terhangat yang sedang ramai dibincangkan.

  1. Komunikasi lebih mudah dan canggih

Jika dahulu untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain, khususnya jarak jauh Anda harus sering-sering mampir di kantor pos untuk mengirimkan surat, maka kini dengan internet sistem komunikasi menjadi jauh lebih mudah dan canggih. Untuk menghemat pulsa telepon atau sms Anda, internet menyediakan komunikasi online yang tidak berbayar selain menggunakan data. Selain itu, data yang Anda gunakan untuk berbagi pesan secara online bisa jadi lebih hemat daripada data untuk sms dengan pulsa. Di negara maju seperti Jepang, bahkan sms tidak lagi menjadi gaya hidup, karena masyarakatnya lebih memilih untuk berkomunikasi dengan e-mail dan media sosial.

  1. Media hiburan gratis

Manfaat internet yang tidak boleh dilupakan adalah hubungannya dengan media hiburan. Dengan dunia maya Anda bisa menonton pertunjukkan secara live streaming di belahan dunia lain. Tidak hanya itu, Anda bahkan bisa mendownload dan menyimpan video juga berbagai jenis film. Ya, kini Anda tak lagi harus membeli VCD dan DVD, karena dengan online di internet Anda bisa mendownloadnya hanya dengan kuota data.

Baca Juga : Aplikasi Android Terbaik dan Cara Daftar BPJS

Nah, itu tadi beberapa 6 Manfaat Internet Secara Umum yang bisa memudahkan hidup Anda. Jadi, jangan lagi Anda mengira internet semata-mata adalah dunia untuk bermain-main. Dengan internet Anda bisa melakukan apa saja, karena yang terpenting bukan lagi fasilitas dan alatnya, namun potensi Anda sendiri untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan.